Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Prosessor dan Juga Kegunaannya

Pengertian Prosessor dan Juga Kegunaannya

takaksehat.com_Pengertian Prosessor dan Juga Kegunaannya~Saat Anda membeli sebuah alat elektronik, seperti PC. Pasti tidak akan pernah jauh dengan yang namanya processor. Itu karena pengertian prosessor adalah komponen utama yang paling penting. Mengingat tanpa adanya prosesor, tentu saja komputer atau bahkan laptop tidak bisa berjalan.

Pengertian Dari Processor Secara Umum

Pada umumnya, processor merupakan sebuah komponen utama yang terdapat pada setiap komputer dan juga smartphone. Itu karena processor sendiri telah memegang peranan yang sangat penting dalam suatu sistem, melakukan manajemen arus data agar tidak terjadi stack data di dalam operasi.

Bahkan manajemen data yang dilakukan pada processor pun juga menggunakan yang namanya rumus perhitungan. Rumus tersbeut pun harus sangat kompleks dan juga akurat, pengelolaan datanya sendiri telah terbantu oleh adanya RAM. Mengingat proses processor sangatlah cepat.

Pada dasarnya, processor itu terbagi menjadi berbagai macam jenis. Setiap jenis tersebut juga mempunyai bentuk yang berbeda – beda, bahkan di dampingi dengan adanya socket yang berada dalam motherboard. Itulah mengapa sebelum membelinya, harus membawa processor agar keduanya cocok.

Berbagai Macam Jenis Processor

Seperti yang telah Anda ketahui, bahwa processor ini sangatlah penting. Itu karena penggunaannya sendiri memiliki peranan penting sebagai komponen utama. Terlebih lagi pada suatu PC / komputer pada umumnya. Processor ini mempunyai berbagai macam jenis yang harus pengguna ketahui :

1. Jenis Processor Intel 

Salah satu jenis processor yang paling banyak dan selalu ada di setiap alat elektronik seperti komputer atau laptop, yaitu processor Intel. Perusahaan yang berhasil merajai dunia teknologi ini mempunyai kelebihan dan keunikannya sendiri. Processor ini telah lama berdiri, yaitu sejak 1968.

Bahkan sampai detik ini, perusahaan Intel telah mengalami banyak perubahan pesat sebagai perusahaan multinasional. Hal tersebut terbukti dengan hadirnya banyak macam tipe processor yang telah ia kembangkan. Seperti yang saat ini sedang trending, yaitu Intel Core i7, i5 dan juga i3.

2. Jenis Processor Apple 

Selain Intel, masih ada processor yang tidak kalah populer dan menariknya. Processor tersebut adalah Apple, lebih tepatnya perusahaan Apple Inc. yang termasuk perusahaan dalam bidang teknologi multinasional. Sedangkan lokasinya sendiri berada di Silicon Valley di California.

Perusahaan Apple Inc. ini memiliki titik fokus yang bergerak dalam bidang pengembangan, perancangan, serta penjualan berbagai macam produk elektronik. Misalnya saja PC / komputer pribadi sampai dengan penjual perangkat lunak komputer. Semua produknya tidak pernah gagal.

3. Processor AMD

Kemudian, ada jenis processor AMD yang termasuk ke dalam jenis kompetitor dari pihak perusahaan Intel sebelumnya. AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional yang berlokasikan tepatnya di Amerika Serikat. Bahkan termasuk ke dalam perusahaan terbesar nomor 2 setelah Intel.

Di tahun 2007 dahulu, perusahaan dari processor AMD ini telah berhasil menempati peringkat nomor sebelas dalam bidang pendapatan. Produk processornya pun tidak kalah menarik dan populer dari yang lain, seperti Opteron, APU Z Series, serta AMD FX dan APU A Series dengan spesifikasi bagus.

4. Jenis Processor IBM

Processor IBM atau merupakan singkatan dari International Business Machines Corporation ini, termasuk ke dalam salah satu perusahaan yang paling besar juga di Amerika Serikat. Perusahaan ini memfokuskan diri bergerak dalam bidang elektronik. Bahkan memproduksi / menjual produk perangkat keras / lunak.

Perusahaan IBM ini telah lama berdiri, lebih tepatnya ia didirikan sejak 16 Juni tahun 1911. Namun, mulai beroperasi sudah sejak tahun 1888. Selama itu, mereka telah mengeluarkan banyak produk menarik. Mulai dari 8008, 8080, 8088 / 8086sx, 80386 DX, 286, IBM 486SLC2 dan masih banyak lagi.

5. Processor Cyrix VIA 

Mungkin Anda akan sedikit asing dengan processor satu ini, mengingat namanya seakan tidak sering muncul di beberapa perangkat elelktronik. Namun, Cyrix ini sudah memiliki banyak sekali produk processor dengan hasil yang cukup memuaskan. Cyrix ini termasuk perusahaan pengembang mikroprosesor.

Perusahaannya sendiri telah lama berdiri, lebih tepatnya di tahun 1988 dengan lokasi di Richardson Texas. Tepat setelah 1 dekade, perusahaan ini resmi bergabung bersama National Semiconductor di tahun 1997 lalu tahun 1999 pindah tangan / diakuisisi oleh pihak VIA. Produknmya juga populer.

6. Processor Transmeta 

Kemudian, ada salah satu jenis processor yangjuga terasa sangat asing. Mengingat namanya sendiri tidak sering muncul pada sebuah perangkat. Baik itu komputer atau bahkan laptop sekali pun. Namun, produk processornya tidak kalah bagus dengan jenis lain yang sudah populer lebih dulu.

Processor ini adalah Transmeta, termasuk salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang semikonduktor serta mikroprocessor. Sedangkan lokasi perusahaan tersebut berada tepatnya di California Amerika Serikat.

7. Processor IDT 

Processor terakhir yang harus Anda ketahui, yaitu processor IDT yang menurut informasi berbeda dengan perusahaan mikroprocessor lainnya. IDT atau merupakan singkatan dari Integrated Device Technology ini termasuk perusahaan yang mempunyai ruang jauh lebih kecil dari lainnya.

Baca Juga:

Itu karena perusahaan tersebut mampu menghasilkan CPU dengan kualitas harga jauh lebih murah. Sedangkan perusahaan IDT sendiri telah lama beroperasi / berdiri, yaitu sejak tahun 1980 serta sudah mempunyai kantor di California Amerika Serikat.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi pengertian prosessor. Beserta dengan pembahasan terkait macam jenis processor pada umumnya. Kini Anda telah memahami bagaimana kinerja dan macam processor secara umum.

Posting Komentar untuk "Pengertian Prosessor dan Juga Kegunaannya"