Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Efektifitas dan Informasi Penting Lainnya

Pengertian Efektifitas dan Informasi Penting Lainnya _Kata “efektif” mungkin bukan suatu hal yang asing bagi masyarakat. Bahkan kata tersebut seakan telah masuk ke dalam kehidupan sehari – hari mereka. Namun, umumnya pengertian efektifitas secara singkat adalah kesesuaian tugas yang individu kerjakan sesuai tujuan yang hendak dicapai.

Pengertian Efektivitas Secara Umum 

Pada umumnya, efektivitas ini merupakan suatu keadaan di mana dapat menunjukkan tingkatan keberhasilan maupun pencapaian tujuan yang telah terukur sesuai dengan kualitas, waktu, kuantitas sesuai dengan apa yang telah individu / kelompok rencanakan sebelumnya. Namun, ada arti lain.

Efektivitas seringkali memiliki arti, yaitu suatu tingkatan keberhasilan yang telah seseorang maupun organisasi hasilkan dengan caranya sendiri dan juga sesuai dengan tujuan yang mereka hendak capai. Artinya, jika rencana mereka banyak yang berhasil. Maka dipastikan kegiatan dianggap efektif.

Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, pada umumnya kata efektivitas ini berasal dari kata “efektif”. Namun, arti dari keseluruhannya adalah daya guna atau bahkan kesesuaian dalam kegiatan seseorang / organisasi yang sedang melaksanakan tugas dengan tujuan yang mereka hendak capai.

Pengertian Efektivitas Menurut Para Ahli 

Sebagai salah satu istilah yang mampu memberikan gambaran dari suatu kegiatan yang telah berhasil. Arti dari efektivitas sendiri juga dipandang berbeda oleh para ahli pada umumnya. Agar lebih jelas, Anda bisa mengetahui pengertian tersebut menurut ahli yang sudah tertera di bawah ini.

1. Menurut Gibson et.al

Salah satu para ahli yang memberikan pengertian berbeda terhadap arti dari efektivitas, yaitu Gibson et.al. Beliau mengungkapkan arti dari efektivitas adalah penilaian yang termasuk hasil dari sehubungan / berkaitan erat dengan tingkatan prestasi individu, organisasi atau bahkan kelompok.

Semakin dekat prestasi yang individu, kelompok dan organisasi miliki terhadap prestasi standar (yang diharapkan. Maka hasilnya akan dinilai semakin efektif. Dengan begitu, apa pun yang mereka ingin capai telah sesuai dengan yang diharapkan.

2. Menurut Ravianto 

Sedangkan pengertian dari efektivitas menurut ahli Ravianto, yaitu seberapa baiknya suatu pekerjaan yang hendak dilakukan, seberapa jauh individu menghasilkan keluaran yang sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Itu artinya, jikalau suatu pekerjaan bisa terselesaikan dengan langkah baik dan sesuai dengan rencana awal. Baik itu dalam hal waktu, biaya atau bahkan sebuah mutu. Maka hasil dari kerja keras tersebut termasuk efektif.

3. Menurut Sondang P. Siagian dan Schemerhon John R. Jr.

Pengertian efektivitas menurut ahli Sondang P. Siagian, yaitu suatu pemanfaatan dalam sarana dan prasarana hingga sumber daya dengan jumlah tertentu. Dengan langkah yang sebelumnya telah individu / kelompok tetapkan, gunanya untuk dapat menghasilkan barang / jasa dari perusahaan.

Sedangkan menurut Schemerhon John R. Jr. arti dari efektivitas ini merupakan pencapaian atas target keluaran atau output yang telah terukur dengan membandingkan output anggaran bersama dengan realisasi. Jika anggaran lebih besar dari realisasi,  itu artinya efektif.

Berbagai Macam Aspek Efektivitas 

Setelah mengetahui beberapa penjelasan terkait pengertian efektivitas, kini saatnya Anda juga harus tahu apa saja aspek efektivitas yang seharusnya individu / kelompok terapkan ketika hendak merencakan sesuatu atas targetnya. Dengan begitu, hasilnya bisa sesuai dengan rencana awal.

1. Ketentuan atau Peraturan 

Salah satu dari banyaknya aspek efektivitas yang ada, yaitu aspek peraturan atau ketentuan. Sesuai dengan namanya, aspek ini memiliki keterkaitan erat dengan suatu rencana yang seharusnya sesuai dengan aturan atau ketentuan awal. Peraturan tersebut ada, demi menjaga keberlangsungan kegiatan.

Dengan begitu, semuanya akan berjalan sesuai dengan rencana. Peraturan atau bahkan ketentuan ini, termsuk sesuatu yang seharusnya individu atau kelompok laksanakan. Tujuannya, agar suatu kegiatan maupun aktivitas yang berjalan. Mampu memberikan hasil yang efektif / maksimal.

2. Tugas atau Fungsi 

Kemudian, ada aspek fungsi atau tugas yang pastinya memiliki keterkaitan erat dengan suatu pekerjaan. Pada umumnya, individu atau bahkan organisasi sekali pun. Mereka akan memberikan hasil yang efektif, jikalau mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara baik / sesuai ketentuan.

Itulah mengapa setiap individu atau bahkan organisasi sekali pun. Mereka harus tahu terkait tugas dan juga fungsinya. Dengan begitu, akan lebih mudah melaksanakan semua itu dan berakhir dengan hasil yang sesuai dengan rencana / kesepakatan awal.

3. Rencana atau Program

Selain itu, efektivitas memiliki aspek lain yaitu rencana atau program. Sesuai dengan namanya, aspek ini akan berkaitan erat dengan suatu perencanaan sebelum melakukan sesuatu hal. Seperti misalnya hendak melaksanakan tugas dalam artian besar atau bahkan kecil dan pekerjaan lainnya.

Sebelum pelaksanaan tugas tersebut, ada baiknya setiap individu atau bahkan kelompok menerapkan aspek rencana atau program ini. Tanpa adanya rencana, semua tujuan yang hendak mereka capai tidak akan mungkin bisa tercapai dengan mudahnya.

4. Kondisi Ideal atau Tujuan 

Aspek efektivitas terakhir yang perlu Anda ketahui, yaitu kondisi ideal atau tujuan. Berkebalikan dengan aspek rencana sebelumnya. Untuk aspek tujuan ini tidak hanya melibatkan perencanaan saja. Melainkan mengingat target yang hendak individu atau kelompok capai.

Maksud dari aspek kondisi ideal ini, yaitu target yang ingin individu atau kelompok capai dari kegiatan maupun aktivitas. Semuanya berorientasi terhadap hasil atau bahkan proses yang telah mereka rencanakan sebelumnya.

Baca Juga:

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi pengertian efektifitas  beserta dengan berbagai macam jenis aspek yang perlu individu / kelompok ketahui. Dengan begitu, mereka bisa merencanakan suatu rencana secara maksimal, agar hasilnya bisa sesuai.

Posting Komentar untuk "Pengertian Efektifitas dan Informasi Penting Lainnya "