Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Anatomis Secara Lengkap

Pengertian Anatomis Secara Lengkap

Pengertian Anatomis Secara Lengkap - Pasti Anda sudah sudah tidak asing lagi bukan dengan istilah satu ini? Informasi mengenai pengertian anatomis seringkali banyak diketahui dalam pelajaran biologi. Mengingat anatomis / anatomi ini merupakan suatu ilmu yang mempelajari banyak tentang struktur tubuh dari manusia.

Pengertian dari Anatomis Secara Umum

Seperti yang sudah Anda ketahui, jika berbicara mengenai anatomi. Pasti tidak akan pernah lepas dari pelajaran biologi. Hal tersebut memang benar, karena anaotomis sendiri merupakan salah satu istilah yang berasal dari bahasa Yunani. Artinya, cabang biologi yang memiliki kaitan dengan struktur.

Selain berkaitan dengan struktur, anatomis sendiri juga memiliki kaitan erat dengan organsasi dari makhluk hidup. bahkan di samping itu, juga ada yang namanya anatomi hewan serta zootomi dan juga anatomi dari tumbuhan / fitotomi. Cabang ilmu anatomis ini, yaitu histologi, manusia serta perbandingan.

Anatomis sendiri memang masih terbagi menjadi beberapa jenis, seperti anatomi manusia misalnya. Biasanya ahli menyebutnya sebagai antropotomi, termasuk bidang yang mengkhususkan pembelajaran terhadap struktur tubuh manusia. Jadi, mempelajari semua tentang tubuh.

Berbagai Macam Anatomi Tubuh Manusia (Ilmu Biologi)

Sebagai salah satu ilmu yang bergerak di bidang biologi, anatomi ini memiliki macam jenisnya sendiri. Namun, yang  paling banyak menjadi acuan adalah anatomi manusia. Anatomi ini merupakan ilmu yang banyak mempelajari terkait struktur / keseluruhan dari bagian tubuh manusia pada umumnya.

1. Anatomi Sistem Rangka 

Pada umumnya, tubuh manusia itu didukung oleh adanya sistem rangka. Sistem tersebut terdiri dari sekitar 206 tulang yang kemudian terhubungkan ke tendon, tulang rawan dan juga ligamen. Tulang tersebut tersusun oleh kerangka aksial (80 tulang)serta apendikular (126 tulang).

Dari setiap kerangka tersebut memiliki fungsinya masing – masing. Untuk kerangka aksial, letaknya ada di sepanjang sumbuh tubuh. Misalnya tengkorak, tulang hyoid, rusuk, telinga tengah, dan belakang. Sedangkan apendikular termasuk tulang yang fungsinya adalah sebagai pelengkap.

2. Anatomi Sistem Otot

Kemudian, ada anatomi sistem otot yang termasuk salah satu bagian paling penting di dalam tubuh manusia. Pada umumnya, sistem satu ini terdiri dari sekitar 650 otot. Fungsinya, tidak lain adalah untuk dapat membantu pergerakan, dalam proses aliran darah serta masih banyak fungsi lainnya.

Umumnya, sistem ini terdiri dari 3 jenis otot. Seperti misalnya otot rangka yang dasarnya terhubung dengan bagian tulang. Kemudian, ada otot polos yang bisa Anda lihat dalam anatomi berada dalam organ pencernaan. Lalu ada otot jantung yang letaknya ada pada jantung, berfungsi memompa darah.

3. Anatomis Peredaran Darah 

Umumnya, sistem peredaran ini memiliki banyak macamnya. Terdiri dari jantung, lima liter darah, serta pembuluh darah. Perlu Anda ketahui, bahwa di saat sedang istirahat. Rata – rata cara kerja jantung adalah dengan memompa sekitar 5 liter darah yang akan dipompa ke seluruh tubuh tiap menit.

Selain itu, sistem peredaran darah ini pun mempunyai tiga fungsi yang paling utama. Seperti untuk dapat mengedarkan darah ke seluruh bagian tubuh manusia. Kemudian, fungsinya juga mampu melindungi tubuh yang kinerjanya melalui sel darah putih serta mampu mempertahankan homestasis.

4. Sistem Pencernaan

Kemudian, ada sistem pencernaan yang merupakan sekelompok bagian organ yang memiliki kinerja untuk dapat menerima makanan yang Anda konsumsi. Bahkan juga dapat mengubah serta memroses makanan itu berubah menjadi sebuah energi, membuang sisa yang tidak dapat tubuh cerna dengan baik.

Pada dasarnya, makanan yang manusia konsumsi akan melewati beberapa tahapan organ. Mulai dari rongga mulut, kemudian melalui faring, lambung, lalu usus halu dan besar dan akan berakhir pada bagian anus. Selain itu juga ada organ aksesori penting lain, yaitu gigi, hati, lidah dan lain-lain.

5. Anatomi Sistem Endokrin

Perlu Anda ketahui, bahwa sistem endokrin ini memiliki beberapa kelenjar yang umumnya dapat mengeluarkan hormon ke bagian darah. Kelenjar tersebut antar lain, seperti hipotalamus, pineal, pituitari,tiroid, paratiroid, adrenal, kelamin dan juga pankreas. Itu semua dikendalikan syaraf.

Selain itu, kelenjar tersebut juga dikendalikan oleh sebuauh reseptor kimiawi yang berada di dalam darah serta hormon. Itulah mengapa manusia harus menjaga kesehatan tubuhnya, karena dengan mengatur fungsi dari organ ini. membantu kelenjar bisa tetap menjaga homeostasis dalam tubuh.

6. Anatomis Sistem Syaraf

Salah satu dari banyaknya sistem anatomi tubuh manusia, sistem paling penting dan memengaruhi anggota lain adalah sistem syaraf. Sistem ini pada dasarnya terdiri dari sumsum tulang belakang, otak, organ sensorik, serta bagian syaraf yang umumnya memang menghubungkan organ 1 dengan lainnya.

Pad bagian otak serta sumsum tulang belakang ini, semuanya mampu membentuk pusat kontrol yang biasanya ahli sebut sebagai saraf pusat. Ada pun beberapa bagian saraf yang perlu Anda ketahui dari sini, seperti syaraf sensorik, eferen dan masih banyak lagi lainnya.

7. Anatomi Sistem Pernapasan

Kemudian, ada sistem pernapasan yang perlu Anda ketahui bagian – bagian dalamnya. Fungsi dari adanya sistem ini adalah untuk dapat menyediakan oksigen ke bagian sel dalam tubuh, lalu mengeluarkannya (karbon dioksida).

Baca Juga:

Pada umumnya, sistem pernapasan ini terdiri dari 3 bagian utama dan paling penting. Antara lain seperti saluran napas, otot – otot respirasi serta bagian paru – paru. Saluran tersebut masih terbagi menjadi beberapa bagian, mulai hidung, mulut, lalu ke faring, laring, ke trakea, bronkus serta bronkiolus.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi terkait pengertian anatomis. Dengan adanya pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa anatomis memiliki kaitan erat dengan bidang biologi dan juga membicarakan banyak hal tentang tubuh manusia.

Posting Komentar untuk "Pengertian Anatomis Secara Lengkap"