Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Konsumsi dan Beberapa Ulasan Lainnya

Jelaskan Pengertian Konsumsi dan Beberapa Ulasan Lainnya

Jelaskan Pengertian Konsumsi dan Beberapa Ulasan Lainnya - Berbicara mengenai ekonomi, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya konsumsi. Itu karena manfaatnya sangat penting untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Agar lebih jelas, Anda bisa mengetahui pembahasan jika ada pertanyaan seperti jelaskan pengertian konsumsi sebagai bentuk biaya pembelian kebutuhan.

Pengertian Konsumsi Secara Umum 

Pada umumnya, konsumsi ini merupakan salah satu bagian yang tidak mungkin terpisahkan dari yang namanya kegiatan ekonomi / sehari – hari manusia. Itu karena mereka akan selalu melakukan pembelian terhadap barang / produk atau bahkan jasa meskipun tidak terhitung setiap harinya.

Sedangkan arti lain, konsumsi adalah suatu bagian dari pendapatan rumah tangga. Gunanya, tidak lain tidak bukan untuk dapat membiayai pembelian dari berbagai macam jasa atau bahkan kebutuhan lainnya. Pada umumnya, besaran konsumsi akan berbeda dan berubah – ubah sesuai pendapatan.

Jikalau pendapatan suatu konsumen meningkat, maka konsumsi mereka juga ikut meningkat. Namun, sebaliknya bila menurun maka tingkatan konsumsinya ikut turun. Pengeluaran konsumsi ini pada akhirnya untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Seperti makan, minum, pakaian dan lain – lain.

Tujuan Dari Kegiatan Konsumsi 

Pada dasarnya, konsumsi mempunyai tujuannya sendiri. Seperti untuk memanfaatkan nilai guna pada suatu barang. Umumnya, dalam hal ini terbagi menjadi dua bagian. Pertama, barang sekaligus (barang yang masa habisnya bisa dalam sekejap, contoh makanan dan juga minuman).

Selain itu, ada barang secaar bertahap yang nilai gunanya akan berkurang secara bertahap. Contohnya meja, motor, mobil dan lain – lain. Sedangkan tujuan konsumsi lainnya adalah sebagai pemenuhan kebutuhan jasmani dan juga rohani. Misalnya, olahraga, ibadah, rekreasi dan hiburan.

Faktor yang Memengaruhi Tingkat Konsumsi Masyarakat 

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa konsumsi ini termasuk dalam pemenuhan kebutuhan sehari – hari setiap manusia. Itulah mengapa setiap orang pasti memiliki tingkatan atau kebutuhan yang berbeda – beda. Namun, umumnya ada faktor pendorong dari konsumsi masyarakat ini, antara lain :

1. Faktor Pendorong: Selera 

Salah satu faktor yang paling umum adalah selera. Mengingat setiap orang pasti mempunyai keinginan yang berbeda – beda terhadap barang atau bahkan jasa yang mereka inginkan. Bahkan sekali pun umur atau pendapatannya sama, selera mereka tentu tidak sama satu dengan lainnya.

Setiap individu pasti mempunyai seleranya / kesukaannya sendiri. Itulah mengapa konsumsi tiap orang tingkatannya berbeda – beda, seperti dalam hal jumlah banyak atau tidaknya, bermerk atau tidak, dan masih banyak lagi lainnya.

2. Faktor Sosial dan Ekonomi 

Kemudian, faktor pendorong dari perbedaan konsumsi adalah sosial dan juga ekonomi. Misalnya saja tingkatan umur, keadaan keluarga masing – masing dan juga pendidikan yang mempunyai pengaruh terhadap tingkatan pengeluaran konsumsi setiap individu.

Pendapatan yang akan tinggi oleh kelompok umur muda serta akan mencapai pada puncaknya ketika umurnya telah mencapai pertengahan. Sedangkan di umur tua pendapatan akan semakin menipis, itulah mengapa tingkatan konsumsi setiap orang akan terbagi menjadi golongan umur juga.

3. Faktor Kekayaan dan Tingkatan Pendidikan 

Pada umumnya, kekayaan itu baik secara eksplisit maupun implisit seringkali masuk ke dalam fungsi agregat / sebagai penentu tingkatan konsumsi. Hasil bersih dari kekayaan seorang individu adalah faktor paling penting untuk menentukan konsumsi mereka banyak atau tidak.

Baca Juga:

Kemudian konsumsi juga dilihat dari tingkatan pendidikannya. Itu karena pendidikan akan memengaruhi pola pikir seseorang untuk melakukan kegiatan konsumsi ini. Bila tingkat pendidikannya tinggi, maka konsumsinya pun juga akan tinggi.

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai jawaban dari jelaskan pengertian konsumsi. Dari pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa tingkatan konsumsi ini akan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Seperti usia, pendidikan serta kekayaan.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Konsumsi dan Beberapa Ulasan Lainnya"