Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Searching Engine dan Informasi Lengkap Lainnya

Pengertian Searching Engine dan Informasi Lengkap Lainnya

Pengertian Searching Engine dan Informasi Lengkap Lainnya

Biasanya jika berbicara mengenai search engine, pasti akan ada kaitannya dengan aktivitas secara online (olshop) dan juga Google. Namun tidak semua paham dengan pengertian searching engine, sebab memiliki fungsi untuk dapat membantu semua pengguna dalam pencarian berbagai jenis berkat di layanan world wide web.

Pengertian Searching Engine

Pada umumnya, search engine ini merupakan suatu program yang cara kerjanya mencari serta mengidentifikasikan informasi yang ada di dalam database sesuai dengan kata kunci / keyword yang pengguna masukkan. Data base tersebut isinya terkait alamat serta konten situs di world wide web.

Dari penjelasan tersebut, dapat ditarik kesimpulan bahwa search engine itu pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan website secara umum. Hanya saja, search engine tersebut memiliki peranan yang lebih fokus kepada pengumpulan serta mengorganisir informasi di internet sesuai kebutuhan pengguna.

Setelah mendapatkan apa yang pengguna inginkan, maka search engine akan menampilkan hasil daripada SERP atau merupakan singkatan dari search engine result page. Jika kinerja dari search engine-nya bekerja dengan baik, maka informasi relevan akan lebih mudah tertampilkan di internet.

Berbagai Macam Search Engine 

Jika melihat dari seluruh dunia, Google memang merupakan search engine paling besar. Namun, pada dasarnya masih ada situs lain yang bisa Anda gunakan untuk bisa mendapatkan informasi secara relevan. Seperti Bing, Yandex, Naver, Baidu, Yahoo!, dan juga Duck Duck Go.

1. Google 

Sebagai salah satu search engine terbesar, Google ini sudah banyak sekali pengguna internet gunakan dari seluruh dunia. Setidaknya, Google ini telah menguasai sekitar 71,24% sebagai pencarian dekstrop di seluruh dunia. Pendirinya (Larry Page dan juga Sergey Brin) telah berhasil.

Mereka telah berhasil menjadikan Google sebagai pencarian dekstop terkemuka di seluruh dunia. Sedangkan untuk pencarian mobile, Google ini mencapai sekitar 92,33% pencarian oleh pengguna. Menurut informasi, mesin pencari ini termasuk yang paling banyak setelah Alexa Ranking.

2. Baidu dari China 

Selain Google, ada mesin pencari yang tidak kalah menariknya yaitu berasal dari China. Search engine tersebut adalah Baidu. Pencarian tersebut sudah berdiri sejak tahun 2000 dan termasuk ke dalam situs pencarian yang paling populer. Bahkan sampai saat ini pun banyak penggunanya.

Baca Juga: Pengertian warga negara

Menurut informasi, Baidu ini selalu mampu melayani berbagai macam pencarian hingga bermilyaran setiap bulannya. Kabarnya, Baidu ini menguasai tidak kurang dari 80% pencarian online di China. Tentu berbeda dengan Google yang hanya 10% saja.

3. Situs Pencarian Yahoo!

Kemudian, ada situs pencarian Yahoo! selain Baidu. Bahkan termasuk gerbang terbukanya kecanggihan tekhnologi informasi di zamannya. Namun, sayangnya mesin pencari ini mulai kehilangan peminatnya. Padahal dulu sempat ramai dan banyak pengguna internet gunakan.

Lebih tepatnya, di tahun 2000 layanan Yahoo! ini termasuk yang paling terkenal sebagai mesin pencari. Saat itu mesin ini mengenalkan kepada para pengguna terkait chat, email dan juga program mesin pencarian. Hingga saat ini Yahoo! menyisakan pangsa  pasarnya hanya sekitar 2,15% saja.

4. Yandex Search

Ada situs pencarian lain yang tidak kalah menariknya, yaitu yandex. Mesin pencarian ini termasuk perusahaan yang asalnya dari Rusia. Bahkan sudah memproses di lebih 4,5 milyar pencarian dalam tiap tahunnya.

Sedangkan pangsa pasar yang ada di seluruh dunia bisa mencapai 1,50%. Tentu saja sangat jauh berbeda dengan mesin pencari Google. Yandex ini jauh lebih populer oleh orang Rusia, itu karena kebanggaan mereka terhadap situs pencarian di negara sendiri. Walaupun sudah ada Google.

Baca Juga:

Itulah beberapa penjelasan secara menyeluruh, mengenai pengertian searching engine. Sesuai dengan pembahasan di atas, pada dasarnya mesin pencari tersebut akan berkaitan dengan Google / situs lain dan kegiatan bisnis. Itu karena fungsi search engine, yaitu untuk mencari informasi apa pun.

Posting Komentar untuk "Pengertian Searching Engine dan Informasi Lengkap Lainnya"