Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Sistem Komputerisasi Lengkap dengan Penjelasan Lainnya

Pengertian Sistem Komputerisasi Lengkap dengan Penjelasan Lainnya

Pengertian Sistem Komputerisasi Lengkap dengan Penjelasan Lainnya

Di era digital yang semakin berkembang seperti saat ini, semua masyarakat bisa dikatakan telah “melek teknologi”. Itu karena mereka sudah mampu mengoperasikan dan mengenal teknologi secara mendalam. Terlebih pengertian sistem komputerisasi sudah banyak diketahui oleh banyak orang.

Apa Itu Pengertian Dari Sistem Komputerisasi?

Sebelum lahirnya teknologi komputer yang sudah meraja seperti sekarang ini, masyarakat dalam mengerjakan tugasnya selalu melakukannya secara manual. Hingga pada akhirnya muncullah era baru yang disebut – sebut sebagai komputerisasi. Di mana semua pekerjaan memerlukan komputer.

Hingga saat ini, seluruh dunia juga telah menerapkan penggunaan komputer dalam menyelesaikan pekerjaannya / menggunakan sistem komputerisasi. Hal ini terbukti, dengan memakai sistem tersebut pekerjaan menjadi lebih cepat selesai dari biasanya. Bahkan kendala pun bisa terselesaikan cepat.

Namun, meskipun sudah cukup canggih sistem komputerisasi ini juga masih memerlukan sumber daya manusia dengan tingkatan pemahaman yang cukup tinggi. Terlebih lagi dalam hal pengembangan / pemanfaatnya sistemnya. Lebih tepatnya sistem tersebu, yaitu pengolahan data.

Apa Perbedaan Komputer dan Komputerisasi?

Mengingat antara komputer dan juga komputerisasi memiliki pemahaman yang hampir serupa. Namun, pada umumnya arti dari kedua istilah tersebut tentu saja berbeda. Jadi, jangan sampai Anda terkecoh dengan pelafalannya. Komputer, yaitu perangkat teknologi dengan basis elektronik.

Biasanya komputer akan banyak orang gunakan untuk dapat mengolah data. Sedangkan komputerisasi, yaitu perubahan dari suatu sistem yang berawal dari manual kini berubah menjadi secara otomatis. Walaupun bersifat otomatis, namun masih memerlukan sumber daya manusia aktif.

Sumber daya manusia tersebut harus memahami pengoperasian / pengolahan data. Jadi, kesimpulannya adalah komputerisasi ini adalah perubahan sistem yang akan menghasilkan proses pekerjaan secara otomatis, sehingga pekerjaannya bisa selesai cepat. Komputer, yaitu perangkat yang dibutuhkan.

Manfaat Dari Sistem Komputerisasi Secara Umum 

Seperti yang telah Anda ketahui daripembahasan sebelumnya, bahwa sistem komputerisasi ini bersifat secara otomatis. Menjadikan sebuah pekerjaan bisa selesai lebih cepat, meski begitu sumber daya manusia masih diperlukan. Ada pun manfaat dari penggunaan sistem komputerisasi ini, yaitu :

1. Dapat Memberikan Tingkatan Kemudahan Mengolah Data 

Manfaat dari penggunaan sistem komputerisasi paling utama, yaitu dapat memberikan kemudahan dalam mengolah data. Kemudian, sistem tersebut juga bisa Anda manfaatkan untuk melakukan pemecahan semua masalah yang seringkali terjadi saat melaksanakan suatu pekerjaan lewat PC.

Seperti misalnya, ketika Anda memiliki pekerjaan dalam melakukan pendataan atau menghitung total keuangan sebuah perusahaan (akuntansi). Tentu saja tidak mungkin melakukannya secara manual / hitung manual bukan? Lalu juga memudahkan dalam proses pengetikan data di Microsoft Word.

2. Dapat Memudahkan Dalam Mengelola Keuangan 

Selain itu, penggunaan sistem komputerisasi juga bisa memberikan kemudahan dalam melakukan pekerjaan mengelola keuangan. Biasanya hal tersebut seringkali manusia lakukan bagi mereka yang pekerjaannya sebagai accounting. Tidak mungkin bukan menghitung secara manual? Tentu akan lama.

Oleh karena itu, dengan menggunakan sistem komputerisasi ini diharapkan suatu pekerjaan dalam menghitung bisa lebih cepat. Kalaupun menghitung manual, bukan tidak mungkin bagi seseorang mengalami kesalahan. Jadi, di sini komputerisasi membantu agar hasilnya terhindar dari kesalahan.

3. Dapat Memberikan Manfaat Sebagai Pemantau 

Tidak hanya itu saja, manfaat dari penggunaan sistem komputerisasi ini juga bisa bermanfaat sebagai pemantau di segala kondisi. Menjadikannya lebih mudah ketika sumber daya manusia menggunakannya melalui perangkat tambahan atau bahkan menginput data secara manual.

Baca Juga: Pengertian Objektif

Itu artinya, dengan menggunakan sistem komputerisasi ini Anda bisa lebih mudah memahami bagaimana cara memakainya untuk suatu urusan pekerjaan. Misalnya saja ingin menginput data manual, dengan sistem canggih ini maka software yang bisa pengguna pakai yaitu Ms. Word / Excel.

4. Mampu Memberikan Hasil yang Lebih Efektif dan Efisien

Suatu pekerjaan akan lebih cepat selesai jika menggunakan sistem komputerisasi ini. manfaat dari penggunaannya sendiri adalah bisa memberikan manfaat agar pekerjaan lebih efektif dan juga efisien hasilnya. Menjadikan hasilnya akurat dan terhindar dari kesalahan yang biasanya terjadi secara rutin.

Terlebih lagi saat melakukan perhitungan secara matematis / bahkan logika. Anda memerlukan kinerja dari sistem komputerisasi. Tujuannya, agar hitungannya memberikan hasil yang akurat, efektif dan efisien. Jauh lebih akurat daripada melakukannya secara manual yang pasti masih ada salah.

5. Dapat Memperoleh Solusi Pemecahan Masalah (Proses Arsip)

Dari data yang sudah pengguna peroleh melalui sistem komputerisasi tersebut, maka proses selanjutnya adalah dengan memecahkan berbagai macam jenis permasalahan yang ada. Lalu akan disimpan ke database sendiri agar tidak bercampur. Inilah bagian terpentingnya dan harus valid.

Misalnya saja, Anda sudah mengerjakan atau telah melakukan input data di suatu software. Seperti contoh Microsoft Office Excel atau mungkin Word. Setelah selesai bisa pengguna simpan supaya nanti bisa mereka buka kembali jikalau ada kesalahan. Jadi, bisa mudah mengubah kembali.

6. Dapat Meminimalisir Kesalahan dan Meningkatkan Keuntungan 

Seperti yang telah Anda ketahui dari pembahasan sebelumya, bahwa penggunaan sistem komputerisasi ini memberikan dampak yang sangat luar biasa. Menjadikan suatu pekerjaan bisa selesai dengan cepat. Bahkan juga bisa meminimalisir sebuah kesalahan yang biasanya terjadi.

Misalnya saja dalam melakukan input data, seseorang pasti akan melakukannya secara manual untuk menginputnya. Akan tetapi, berkat bantuan sistem komputerisasi mereka bisa meminimalisir kesalahan. Menjadikan hasil dari perhitungannya lebih akurat, apalagi prosesnya juga tidak lama.

Berbagai Macam Jenis Sistem Operasi dari Komputerisasi 

Sebagai sistem yang mampu memberikan kemudahan pada setiap penggunanya dalam melakukan suatu pekerjaan. Sistem komputerisasi ini mempunyai berbagai macam sistem operasi yang seringkali banyak terpasang di beberapa perangkat elektronik pada umumnya. 

1. Sistem Operasi MS DOS 

Salah satu dari banyaknya sistem operasi dari komputerisasi, yaitu MS DOS. Sistem ini termasuk yang paling lama dan tentu saja tampilannya jauh lebih terlihat berbeda dengan OS pada umumnya yang lebih memiliki tingkat keandalan yang akurat.

Namun, meskipun begitu MS DOS ini mempunya kelebihan utamanya. Seperti tidak banyak memakan memori pada komputer. Menjadikan pengguna lebih leluasa menggunakan PC tanpa takut harus kehabisan kapasitas memori.

2. Sistem Operasi Windows

Selain itu, ada sistem operasi yang saat ini telah mendunia yaitu sistem operasi Windows. Sekarang ini banyak sekali pengguna PC yang menggunakannya untuk dapat mengerjakan pekerjaan agar bisa selesai lebih cepat dan hasilnya akurat.

Baca Juga: Apa pengertian dari pengindraan jauh

Tidak hanya pada komputer saja, sistem operasi Windows ini juga bisa Anda temukan pada laptop juga. Kelebihannya adalah cara menjalankan serta menginstallnya cukup mudah tanpa ribet. Banyak software yang bisa pengguna gunakan untuk menyelesaikan pekerjaan dengan hasil yang akurat.

3. Sistem Operasi Linux

Kemudian, ada salah satu sistem operasi yang seringkali banyak pengguna gunakan hingga saat ini. Sistem tersebut adalah Linux, meskipun jumlah penggunanya tidak sebanyak Windows. Akan tetapi, ada kelebihan yang tidak boleh Anda lewatkan dari sistem OS ini.

Kelebihan dari sistem operasi Linux ini adalah bisa pengguna modifikasi sesuai dengan kebutuhan mereka sendiri. Namun, sayangnya hanya bisa dilakukan oleh individu yang paham akan teknologi. Akan tetapi, tingkat kecanggihannya masih terbilang efektif dan efisien.

Fungsi Adanya Perangkat Lunak Aplikasi 

Seperti yang Anda tahu, bahwa komputer memiliki perangkat lunak aplikasi yang berfungsi untuk dapat membantu penggunanya menyelesaikan pekerjaan sehari – hari. Hal tersebut mempunyai keterkaitan erat dengan sistem komputerisasi yang memang bermanfaat penting untuk setiap orang.

1. Aplikasi Pengolah Kata 

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi bukan dengan aplikasi pengolah data satu ini? Biasanya di dalam sebuah komputer, software yang banyak orang gunakan sebagian besar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan akurat. Hal tersebut juga masuk sistem komputerisasi.

Mengingat sistem komputerisasi memang memiliki manfaat untuk dapat menyelesaikan pekerjaan pengguna dengan cepat dan akurat. Dalam hal ini, mereka banyak menggunakan aplikasi pengolah data. Misalnya saja seperti Microsoft Word, Wordpad, Notepad, Chirwiter dan masih banyak lagi.

2. Jenis Aplikasi Pengolah Angka 

Kemudian, komputer juga memiliki aplikasi pengolah angka yang fungsinya sama – sama memberikan kemudahan pengguna untuk mengerjakan pekerjaanya agar tidak mereka lakukan secara manual. Sesuai dengan namanya, aplikasi ini mempunyai keterkaitan erat dengan angka.

Bahkan juga memiliki keterkaitan erat dengan pengolahan angka sendiri. Biasanya banyak pengguna gunakan di dalam sebuah pekerjaan yang paling banyak melakukan hitung menghitung. Jadi, hasilnya jauh dari kesalahan, seperti contoh Microsoft Excel dan juga aplikasi Lotius 123.

3. Jenis Aplikasi Pengolah Grafis 

Komputer juga memiliki aplikasi pengolah grafis terbaik. Aplikasi ini mempunyai fungsi, yaitu untuk dapat mendesain atau bahkan mengolah gambar. Biasanya aplikasinya banyak pengguna gunakan bagi mereka yang memang memiliki pekerjaan dalam bidang tersebut, misalnya saja desainer grafis.

Bahkan menjadi author / artist dan illustration pun juga terkadang menggunakan aplikasi pengolah grafis satu ini. aplikasinya sendiri bisa pengguna gunakan untuk dapat mengedit gambar yang telah selesai / membuat gambar mulai dari nol. Misalnya Photoshop, Canva, InkScape, CorelDraw.

4. Aplikasi Presentasi Komputer 

Jenis aplikasi selanjutnya adalah aplikasi presentasi, aplikasi ini sangatlah penting. Terlebih lagi bagi mereka yang bekerja di kantoran dan selalu berkaitan dengan presentasi. Dengan menggunakan aplikasinya, menjadikan materi lebih dipahami oleh sebagian besar audiens yang memerhatikannya.

Di dalam aplikasi presentasi komputer ini, banyak sekali fitur desain yang bisa memerintahkan tampilan dari presentasi sendiri agar bisa pengguna pakai menjadi slide show. Dengan begitu, tampilannya menjadi lebih menarik perhatian audiens. Misalnya saja aplikasi Microsoft Power Point. 

5. Aplikasi Pengolah Data 

Jenis aplikasi selanjutnya adalah aplikasi pengolah data. Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk dapat mengolah sebuah data yang mempunyai jumlah cukup banyak dan mustahil dikerjakan secara manual. Dengan menggunakan aplikasinya, pekerjaan lebih cepat selesai.

Biasanya banyak pengguna yang menggunakan aplikasi pengolah data ini, misalnya saja seperti mahasiswa atau bahkan pekerjaan kantoran lainnya untuk menyimpan data karyawan atau mahasiswa. Sedangkan aplikasi yang bisa mereka gunakan, antara lain Microsoft Access dan SPSS.

6. Jenis Aplikasi Pengolah Video 

Ada begitu banyak jenis aplikasi di dalam komputer yang tujuannya memang untuk mempermudah pengguna, agar pekerjaannya lebih cepat selesai dan hasilnya akurat. Aplikasi pengolah video ini biasanya banyak digunakan video creator agar bisa mengolah / mengedit video jadi lebih menarik.

Dengan menggunakan aplikasi pengolah video ini, video creator bisa menambahkan efek, menggabungkan videonya, membuat conten, atau bahkan memotong video dan masih banyak lagi lainnya. Misalnya saja Flash Effect Maker, Adobe Premiere Pro dan lain – lain.

7. Jenis Aplikasi Internet 

Di era digital seperti sekarang ini, bukan hal yang tidak mungkin bagi pengguna tidak mengenal aplikasi internet. Bahkan sebagian besar pekerjaan mereka banyak terbantu berkat kehadiran aplikasi ini. itu karena aplikasinya dapat memungkinkan mereka mangakses internet agar bisa dapat informasi.

Di setiap komputer atau bahkan laptop, sudah pasti tersedia aplikasi internet semacam ini. misalnya saja seperti Google Chrome, Internet Explorer, Mozilla Firefox dan masih banyak lagi lainnya. Dengan menggunakan aplikasinya, pekerjaan jadi lebih cepat selesai dan hasilnya pun lebih akurat.

Fungsi dari Sistem Komputer 

Secara keseluruhan, hadirnya perangkat elektronik di era digital seperti sekarang ini mampu memberikan efek yang jauh lebih baik. Apalagi bagi pekerjaan yang mengharuskan pengguna berhubungan dengan data atau mengolah angka. Sudah pasti sistem komputer jauh lebih berguna.

1. Untuk Dapat Menginput Data Dengan Baik 

Salah satu fungsi dari adanya sistem komputer adalah dapat memudahkan pengguna untuk menginput data. Tentu saja hal ini berkaitan erat dengan sistem komputerisasi, karena sistem tersebut berfungsi untuk mempermudah penggunanya menggunakan berbagai macam jenis aplikasi.

Baca Juga: Pengertian warga negara lengkap

Aplikasi tersebut juga memiliki fungsi untuk mempermudah pekerjaan seseorang, jadi hasilnya juga jauh lebih akurat. Di sini sistem komputer dapat menginput keseluruhan informasi data yang telah pengguna masukkan. Seperti melalui perangkat keras semacam keyboard atau bahkan mouse.

2. Untuk Dapat Memproses Data 

Mengingat inputan data yang pengguna berikan masih terbilang mentahan. Maka data yang mereka inputkan tersebut masih harus melalui tahapan selanjutnya atau diproses. Arti dari memroses data di sini adalah melalukan proses yang tugasnya mentransfer data menjadi informas

i data yang lebih simpel.

Bisa juga menjadi informasi yang lebih mudah terbaca oleh memori komputer. Dalam proses ini, akan terjadi di otak komputer, seperti Central Processing Unit atau CPU. Dengan memroses data ini, hasilnya akan jauh lebih simpel dan lebih akurat. Seluruh pekerjaan menjadi lebih terlihat mudah.

3. Mampu Menghasilkan Data Dalam Komputer 

Seperti sebelumnya yang mampu memroses data, kini fungsi dari sistem komputer adalah untuk dapat menghasilkan data juga. Tentu saja hal ini berkaitan erat dengan sistem komputerisasi yang memang bermanfaat untuk mempermudah pengguna dalam melakukan pekerjaannya. Hasil pun akurat.

Setelah datanya selesai diproses oleh pengguna. Maka selanjutnya, data akan masuk ke bagian penghasilan data. Dari sini, fungsi dari sistem komputer adalah untuk dapat menghasilkan output yang kemudian datanya berasal dari yang sudah pengguna proses. Hasil output, seperti informasi.

4. Dapat menyimpan Data 

Setelah menghasilkan sebuah data, maka sistem komputer akan melanjutkan ke penyimpanan dari sebuah data. Menyimpan ini maksudnya untuk dapat menyimpan output yang termasuk hasil dari proses yang ada di dalam memori komputer sendiri. Jadi, data Anda akan tersimpan di memori.

Baca Juga;

Tersimpannnya sebuah data ke dalam memori komputer, menjadikan pengguna tidak perlu lagi membuat data baru. Itu karena mereka hanya perlu membuka filenya kembali jikalau memang ada yang salah dan ingin diganti. Dengan begitu, pekerjaan akan semakin mudah dan hasilnya akurat.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai pengertian sistem komputerisasi. Dari pembahasan di atas, sistem tersebut memiliki kelebihan dalam membantu pekerjaan manusia agar terhindar dari kesalahan dan selesai dengan cepat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Sistem Komputerisasi Lengkap dengan Penjelasan Lainnya"