Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Konstitusi Adalah? Ini Dia Jawabannya!

Pengertian Konstitusi Adalah Ini Dia Jawabannya!

Pengertian Konstitusi Adalah? Ini Dia Jawabannya!

Setiap negara pastilah memiliki konstitusinya sendiri. Termasuk negara Indonesia yang memiliki Undang – Undang Dasar Republik Indonesia atau UUD 1945 sebagai konstitusinya. Jika ingin memahami lebih jelasnya maka dari itu takak sehat menuliskan artikel ini, Anda harus memahami pengertian konstitusi adalah apa?

Pengertian Konstitusi Secara Umum 

Pada umumnya, pengertian konstitusi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI merupakan segala ketentuan maupun aturan yang berkaitan dengan ketatanegaraan atau Undang – Undang Dasar dan lain sebagainya. Itu karena konstitusi bisa diartikan sebagai Undang – Undang.

Sedangkan menurut Encyclopedia Britannica, arti dari konstitusi ini merupakan badan doktrin serta praktis yang akan membentuk sebuah prinsip pengorganisasian fundamental bagi negara politik. Konstitusi ini juga memiliki arti sebagai dokumen hukum yang menjelaskan cara kerja pemerintahan.

Pada dasarnya, konstitusi ini banyak mengemukakan penjelasan. Seperti bagaimana pemimpin negara akhirnya terpilih, berapa lama mereka bertugas, bagaimana membuat Undang – Undang baru dan mengubah hukum lama / menghapus berdasarkan hukum, hak yang akan mereka jamin.

Pengertian Konstitusi Menurut Para Ahli 

Selain memiliki pengertian secara umum, konstitusi sendiri juga mempunyai arti yang terbagi menjadi beberapa tujuan menurut para ahli. Mereka memiliki anggapan yang berbeda – beda tentu saja, akan tetapi meskipun anggapannya tidak sama. Namun, makna artinya akan sama satu dengan lainnya.

1. I Dewa Gede Atmadja 

Pengertian konstitusi menurut I Dewa Gede Atdmadja, pada dasarnya terbagi menjadi menurut definisi dan juga konseptual. Untuk definisinya, konstitusi ini merupakan himpunan kaidah maupun norma dari suatu negara yang menjelaskan bahwa konstitusi itu dokumen berisikan norma / kaidah hukum.

Tujuannya adalah untuk mengoperasionalkan penyelenggaraan dari kekuasaan negara. Sedangkan untuk konseptualnya, konstitusi ini merupakan kaidah hukum atau norma yang isinya banyak mengkaji terkait teks tersurat serta tersirat dalam pasal UUD 1945 (sebagai dasar konstitusi).

2. Kamus Oxford 

Sedangkan menurut kamus Oxford Dictionary of Law, konstitusi ini memiliki banyak penjelasan secara umum dan sudah seharusnya Anda ketahui. Salah satunya, seperti konstitusi itu bukan aturan tertulis saja, segala yang telah konstitusi atur tidak berkenaan hanya dengan organisasi negara saja.

Fungsi dari konstitusi ini sangatlah baik dalam tingkat pusat dan juga daerah. Menurut kamus Oxford Dictionary of Law juga mengatakan, bahwa konstitusi itu merupakan mekanismae hubungan. Di mana dapat melibatkan antara negara dan juga warga yang ada di dalamnya. 

3. Carl Schmitt 

Pada dasarnya, konstitusi menurut Carl Schmitt ini terbagi menjadi tiga artian. Pertama, konstitusi dalam artian absolut. Di mana sebuah konstitusi ini telah banyak orang anggap sebagai salah satu organisasi dengan cakupan semua bangunan hukum serta organisasi dalam suatu negara tertentu.

Kedua, konstitusi dalam artian relatif di mana sebuah konstitusi itu bermaksud sebagai salah satu penghubung antar kepentingan 1 masyarakat dengan lainnya. Ketiga, konstistusi artian positif. Di mana konstitusinya berkaitan dengan ajaran keputusan (mengandung keputusan politik tertinggi).

4. Kenneth Clinton Whaeare

Kemudian, pengertian konstitusi menurut Kenneth Clinton Wheare pada dasarnya terbagi menjadi dua bagian pengertian. Pertama, konstitusi memiliki fungsi untuk dapat menggambarkan seluruh sistem ketatanegaraan dari suatu negara / kumpulan dari berbagai macam aturan.

Kedua, konstitusi ini memiliki pengertian yang jauh lebih sempit yang manfaatnya adalah untuk dapat menggambarkan berbagai macam kumpulan peraturan. Biasanya terhimpun dalam 1 dokumen maupun beberapa dokumen (banyak) yang saling berkaitan secara erat.

Baca Juga:

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan menyeluruh, mengenai berbagai macam pengertian konstitusi secara umum dan juga menurut para ahli. Sesuai dengan pembahasan di atas, intinya konstitusi ini merupakan aturan yang berkaitan dengan UUD.

Posting Komentar untuk "Pengertian Konstitusi Adalah? Ini Dia Jawabannya!"