Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

(HAKI) Pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual Adalah Penjelasan Lengkap

(HAKI) Pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual Adalah Penjelasan Lengkap

TAKAK SEHAT_Setelah belajar banyak hal dan melakukan penelusuran di pencarian google, saya baru sadar begitu banyak yang tidak saya ketahui tentang pengetahuan itu sendiri. 

(HAKI) Hak Atas Kekayaan Intelektual, merupakan satu pengertian dan pengetahuan yang sangat penting untuk Anda ketahui sebagai seseorang yang suka menulis maupun yang suka membuat karya.

Maka dari itu, melalui artikel kali ini takaksehat.com, saya akan menjelaskan secara  lengkap dan jelas tentang pengertian HAKI singkatan dar Kekayaan Hak Atas Intelektual.

(HAKI) Pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual Adalah Penjelasan Lengkap

1. Pengertian (HAKI) Hak Atas Kekayaan Intelektual

Pada dasarnya Haki merupakan perlindungan untuk hasil karya  yang telah di buat oleh seseorang. Baik itu karya dalam bentuk apapun, hal yang benar-benar baru dan mampu memberikan menfaat untuk kehidupannya.

Untuk dapat memberikan perlindungan bagi suatu karya, seperti merek dagang, seperti sebuah karya sastra, desain tertentu, jenis tanaman tertentu yang ditemukan dan dibudayakan.

Tentunya hal ini, bertujuan untuk melekatkan penemu dengan apa yang telah ia temui. Dalam hal ini, hak atas kekayaan intelektuan tidak dapat direbut, karena ia bersifat tidak terlihat dan hanya berupa pengakuan etika dan moral.

Penemu berhak untuk mengelola dan terus mengembangankan temuannya, untuk kelangsungan kehidupannya. Seorang penemu merupakan seorang yang berintektual, dimana melalui intektualnyalah ia mampu memiliki karya yang bermanfaat untuk masyarakat  luas.

Jadi dapat disimpulkan Pengertian Hak atas kekayaan intektual (HAKI) adalah perlindungan untuk sebuah karya yang telah ditemukan seseorang melalui intektualnya. Yang melalui proses yang cukup panjang, baik pengorbanan dan waktu.

Undang-undang HAKI atau dasar HUKUM yang melindungin Hak Atas Kekayaan Intektual;

1. UU Nomor 19/2002 diganti oleh UU No. 28/2014 Tentang Hak Cipta. Berisi tentang hak cipta, pencipta, perlindungan hak cipta, dan juga ciptaan yang dilindungi.

2. UU Nomor 4 Tahun 2001 Tentang Paten. Berisi tentang inventor dan juga pemegang hak paten.

3. UU Nomor 15 Tahun 2001 Tentang Merek. Berisi tentang merek, merek dagang, merek jasa, merek kolektif, dan jangka waktu perlindungan terhadap merek.

4. UU Nomor 31 Tahun 2000 Tentang Desain Industri. Berisi tentang desain industri, dan jangka waktu perlindungannya.

5. UU Nomor 32 Tahun 20000 Tentang Desain Tata Letak Sirkuit Terpadu. Berisi tentang desain tata letak, dan juga sirkuit terpadu.

6. UU Nomor 30 Tahun 2000 Tentang Rahasia Dagang. Berisi tentang rahasia dagang, lingkup rahasia dagang, dan juga perlindungan terhadap rahasia dagang.

2. Berikut Macam-macam atau jeni HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektuan)

Setidaknya ada 2 jenis Haki;

1. Copyright Pengertian dan fungsi dari HAK cipta

Hak cipta hadir bukan karena adanya hasil pendaftaran ataupun pengakuan dari oraganisasi tertentu. Tetapi hak cipta ada karena adanya  seseorang yang memang telah  menghasilkan suatu karya. Karya tersebut merupakan miliknya dan ia memilik hak cipta secara langsung. 

Pengertian hak cipta juga di atur di dalam pasal 1 angka 1 UU Hak Cipta tahun 2014: “Hak cipta adalah hak eksklusif bagi pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan”. 

Berdasarkan apa yang telah saya jelaskan di atas, maka dari itu kita dapat mengetahui fungsi dari HAKI, yaitu untuk menegaskan bahwa suatu karya dimiliki orang seseorang secara pribadi. Sehingga karya tersebut dapat berfungsi.

Sebuah karya dapat diperbanyak oleh seseorang yang telah memiliki hak ciptanya karena ialah yang menciptkan karya tersebut. Ia berhak untuk memperbanyak untuk kebutuhan ekonomi dan lain-lain.

Hak cipta sangat bersangkutan erat dengan hak moral dan etika, karena kita harus mampu menghormati dan menghargai sebuah karya yang menjadi hak cipta orang lain.

Ini juga bersangkutan erat dengan hal ekonomi, sehingga sih pencipta dapat menanfaatkan karyanya untuk kemajuan ekonominya. Melalui HAKI sih pencipta berhak untuk menghasilkan uang dimana karyanya dapat dilindungan oleh HAKI, seperti seperti buku ilmiah, karangan sastra, maupun karya seni.

2. Hak kekayaan Industri

Untuk hak kekayaan Industri sendiri adalah perlindungan peting yang dikerjakan HAKI, yang harus Anda ketahui bahwa hak kekayaan industri memberikan perlindungan. Antara lain untuk melindungi perusahaan dan usaha-usaha industri lainnya.

Berikut ha-hak kekayaan Industri;

  • Hak paten, hak yang satu ini diberkan kepada seseorang individu ataupun kelompok yang telah berhasil memecahkan persoalan yang ada di dalam bidang teknologi.
  • Hak merek, hak ini diberikan kepada usaha berupa produk yang berguna untuk memberikan nama pada produk  tersebut untuk dikenal. Merek ini dapat  berupa symbol, angka, dan huruf yang memberikan makna pada produk yang mendapatkan merek.
  • Hak indikasi geografis, hak ini bertujuan melindungi baik itu suatu Industri dan produk yang berasal dari daerah tertentu.
  • Hak rahasia dagang, merupakan  hak yang dimiliki oleh suatu teknologi yang memiliki nilai yang tinggi dan tidak perlu diketahui oleh masyarakat luas.
  • Hal desain Industri, suatu hak yang diberikan pada suatu produk berupakan tanda yang berupa garis, komposisi tertentu, lambang dan bentuk tertentu untuk suatu produk atau barang Industri tersebut.
  • Hak desain tata letak sirkuit terpadu, ini merupakan produk elektronik yang di dalamnya banyak elemen-elemen yang digabungkan. Baik yang telah selesai maupun yang belum selesai samasekali.

3. Simbol-simbol Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)

1. Tride Mark (TM) 

Simbol yang satu ini menunjukkan kepada kita bahwa HAKI yang akan melindungin subuah produk ataupun saja sedang dalam proses pengajuan hal atas kekayaan intelektual. Selain pengajuan tahap awal, TM juga berlaku untuk sebuah karya yang sedang memperpanjang HAKI.

2. Service Mark (SM)

Haki yang satu ini melindungi sebuah hak cipta yang ada di suatu film, contohnya seperti suara tertentu dalam film tersebut. Jadi suara yang ada di film tersebut tidak boleh dipakai di film manapun.

3. Registered Mark (R)

Jika sebuah produk atau pun saja dan sebuah Industri memiliki lambang R berarti produk tersebut sudah terdaftar secara legas dan memili Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

4. Copyright ©

Symbol C memiliki arti bahwa sebuah karya intelektual memiliki hak cipta yang paten, maka dari itu jika ingin mengambil dan mempublikasikan kembali harus mencantumkan pemilik dari karya tersebut.


4. Fungsi dari Haki

Haki sendiri memiliki fungsi yang cukup spesifik, berikut ini fungsi dari Haki;

1. Sebagai perlindungan untuk suatu karya dan pencipta dari karya 

Sebuah karya  sudah bisa dipastikan memiliki nilai ekonomis, maka dari itu, ketika sebuah karya memiliki HAKI.

Jadi karya tesebubut dilindungi oleh hukum, kerika Anda mendaftarkanya. Maka Anda sebagai seorang, yang telah membut karya tersebut akan lebih leluasa untuk dapat memanfaatkan karya Anda untuk mendapatkan keuntungan ekonomis.

2. Sebagai bentuk antisivasi pelanggaran Haki

Ketika Anda mendaftarkan karya Anda kepada Haki, maka pada saat yang sama Anda memiliki landasan yang kuat untuk dapat mempertahankan karya. Ketika adanya orang-orang yang menggunakan karya Anda secara illegal.

Terlebih dari semua itu juga, orang-orang yang ingin mengambil karya intelektual Anda akan berpikir dan tidak memiliki keberanian untuk mecuri karya Anda. Karya tersebut telah dilindungi oleh hukum.

3. Meningkatkan kopotensi dan memperluas pemasaran

Setiap karya yang dihasilkan tidaklah semudah membalik telapak tangan. Tidak semua  orang mampu memiliki kereativitas, bahkan tidak semua orang memiliki motivasi untuk merealisasikan kereativitas mereka.

Dengan adanya HAKI, diharapkan, ketika sebuah karya dapat dipasarkan lebih luas dan memiliki perlindungan hukum. Diharapkan hal ini dapat memotivasi setiap individu, setiap perusahan untuk terus melakukan sesuatu yang berguna dalam hal berkarya.

4. Hak untuk menopoli

Ketika Anda memiliki karya yang kiranya memang dapat bermanfaat untuk masyarakat. Bahkan memiliki nilai ekonomi  yang tinggi, maka janganlah ragu untuk mendaftarkannya ke HAKI. Karena ketika Anda seseorang yang pertama memilik HAKI, terhadap karya yang unik tersebut, maka Anda memiliki hak penuh atau hak menopoli.


5. Cara mendaftarkan karya ke HAKI

Jika ingin mendaftarkan Karya Anda ke HAKI, Anda dapt mendaftarkan secara online melalui WEB berikut; https://hakcipta.dgip.go.id/ atau langsung saja melakukan pendaftaran formular di https://www.dgip.go.id/menu-utama/hak-cipta/formulir-dan-format-surat

Anda dapat juga menggunakan jasa dari web berikut ini; https://izin.co.id/haki.php

Demikianlah dari saya, artikel tentang pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual penjelasan lengkap hingga cara mendaftar HAKI untuk karya Anda. Kiranya artikel kali ini dapat bermanfaat.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "(HAKI) Pengertian Hak Atas Kekayaan Intelektual Adalah Penjelasan Lengkap"