Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Pantun Nasehat 4 bait Terbaru Untuk Kita Semua Beserta Maknanya

Cari Pantun Nasehat 4 bait Terbaru Untuk Kita Semua Beserta Maknanya

Kembali lagi di dunia perpantunan yang sangat bermanfaat dan mampu membuat setiap hati bergetar, cetar, Pantun nasehat 4 Bait kali ini akan di karangan oleh Takak Sehat.

Pantun nasehat akan berserta maknanya dan ini adalah pantun-pantun terbaru hasil pemikiran takaksehat.com. Pantun yang disertai filosofi dan berbagai nasehat dan berbagai-bagai kata-kata motivasi untuk diri sendiri.

Setiap kata akan sangat bermakna dan indah, jika kita rangkai dengan baik dan benar. Dipenuhi penghayatan dan kesungguhan untuk berbagi sebuah perenungan.

Maka dari itu, melalui contoh pantun nasehat 4 bait, yang saya bagikan untuk Anda kiranya memberikan makna bagi diri Anda sendiri.

Tidak ada yang sia-sia dari sebuah bacaan, setiap untaian kata selalu bersumber dari kekayaan pengetahuan dan pengalaman.

Selamat membaca dan merenungkan setiap pantun yang saya persembahkan untuk Anda;

Cari Pantun Nasehat 4 bait Terbaru Untuk Kita Semua Beserta Maknanya

Bila sudah datang waktunya

Akan ada masa dalam diam dan tanya

Setiap hati yang terus mengembara

Dalam cinta dan sandiwara

Maknanya;

Ketika seseorang sedang saling jatih cinta, yang ada hanyalah sandirwara tidak ada kejujuran dan yang ada hanyalah kepura-puraan. Wahai anak muda berhati-hatilah untuk saling cinta, tetaplah jaga protokol hati sehigga ketika kamu tidak merasakan sakit yang para. Ketika melihat bagaimana aslinya dia yang cinta dalam sandiwara.

Jarak dan waktu bersatu

Tertahan di tempat yang sama

Dalam diam memikirkan sesuatu

Seketika memahami dinamika

Maknanya

Setiap kita dalam kehidupan da filosifinya, haruslah memahami setiap hal yang ada dan terus terjadi dibaliknya. Ada di mana dan jarak dan waktu memberitakikan kepada kita satu hal tentang fakta dari kehidupan. Yaitu setiap persoalan yang tidak pernah selesai dan selalu ada hadir menghampiri kehidupan kita.


Bila hujan tak kunjung reda

Bila hari tak kunjung cerah

Bukan berarti kehidupan akan reda

Dan tidak berarti hari penuh pasrah

Maknanya;

Bukan keadaan yang menghancurkan, melainkan kedalaman diri yang tidak mampu untuk menerima mendungnya kehidupan. Bukanlah cerah ataupun mendungnya keadaan yang membuat kita dapat berhasil. Tetapi kekuatan di dalam diri yang pantang menyerahlah yang memberikan kita kekuatan baru untuk terus melangkah.

Tangan kiri tangan kanan

Setiap tekanan 

Biarlah tidak menjadi lawan

Tetapi kawan yang membangkitkan

Maknanya

Kita harus mampu menyikapi masalah, sebagai sesuatu yang menekan untuk perkembangan diri. Tidaklah sebagai lawan, tetapi sebagai kawan yang akan selalu ada untuk mendidik diri kita sehingga semakin maju dari hari ke hari. Saya tidak dapat membayangkan jika dalam perjalanan menjadi blogger tanpa masalah, saya tidak akan bisa seberkembang sekarang.

Kejauhan tanda berjarak

Berdekatan tanda saling memiliki

Bila harus menahan retak

Maka hidup harus terus menyelidiki

Maknanya

Kawanku, jalan hidup Anda masih panjang tidak peduli Anda masih muda ataupun sudah tua. Saya yakin setiap kita memiliki jalan kita masing-masing untuk dijalani dan dicapai. Maka dari itu teruslah menyelidiki apa yang dikerjakan, jangan sampai semuanya sia-sia belaka tetap bangkit dari retaknya jalan karena gagal adalah bagian dari semuanya.


Tertahan di ujung jalan

Bila ada yang harus ditakuti

Jadi itu adalah setiap beban

Diri sendiri yang sering menyakiti

Maknanya

Musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri, ia akan selalu membawa kita pada kenyamanan palsu yang sepertinya meyekinkan. Padalah semua itu sungguh-sungguh menghancurkan diri kita sedikit demi sedikit. Hari ini bangunlah yang masih tertidur, bangunkan diri berpikirlah apa yang harus dikerjakan maka kerjakanlah itu.


Bila hari kan berlalu

Bila Mentari kan tenggelam

Bila diri kan semangat selalu

Diri tidak terperosok terlalu dalam

Maknanya

Memberikan semangat untuk diri sendiri, merupakan sesuatu yang harus kita kerjakan terus menerus dalam kehidupan dan perjalanan kita ini, jangan biarkan semuanya berlalu begitu saja, jangan biarkan rasa sedih membawa kita jatuh terlalu dalam dan tidak bisa bangkit lagi. Teruslah dan jangan menyerah kawan.


Terlalu lelah bila harus berlari

Terlalu cepat untuk menyerah

Jangan ke kanan dan ke kiri

Fokus pada hidup yang berserah

Maknanya

Kita tidak dapat mengendalikan kehidupan, namun kita bisa membawa diri kita pada perjuangan yang terus menerus dilaksanakan dengan semangat baru dan kekuatan yang baru dan terus berjuang untuk semua itu. 

Memang berat, kita harus juga fokus pada apa yang baik dan benar harus kita kerjakan. Tetapi pada waktu yang sama kita haruslah juga fokus untuk terus berjalan di jalan penyerahan pada hasil yang akan di capai. Oke tetaplah berjuang kawanku.


Anak ular jangan diganggu

Jika diganggu induknya ngamuk

Jangan biarkan kefokusan terganggu

Bila harus melawan maka jangan lupa menggaruk

Maknanya

Saya bahkan bingung apa yang baik untuk memaknaia pantun di atas, tetapi satu hal yang saya mengerti. Kefokusan sangatlah penting, biarlah setiap kefokusan ada di dalam diri kita dan kita mampu memberikan yang terbai bagi sekitar kita dan diri kita sendiri, selamat berjuang kawanku.

PENUTUP

Oke baiklah sekian dulu yaa artikel tentang Pantun Nasehat 4 bait Terbaru, beserta dengan maknya. Saya harap setiap pantun yang saya tulis atau saya karang dapat bermanfaat bagi saudara. Setipa makna yang terkandung di dalamnya dapat menjadi motivasi untuk pembaca setia TAKAK SEHAT.

Baca Juga:

Selamat hari di mana Anda membaca setiap pantun imajinatif, salam karya sastra amatir se-Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cari Pantun Nasehat 4 bait Terbaru Untuk Kita Semua Beserta Maknanya"