Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pantun Kiasan Dan Maknanya Nasehat Bijak Memberikan Semangat Untuk Kita

Buatlah sebuah pantun kiasan beserta maknanya? Maka untuk kamu yang saat ini sedang mendapatkan soal dari gurumu tentang pantun kiasan dan maknanya dan berkunjung ke blog takak Sehat, itu merupakan langkah yang tepat.

Atau kamu mendapatkan soal tugas seperti ini; tuliskan sebuah pantun kiasan, maka kamu akan mendapatkan pantun tersebut di blog saya ini. Mari kita  lanjutkan!

Saya kali ini menuliskan untuk kita pantun sukses kiasan beserta makna atau arti pantun tersebut. Anda tentu mengerti yang dimaksudkan dengan kiasan. Kata-kata bergendre pantun yang akan dibuat dalam bentuk kiasan.

Kiasa kata-kata bijak dapat menggunakan alam, dapat menggunkan sebuah benda dan banyak lagi. Pantun kiasan dan maknanya, memberikan kepada kita kebijaksanaan, tentunya mendorong untuk bersemangat. walaupun gagal harus bangkit kembali dan melakukan yang terbaik untuk sebuah tujuan.

Takak sehat, akan selalu menuliskan pantun inspiasi dan pantun-pantun cinta dan lain-lain, sajak-sajak keren dan berbagai puisi-puisi indah menyenangkan hati untuk pembaca setia. 

Tetaplah stay di takak sehat, karena takaksehat.com akan selalu menyajikan pantun yang segar dan hasil refleksi pribadi dan banyak orang yang saya sendiri petik pelajaran dari kehidupan mereka.

Pantun Kiasan Dan Maknanya Nasehat Bijak Memberikan Semangat Untuk Kita

Pantun Kiasan Dan Maknanya Nasehat Bijak Memberikan Semangat Untuk Kita

1. Pantun Kiasan semangat

Pantun Kiasan;

Daun kelapa yang melampai

Warna warni yang menghiasi

Demikianlah memandangan

Tersimpan angan dalam padangan

  • Makna pantun; 

Lambaian daun kelapa adalah gambaran dari permulaan sebuah perjalanan. Warna yang menghiasi merupakan jalan yang ditempuh dalam perjalan. 

Pandangan dan memandang merupakan tujuan hidup yang dituju ketik dengan penuh semangat sambil memandang sebuah tujuan yang diyakini

Jadi semangat akan hadir, ketika kita memiliki semangat dan keyakinan dan mulai melangkah meskipun tanpa pengetahuan sekalipun.


Pantun Kiasan;

Jangan pantahkan dahan

Jika patah maka tidak berbuah

Jika lelah dalam keheningan

Jangan biarkan hidup tanpa buah

  • Makna Pantun;

Dahan yang dimaksudkan adalah semangat, seringkali kita salah sangka dalam sepinya kita, kita merasa bahwa semuanya telah berakhir. Padahal dalam kesendrian adalah waktu yang tepat untuk mengembangkan diri dan terus perpacu dalam sepi dan keheningan.

Karena waktu sendiri, waktu saat muda dan tanpa pasangan, waktu dimana kita dapat bersemangat dan memberikan yang terbaik untuk diri.  Lebih produktif dan bekerja keras untuk mengembangkan diri kita setiap hari, sertiap waktu setiap saat.


2. Pantun melihat hidup

Pantun kiasan;

Kuatnya pandangan burung elang

Betapa kuatnya cara padang yang benar

Tak akan ada yang dapat mengekang

Jalan kehidupan mengar deras dalam gambar

  • Makna pantun:

Cara pandang dengan kayakinan, mampu memberikan manfaat  bagi sesama dan kehidupan yang benar-benar bermakna. Merupan aliran air yang memberikan diri kesegaran dalam perjalanan hidup. Tetaplah berjuang jangan patah semangat. 

Namun kawanku, tidak ad acara lain untuk memiliki cara pandang yang seperti burung elang. Anda harus banyak baca buku dan terus belajar dan banyak kejadian. 


Pantun Kiasan;

Akar yang kuat menembus tanah hingga mencengkram

Tangan yang kuat, mengerjakan banyak hal

Pikiran tajam terbebas dari titik hampa yang kejam

Terhempas, memandang cikal bakal

  • Makna Pantun;

Cara pandang yang tajam, melihat  realita secara utuh dan menerimanya. Akan membawa diri kita pada kehidupan yang berakar. Akar yang kuat dan mampu memberikan sesuatu yang berharga bagi kehidupan.

Pikiran yang jernih, mampu membawa diri kita pada cara pandang kehidupan yang lebih baik. Kita dapat dengan mudah menikmati setiap kemungkinan sehingga mampu menerima walau kegagalan ada menghampiri.

Pada akhirnya, cara pandang, akan menghasilkan apa yang akan kita kerjakan. Cara pandang akan memberikan kekuatan pada kita dalam hal mencengkram setiap keyakinan. Sehingga apa yang kita kerjakan dengan penuh keyakinan itu, memberikan kekuatan untuk menghampiri keseksesan.


3. Pantun kiasan Cinta

Pantun kiasan;

Benang dan jarum menyatukan sobekan

Hati penuh kasih, menyatukan keterpisahkan

Cinta ada eterusnya dan kapanpun

Kesatian olehnya akan selalu mempersatukan

  • Makna Pantun;

Cinta yang ada di dalam hati, cinta yang diawali dengan penyangkalan diri, cinta yang benar-benar bukan berpusat pada diri sendiri. merupakan cinta yang manis, cinta yang dapat menyatukan dan cinta yang dapat memberikan kenyamanan.

Tidak ada yang lebih baik dari cinta kasih, ia adalah benang yang sempurna yang menyatukan tanpa bekas. Ia memberikan Kenyamanan dan ketentraman. 

Jika benar saling cinta maka menyatulah, jangan biarkan kebencian dan keangkuhan dan semua hal yang mengerikan di dalam diri membuat kita tidak berbuat yang baik di dalam cinta yang manis ini, maka inilah cinta ia benang sempurna menyatukan sobekan tanpa jejak.

Pantun Kiasan;

Bila rasa manis hadir dalam dada

Jantung berdebar kala mata menatap

Rasa ingin selalu ada bersama

Waktu yang dihabiskan untuk selalu menetap

Makna pantun;

Saya akan menjelaskan hal terindah dari jatuh cinta, ia seperti madu dan akan manis pada waktunya. Waktu pertama bertemu, kedua mata yang saling menatap. Rasa rindu dan rasa ingin selalu bersama hadir seketika, semangat dalam dada dan senyum tipis ada di wajah itu.

Saya rasa inilah cinta, ingin menatap mata dan berkata, “aku mengasihimu hingga kedalaman hatiku.” Semainis madu  yang alami, ini menyehatkan, perasaan cinta yang tulus dan tidak kaku rasa yang ada dari dalam dada.

Kapankah Anda akan menemukan cinta, pesan dari  pantun ini, jangan takut disakiti, karena rasa sakit adalah awal dari dirimu akan jatuh cinta lagi. Anda akan menemukan madu-madu yang baru untuk mendebarkan dada dan memberikan kesejukkan di hati. Siap diri untuk cinta yang akan datang.


4. Pantun kiasan Belajar

Pantun kiasan;

Bila besi terasah rapi

Ada bagian tajam yang berguna

Bila otak mendapatkan api

Ia bagaikan keindahan bunga

  • Makna pantun;

Temanku, ketika Anda dan saya mempelajari sesuatu, ketika kita melakukan sesuatu untuk dikerjakan secara serius. Pada saat yang sama sebenarnya kita sedang mengasih otak kita, otak kita bagaikan besi yang harus tajam.

Api adalah semangat baru yang dihasilkan dari ketajaman otak yang akan memberikan kekuatan untuk dapat terus indah bagaikan bunga. 

Bukankah kehindupan yang indah adalah dambaan semua orang, kehidupan yang indah dengan semangat yang baru dan otak yang pandai merupakan keinginan untuk selalu berdampak untuk sesama manusia.

Pantun kiasan;

Pupuk membesarkan pohon

Siraman air menyegarkan

Bila hati pikiran terkendalikan

Betapa hidup dalam ketentraman

  • Makna pantun;

Pupuk yang saya maksud adalah kebiasaan yang baik, kebiasaan membaca dan terus berkembang dari hari ke  hari. Ketika Anda membaca, pada dasarnya Anda peduli dengan lingkungan. Saya menemukan orang-orang yang mau belajar, mereka adalah orang-orang yang terus memberikan diri untuk berdampak bagi sesama mereka.

Tidakkah Anda ingin menjadi  air yang menyegarkan untuk sesama Anda, baiklah kita selalu belajar memiliki kehidupan yang demikian. Ada dalam kendali hati dan pikiran yang utuh dan hidup menuju ketentraman Hati dan pikiran.

Saya mengajak Anda melalui pantun kiasan dan maknanya ini, untuk belajar dan memandang kehidupan dengan cara pandang yang benar. Cara pandang yang membawa Anda tidak hidup untuk diri sendiri tetapi kehidupan yang berkembang dengan cara belajar dan dapat berdampak untuk sesama Anda.


5. PENUTUP PANTUN KIASAN

Saya ucapkan terimakasih sebanyak-banyaknya telah menyimak dan membaca sampai habis kumpulan Pantun Kiasan Dan Maknanya. Kiranya Anda dapat menjalami hari dengan Bersemangat, terus Memberikan Nasehat Bijak Untuk diri kita sendiri setiap waktu.

Sekianlah pantun kiasan dan maknanya, teruslah kembali ke BLOG TAKAK SEHAT yaaa akan selalu ada Pantun-pantun segar hasil tulisan saya yang seadanya semoga dapat memberikan cara pandang yang baru dan indah untuk Anda semua. Selamat menikmati hari, salam perpantunan dan sastra Indonesia.

Baca Juga

Posting Komentar untuk "Pantun Kiasan Dan Maknanya Nasehat Bijak Memberikan Semangat Untuk Kita"