Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Warga Negara Secara Lengkap dan Informatif

Jelaskan Pengertian Warga Negara Secara Lengkap dan Informatif

Jelaskan Pengertian Warga Negara Secara Lengkap dan Informatif

Pada umumnya, kewarganegaraan sangatlah penting bagi setiap orang yang ada di suatu negara. Mengingat fungsinya adalah menunjukkan keanggotaan dari seseorang. Sama seperti penjelasan jelaskan pengertian warga negara. Antara warga negara dan kewarganegaraan, saling berkaitan.

Pengertian dari Warga Negara Secara Umum 

Secara umum, pengertian dari warga negara ini termasuk ke dalam terjemahan dari kata citizen. Artinya adalah warga negara atau memiliki artian lain, yaitu sesama penduduk serta orang di dalam tanah air (setanah air). Selain itu, arti lainnya ialah orang – orang yang masuk menjadi bagian penduduk.

Sedangkan warga negara, tentu memiliki keterkaitan erat dengan istilah lain yaitu kewarganegaraan. Mengingat arti dari kewarganegaraan ialah keanggotaan yang sedang menunjukkan suatu hubungan atau bahkan ikatan negara dengan pihak warga negara yang bersangkutan.

Kewarganegaraan tersebut menunjukkan suatu kebebasan serta warga negara yang mempunyai tugas, tanggung jawab dan juga haknya masing – masing. Umumnya, warga negara ini mempunyai hak politik secara penuh. Baik itu dalam artian memilih dan juga memegang sebagai jabatan publik.

Pengertian Warga Negara Menurut Para Ahli 

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa warga negara ini merupakan sekumpulan orang yang termasuk ke dalam bagian dari penduduk. Namun, menurut pendapat para ahli lainnya pengertian tersebut memiliki arti lain yang tentu saja berbeda – beda. Berikut ini ada penjelasan pengertiannya.

1. A. S. Hikam dan Koerniatmanto S

Pengertian warga negara menurut A. S. Hikam, yaitu anggota yang berasal dari suatu komunitas atau bahkan kelompok yang memiliki tugas membentuk suatu negara. Jadi, warga tersebut mempunyia tugas dan tanggung jawabnya masing – masing dalam membentuk negara, agar menjadi lebih baik.

Sedangkan menurut Koerniatmanto S, pengertian dari warga negara ialah suatu negara yang memiliki keuddukan terhadap negaranya sendiri, memiliki hubungan terkait hak dan juga kewajiban. Hal tersebut sesuai dengan sifatnya yang timbal balik terhadap suatu negaranya.

2. Ko Swaw Sik dan Purwadarminta

Selain itu, menurut para ahli lainnya yaitu Ko Swaw Sik. Beliau memiliki pemikiran yang berbeda dengan ahli lain terkait pengertian warga negara. Menurutnya, warga negara itu adalah semua orang yang mempunyai keterkaitan dengan ikatan hukum dengan negara tertentu.

Kemudian, menurut para ahli bernama Purwadarminta. Pengertian warga negara tersebut adalah orang yang secara hukum termasuk ke dalam anggota dari suatu negara tertentu. Jadi, seseorang yang bergabung ke dalam kumpulan yang disebut sebagai anggota penduduk.

3. Stanley E. Ptnord / Etner F. Peliger serta Mr. Wiyanto Dwijo Hardjono

Menurut para ahli selanjutnya, yaitu dari Stanley E. Ptnord dan juga Etner F. Peliger. Menurut mereka, pengertian dari warga negara sendiri adalah kajian yang memiliki kaitan erat dengan berbagai jenis tugas pemerintahan, kewajibam dan juga hak warga negara.

Sedangkan menurut ahli bernama Mr. Wiyanto Dwijo Hardjono, pengertian warga negara merupakan suatu keanggotaan dari seseorang dalam melakukan satuan politik spesifik. Dengan begitu, hasilnya mampu menopang hak untuk dapat performa di dalam berbagai macam aktivitas politik.

Penjelasan Fungsi dari Warga Negara 

Berbicara mengenai warga negara, memang tidak pernah lepas dari yang namanya tugas dan juga tanggung jawab yang harus mereka lakukan. Bahkan warga juga mempunyai hak atas dirinya sendiri. Apa pun itu, pada dasarnya warga negarajuga memiliki fungsi yang jauh lebih penting dari segalanya.

Salah satu fungsinya, yaitu dapat menjunjung hukum serta pihak pemerintahan yang sah dan juga berdaulat. Kemudian, fungsi selanjutnya adalah ikut serta dalam upaya untuk melakukan pembelaan negara yang sesuai dengan kapasitas serta bidang warga negaranya masing – masing.

Selain itu, fungsi warga negara lain adalah tunduk kepada suatu peraturan serta batasan yang sudah Undang – Undang tetapkan, menjaga persatuan dan juga kesatuan negara tertentu, mentaati dasar hukum, negara hingga pemerintah tanpa kecuali, serta turut ikut serta di dalam pembangunan bangsa.

Hak Dan Kewajiban Dari Warga Negara Secara Umum

Sedangkan mengenai hak dan juga kewajiban warga negara, pada umumnya sudah tertera pada peraturan Undang – Undang tahun 1945. Tepatnya berada di dalam pasal 26, 27, 28 dan juga 30. Untuk pasal 26 ayat 1, warga negara itu merupakan orang bangsa Indonesia asli / bangsa lain yang telah disahkan UUD.

Kemudian, pada pasal 27 ayat 1 warga negara bersamaan dengan kedudukannya dalam hukum atau bahkan pemerintahan. Semuanya wajib menjunjung hukum dan juga pemerintahanitu sendiri. Pasal 28, kemerdekaan serikat dan berkumpul, mengeluarkan berbagai pikiran dengan lisat dan lain-lain.

Pada pasal 30 ayat 1, hak maupun kewajiban dari warga negara. Semuanya ikut serta dalam melakukan pembelaan terhadap suatu negara. Lalu pada ayart 2, menyatakan bahwa pengaturan lebih lanjutnya akan Undang – Undag atur sedemikian rupa.

Hak Warga Negara Indonesia 

Pada umumnya, warga negara juga memiliki hak lainnya yang tidak kalah penting. Seperti hak atas pekerjaan serta penghidupan yang layak. Hal tersebut juga telah adadalam UUD pasal 27 ayat 2. Kemudian, warga juga mempunyai hak dalam mempertahakan kehidupan dan untuk hidup.

Selain itu, warga negara juga memiliki hak untuk dapat membentuk keluarga serta melanjutkan keturunannya lewat perkawinan yang sah. Hak atas keberlangsungan hidup sebagaimana mestinya, hak mengembangkan diri lewat pemenuhan kebutuhan dasar.

Hak selanjutnya adalah hak memajukan diri sendiri dalam memperjuangkan hak secara kolektif. Dengan tujuan, untuk dapat membangun bangsa, masyarakat serta negaranya sendiri. Hak pengakuan, perlindungan, jaminan, dan kepastian hukum adli dan masih banyak lagi lainnya.

Baca Juga:

Itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai informasi terkait jelaskan pengertian warga negara. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa warga negara mempunyai hak dan kewajibannya sendiri.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Warga Negara Secara Lengkap dan Informatif"