Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Teks Ulasan dan Penjelasan Umum Lainnya

Jelaskan pengertian teks ulasan! Ya, pada dasarnya review text merupakan teks yang berisikan tentang ulasan atau bahkan penilaian dari suatu karya. Mulai dari buku, film, lagu, sampai dengan karya sastra dan juga seni lainnya. Untuk informasi lebih jelasnya, Anda harus mengetahui informasi dan jawabannya. 

Kali ini, takaksehat.com akan memberikan penjelasan yang cukup lengkap. Untuk memberikan pengetahuan bahkan dapat langsung dipraktikkan. 

Untuk Anda yang suka membuat teks ulasan, Untuk Anda yang suka membuat riview dan berbagai macam jenis tulisan yang mendefinisikan sesuatu, berpendapat dan beropini berdasarkan sebuah karya. Jangan lewatkan penjelasannya.

Jelaskan Pengertian Teks Ulasan dan Penjelasan Umum Lainnya

Jelaskan Pengertian Teks Ulasan dan Penjelasan Umum Lainnya

Apa Itu Teks Ulasan / Review Text?

Secara umum terutama didunia formal atau Pendidikan SD bahkan SMP, teks ulasan atau pembuatan teks ini, hanya berupa ulasan sebuah karya berupa cerita pendek, buku, dan sebuah kabar berita yang dimuat di dalam sebuah buku paket Bahasa Indonesia.

Namun jika dilihat dalam dunia nyata, di mana teks ulasan dapat dibuat berdasarkan sebuah pristiwa nyata, dan sebuah karya lainnya seperti film bahkan kehidupan sehari-hari dapat dijadikan teks ulasan yang bermanfaat untuk mengembangkan tingkat literasi seseorang.

Teks ulasan atau sebutan lainnya review text, yaitu teks yang isinya adalah tinjauan serta penilaian dari suatu karya. Mulai dari film, buku, lagu, karya sastra, seni dan masih banyak lainnya. Tujuan dibuatannya teks ini, tidak lain adalah untuk memberikan informasi kepada seluruh pembaca karya.

Informasi tersebut termasuk kekurangan dan juga kelebihan dari suatu karya. Dengan membaca teks ulasan, para pembaca bisa mempertimbangkan apakah karya tersebut layak untuk diulas / dinikmati atau pun tidak. Dalam membuatnya pun tidak semudah itu, penulis harus membuat lebih kritis.

Supaya hasil dari teks ulasannya dapat memberikan konstribusi baik dalam memjaukan suatu karya. Mungkin Anda sudah banyak menemukan teks ulasan semacam ini, seperti pada suatu film, buku / novel atau karya lain. Nah, untuk menarik perhatian tentu saja kata – katanya harus terlihat menarik.

Tujuan Dari Teks Ulasan 

Pada umumnya, teks ulasan ini mempunyai tujuan tertentu. Seperti dapat memberitahukan dan juga mengajak para pembaca untuk dapat merenungkan, memikirkan serta mendiskusikan dari suatu masalah yang ada di dalam suatu karya. Mengingat review text ini adanya pada karya sasta / seni.

Selain itu, tujuan dari teks ulasan adalah untuk dapat memberikan semacam pertimbangan kepada para pembaca sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli karya tersebut. memberikan informasi terkait kelebihan dan juga kekurangan dari suatu karya yang telah mendapat resensi atau ulasan.

Tidak hanya itu saja, dengan adanya teks ulasan maka para pembaca juga akan lebih mudah dalam memahami kaitan dari suatu karya dengan karya yang lainnya (sejenis). Bahkan juga dapat menunjukkan kepada pembaca terkait penulisan serta pandangan dari si penulis aslinya.

Teks ulasan juga bertujuan untuk menunjukkan penilaian seseorang yang telah menikmati suatu karya tersebut. Tentang kepuasan dan ketidakpuasannya akan suatu karya. Jika berkaitan dengan kehidupan sehari-hari, maka teks ulasan dapat berupa nasehat dan pembelajaran penting untuk melihat suatu masalah sebagai pembelajaran agar tidak diulangi di masa yang akan datang.

Hal yang sangat  penting juga dari tujuan teks ulasan sebuah karya, agar karya tersebut dapat dibandingkan dengan karya lainnya. Sehingg dapat dilihat bagaimana karya tersebut memiliki kekurangan tertentu dengan karya yang dibandingkan. Sebuah karya itu memiliki kelebihan tertentu sehingga layak untuk dibaca dan direkomendasikan oleh sih pembuat teks ulasan. Ini sebuah bertejuan untuk kemajuan dari sebuah karya yang sedang diriview.

Struktur Teks Ulasan 

Berbicara mengenai teks ulasan, seperti yang Anda tahu bahwa sebelum membuatnya tentu tidak bisa sembarangan. Jadi, harus memerhatikan strukturnya terlebih dahulu. Tujuannya, supaya hasil dari review text tersebut memiliki hasil yang menarik dan layak untuk pembaca baca.

1. Orientasi dan Tafsiran 

Struktur utama dari teks ulasan, yaitu orientasi di mana termasuk bagian pertama yang isinya menjelaskan gambaran umum dari suatu karya. Seperti buku, lagu, film, sampai dengan karya sastra lain yang nantinya akan dibahas secara mendalam. Isinya mengenai apa yang karya tersebut bahas.

Sedangkan tafsiran ini termasuk ke dalam bagian yang berisikan tentang penjelasan secara detail terkait karya yang sebelumnya akan diulas. Seperti misalnya saja tentang bagian dari suatu karya sastra tersebut, keunikannya, kualitasnya, keunggulan dan masih banyak lagi lainnya.

2. Evaluasi dan Rangkuman 

Setelah selesai dalam tahap tafsiran, selanjutnya evaluasi. Bagian ini termasuk ke dalam bagian yang berisikan tentang pandangan dari pihak penulis karya. Evaluasinya akan mereka kerjakan setelah pengulas mengerjakan tafsiran. Isi tahapan ini, yaitu bagian yang paling bernilai / kelebihan.

Setelah itu, ada rangkuman yang termasuk ke dalam suatu bagian yang berisikan tentang kesimpulan dari sebuah karya (ulasannya). Di dalam rangkumannya, akan turut hadir komentar penulis yang isinya membahas apakah hasil karya tersebut mempunyai kualitas / tidak untuk pembaca baca.

Jenis Teks Ulasan

Sebelum Anda membuat teks ulasan, saya akan menjelasakan di bawah ini jenis-jenis teks ulasan yang dapat Anda buat dan praktikkan secara langsung. Mungkin untuk tugas sekolah Anda dan tugas kuliah Anda. Berikut penjelasan lengkapnya;

1. Teks ulasan Informasi

Memiliki ciri memberikan informasi tentang sebuah karya yang telah diriview.  Biasa teks informasi tidak memberikan gambaran secara keseluruhan dari sebuah karya, hanya mengambil hal-hal penting menurut pembuat teks ulasan. Maka dari itu informasi yang dibuat sangat singkat padat dan jelas, bahkan haruslah mudah dimengerti dan memberikan gambaran yang cukup jelas untuk pembaca teks ulasan tersebut.

2. Teks ulasan Deskriptif

Teks ulasan ini biasanya meresensi sebuah buku fiksi, novel, cerpen, dengan informasi yang lengkap dan cukup mendalam. Argumen dari sih pembuat ulasan biasanyas angat tajam dan baik, memberikan informasi-informasi secara lengkap dan tertata. Menjelaskan lebih detail lagi tentang sebuah karya yang sedang diriview.

3. Teks ulasan Kritis

Untuk teks ulasan Kritis haruslah melakukan penelitian tertentu untuk dapat membuatnya. Karena teks yang akan dibuat akan sangat terperinci, tidak berdasarkan opini secara subjektif, melaikan ditulis secara objektif. Maka sangat diperlukan pendekatan ilmu pengetahuan tertentu untuk dapat membuat teks ulasan kristus yang baik dan benar.

PENUTUP

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan rinci, mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian teks ulasan!. Sesuai dengan pembahasan di atas, review text sendiri berarti suatu ulasan dari karya seperti film, buku, lagu dan lainnya. Bahkan akan ada ulasan komentar dari penulisnya sendiri.

Baca Juga: 

Tetap kembali ke Takak Sehat, karena akan lebih banyak lagi artikel-artikel bermanfaat yang dipublis setiap harinya. Selama pengetahuan untuk kita bersama.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Teks Ulasan dan Penjelasan Umum Lainnya"