Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Kerajinan Tekstil Beserta dengan Contoh Lengkapnya

Jelaskan Pengertian Kerajinan Tekstil Beserta dengan Contoh Lengkapnya

Jelaskan Pengertian Kerajinan Tekstil Beserta dengan Contoh Lengkapnya

Di dalam kehidupan sehari – hari, Anda pasti pernah menemukan beberapa macam kerajinan tangan yang bervariasi bukan? Salah satunya seperti kerajinan tekstil ini. Agar lebih jelas, ketahui informasi kali ini takaksehat.com menjelaskan pengertian kerajinan tekstil, beserta dengan berbagai contohnya supaya lebih mudah.

Pengertian dari Kerajinan Tekstil secara Umum

Pada umumnya, kerajinan tekstil adalah sebuah mahakarya yang terbuat dari berbagai macam bahan tekstil. Bahan tersebut asalnya dari serat atau bahkan benang yang kemudian diolah menjadi kain yang sering Anda lihat di toko kain. Dengan menggunakan kain saja, bisa diolah ke kerajinan lain.

Biasanya bahan kerajinan tekstil ini akan banyak masyarakat gunakan dalam kehidupan sehari – hari. Contohnya seperti pakaian atau bahkan busana yang sering Anda temukan di toko pakaian. Intinya, pengertian dari kerajinan tekstil ini adalah kerajinan yang terbuat dari berbagai bahan tekstil.

Berbagai Macam Contoh dari Kerajinan Tekstil Secara Umum

Pada umumnya, kerajinan tekstil ini ada begitu banyak sekali contoh dan sering Anda jumpai dalam kehdiupan sehari – hari. Seperti misalnya baju dan juga pakaian (contoh umum). Namun, untuk lebih jelasnya. Akan lebih baik memerhatikan beberapa contoh secara lengkap berikut ini :

1. Kerajinan Sulam 

Salah satu contoh dari kerajinan tekstil, yaitu kerajinan sulam yang biasanya Anda temui dalam kehidupan sehari – hari. Bahkan ada sebagian besar wanita yang memiliki keahlian dalam menyulam. Biasanya contoh satu ini banyak orang kenal sebagai kerajinan bordir, membuat hiasan di atas kain.

Dalam proses membuat hiasan di atas kain tersebut, pihak penyulam akan menggunakan bahan lain. Seperti benang dan juga jarum, akan tetapi terkadang mereka juga memakai aksen lainnya. Mulai dari manik – manik, payet, logam, bulu burung pun juga bisa dijadikan sebagai bahan penghias unik.

2. Kerajinan Tenun 

Kerajinan tenun ini juga termasuk salah satu contoh dari kerajinan tekstil. Memiliki arti, yaitu salah satu jenis teknik dalam membuat kain yang terbuat dari serat maupun benang. Asalnya dari Indonesia dan teknik ini sudah banyak tersedia di beberapa daerah, yakni Sulawesi dan Kalimantan.

Hanya dengan melihat jenis kain dan juga motif yang ada pada kerajinan tenun ini, sudah banyak masyarakat yang mengetahui asalnya dari mana kainnya berasal. Seperti pada daerah Sumba, kain yang ahlinya buat lebih menonjolkan kain yang menerapkan motif berbagai macam jenis binatang.

3. Jenis Kerajinan Batik 

Kerajinan batik merupakan salah satu contoh dari kerajinan tekstil, bahkan termasuk ikon paling utama Indonesia. Karya seni ini mempunyai nilai seni yang cukup tinggi dan menariknya lagi sudah mendapatkan banyak pengakuan dari seluruh dunia. Sedangkan pembuatannya terbagi menjadi dua.

Jenis batik tersebut terbagi menjadi batik modern dan juga tradisional. Untuk batik tradisional, termasuk ke dalam suatu proses pembuatan yang masih memakai penggunaan berbagai alat sederhana. Sedangkan batik modern, cara membuatnya menggunakan teknik celup / alat modern lain.

4. Kerajinan Makrame

Berbeda dari jenis kerajinan yang proses pembuatannya menghasilkan kain. Untuk kerajinan makrame ini, yaitu sebuah kerajinan yang proses membuatnya menggunakan bahan tali dan juga benang. Sedangkan hasil yang diciptakan akan menjadi berbagai macam jenis aksesoris / produk.

Kerajinan makrame ini termasuk ke dalam salah satu seni rupa terapan, awal mulanya menggunakan teknik tali temali dan pada akhirnya berhubungan dengan memakai ikat dan juga sampul. Untuk bisa mendapatkan hasil yang memuaskan, cara membuatnya harus membutuhkan tingkat ketelitian.

5. Cetak Saring 

Untuk jenis cetak saring ini juga termasuk ke dalam salah satu contoh kerajinan tekstil yang ada di Indonesia. Biasanya banyak orang yang menyebutnya sebagai cetak sablon. Namun, proses pembuatannya sendiri menggunakan alat yang bernama screen atau kain kasa khusus bidang cetak.

Gambar yang nantinya akan dicetak di atas kain atau bahkan objek lainnya. Semuanya akan sesuai dengan model maupun klise yang terdapat pada bagian screen / kain kasa. Manfaat dari penggunaan cetak saring ini, yaitu membuat sebuah gambar / tulisan pada kaos, bedge, logo, spanduk dan lain-lain.

6. Kerajinan Quilting 

Pada umumnya, quilting ini seringkali orang kenal sebagai kerajinan jahit tindas. Termasuk ke dalam salah satu teknik dalam melakukan hias pada permukaan kain. Caranya adalah dengan menggabungan kain pada ukuran tertentu. Kemudian, akan membentuk motif yang sangat menarik.

Berbagai macam potongan kecil tersebut, nantinya akan ditindas dengan menggunakan model jahitan yang jelujur. Ukurannya pun harus sama satu sama lain, supaya saat konsumen melihatnya dari segala sisi posisinya sama semua dan terlihat rapih. Biasanya pembuatannya pakai kain bekas.

7. Kerajinan Jahit Perca

Selain itu, contoh dari jenis kerajinan tekstil lainnya adalah kerajinan jahit perca. Merupakan salah satu kain yang berasal dari sisa potongan yang biasanya tidak lagi memiliki nilai guna / kain bekas. Ternyata proses pembuatan dari kain sisa tersebut, justru bisa menghasilkan karya yang menarik.

Baca Juga: Pengertian Prosesor

Pada tahapan proses pembuatannya, pihak yang membuat kerajinan jahit perca ini harus memfokuskan diri terhadap teknik menjahitnya bukannya baha. Proses membuatnya pun juga harus teliti, supaya hasilnya bisa menjadi bagus dan memiliki kualitas.

Baca Juga:

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai jelaskan pengertian kerajinan tekstil. Sesuai dengan pembahasan di atas, kini Anda telah mengetahui bahwa kerajinan tersebut mempunyai banyak contoh yang ada dalam kehidupan sehari – hari.

Jangan lupa untuk terus berkunjung ke takak sehat, karena akan banyak informasi yang dimuat dalam blog Pribadi saya ini, selamat menikmati harimu.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Kerajinan Tekstil Beserta dengan Contoh Lengkapnya"