Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jelaskan Pengertian Distribusi Secara Lengkap dan Informatif

Jelaskan Pengertian Distribusi Secara Lengkap dan Informatif

Jelaskan Pengertian Distribusi Secara Lengkap dan Informatif

Berbicara mengenai aktivitas ekonomi, pasti tidak akan pernah lepas dari yang namanya distribusi. Itu karena hal tersebut mempunyai peranan penting dalam persediaan kebutuhan manusian. Supaya lebih jelasnya lagi, Anda harus mengetahui informasinya. Oleh karena itu jelaskan pengertian distribusi secara lengkap dan jawabannya ada di sini.

Pengertian Distribusi Secara Umum 

Secara umum, distribusi merupakan suatu tindakan atau proses pengiriman sesuatu yang asalnya dari pihak pertama lalu dikirim ke pihak lainnya. Bila Anda coba lihat dalam konteks bisnisnya, maka distribusi ini adalah proses / aktivitas yang tugasnya menyalurkan produk atau bahkan bisa jasa.

Proses penyaluran tersebut mulai dari produsen lalu ke pihak konsumen. Dengan cara itulah, produk tersebut dapat tersebar secara meluas serta dapat konsumen beli (bagi mereka yang memang membutuhkan produk tersebut). Ada pula pernyataan lain, distribusi termasuk dalam pemasaran.

Tujuannya adalah untuk bisa memudahkan suatu proses penyampaian produk dari pihak produsen kepada konsumen. Jadi, bisa dikatakan bahwa distribusi ini merupakan suatu penghubung yang berawal dari aktivitas produksi dan juga konsumsi. Agar customer bisa mendapatkan kebutuhannya.

Contoh Dari Kegiatan Distribusi 

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa distribusi ini merupakan kegiatan ekonomi yang berkaitan dengan penghubungan produksi dengan pihak customer (konsumsi). Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk dapat menyaulurkan berbagai macam barang hasil dari produksi langsung ke tangan konsumen.

Pada umumnya, kegiatan ekonomi tersebut tentu saja akan membutuhkan biaya. Itu karena proses pelaksanaannya yang begitu panjang, jadi harga barangnya dan jasa cukup mahal. Pada dasarnya ada 5 faktor yang memengaruhi, seperti sifat barang, jumlah, luas daerah, sarana komunikasi.

Kemudian, juga biaya pengangkutannya pun juga memengaruhi harga kegiatan ekonomi tersebut menjadi mahal.

Baca Juga: Pengertian kerajinan tekstil

Contoh yang mungkin akan bisa Anda mengerti terkait gambaran distribusi, yaitu agen beras membeli berasnya kepada petani, lalu menjualnya ke kota tujuan / pedagang warung. Ada pula pedagang yang membeli buah dari petani, dan menjualnya kepada pedagang eceran / toko kecil di jalan.

Tujuan Distribusi Secara Umum 

Pada dasarnya, distribusi sebagai kegiatan ekonomi / penyaluran barang atau produk memiliki tujuannya sendiri. Selain untuk dapat memberikan barang kepada customer yang membutuhkan, kegiatan ini juga memberikan tujuan penting lain.

1. Dapat Menjamin Kelangsungan Produksi 

Dengan melakukan distribusi, maka kegiatan ekonomi tersebut akan tetap terus berjalan dan akan selalu memberikan keuntungan bagi setiap orang yang bersangkutan. Proses penyalurannya sendiri bisa tersalurkan ke pihak konsumen. Jadi, tidak akan tertahan di pihak produsen.

Kegiatan produksi tersebut pada akhirnya berjalan dengan lancar dan setiap orang yang bersangkutan akan mendapatkan keuntungan. Seperti pihak kurir yang mengantarkan atau bahkan pihak jasa pengiriman yang menampung barangnya dulu sebelum akhirnya kurir kirimkan ke konsumen.

2. Menjamin Produk / Barang Sampai Ke Tangan Customer

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa kegiatan ekonomi distribusi ini tujuannya adalah sebagai penyaluran / pengiriman barang / produk milik konsumen yang telah mereka beli. Dengan adanya proses distribusi, tentu saja produknya akan terjamin sampai.

Baca Juga: Pengertian pendidikan dari ahlinya

Proses distribusi ini juga termasuk ke dalam cara pengenalan barang atau biasanya orang sebut sebagai promosi. Sampai dengan proses pengiriman barang / produknya ke konsumen semuanya juga memerlukan kegiatan ekonomi tersebut. Dengan begitu, barang terjamin sampai tujuan.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan lengkap, mengenai jawaban dari pertanyaan jelaskan pengertian distribusi. Sesuai dengan pembahasan di atas, distribusi ini sangatlah penting karena merupakan proses penyaluran barang ke pihak konsumen.

Posting Komentar untuk "Jelaskan Pengertian Distribusi Secara Lengkap dan Informatif"