Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD Berserta Contoh Puisinya

Ketika Anda menemukan artikel ini,  cara membuat puisi, Ada dua kemungkinan, Anda seorang pelajar atau Anda orang tua yang sedang kebingungan bagaimana cara membuat puisi untuk anak Anda.

Bisa juga anda seorang guru SD, Anda seorang ayah atau ibu yang memiliki anak SD. Atau Anda seorang anak SD melenial yang sedang mencari cara untuk menulis puisi.

Melalui kesempatan ini, sebagai seseorang yang cinta pada puisi, maka saya sebagai admin tunggal takaksehat.com. ingin berbagi kepada teman-teman SD, tentang cara membuat puisi untuk anak SD.

Dalam hal ini saya berbagi cara membuat puisi anak sd, untuk semua kelas baik itu kelas 1, 2, 3, 4 dan seterusnya yang ada pelajaran Bahasa Indonesia, materinya ada puisi.

Tentunnya antara gampang susah, tetapi untuk puisi sendiri lebih mudah bagi saya, jika dibandingkan harus menulis Pantun dan Sajak. 

Maka dari itu, ikuti artikel ini sampai selesai yaa, untuk dapat mengerti cara menulis puisi dari yang saya pelajari dan saya praktikkan selama hidup saya dari SD menulis puisi untuk diri saya sendiri, sampai hari  ini secara rutin menulis puisi untuk blog.

Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD Berserta Contoh Puisinya

Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD Berserta Contoh Puisinya

1. Pengertian puisi

Menurut KBBI Puisi adalah ragam sastra yang bahasanya terikat oleh irama, mantra, rima serta penyusunan dan bait. 

Menurut saya, puisi adalah yang telah dijelaskan di atas, berisi ungkapan hati dari penulis dengan nada tertentu yang seringkali dalam suatu puisi akan menggunakan kiasan-kiasan untuk memperindah sebuah irama dari karya sastra atau puisi tersebut.

Berikut ini kita masuk pada tips dari cara menulis puisi untuk anak SD beserta contoh puisinya.

2. Menentukan ide untuk puisi

Untuk menghasilkan puisi yang bagus, tidak memerlukan ide yang terlalu waw, hanya diperlukan ide yang sederhana. 

Cukup dengan melihat sekeliling Anda dan buatlah puisi dari apa yang telah Anda lihat. Ide ini dapat muncul dari apa yang Anda pakai saat ini, mungkin baju Anda, mungkin sepatu Anda.

Ataupun puisi yang mendapatkan ide dari apa yang Anda lihat, mungkin sepeda tua, payung yang rusak. Motor ayah Anda. semua ini dapat Anda jadikan ide untuk sebuah puisi. Mungkin dari suatu kejadian, kaget, marah dan lain-lain.

Anda sekarang bertanya, lalu bagaimana caranya menjadikan semua hal yang dapat kita lihat itu menjadi puisi? Baiklah pertama-tama, mari kita sepakati benda atau sesuatu yang kita lihat untuk dapat kita jadikan puisi.

Kita sepakat kalau "Sepatu," yaa kita  akan membuat puisi dengan ide utama sepatu, selanjutnya seletah kita mendapatkan ide bagaimana membuat puisi dengan ide utama sepatu. Karena sepatu masih sangat banyak jenisnya, warnanya, dan lain-lain. Maka kita perlu membuat lebih jelas lagi.

Puisi tentang sepati yang bagaimana? Maka kita masuk ke poin yang ke dua. Yaitu menentukan Tema lalu judul dari puisi tersebut.

3. Tema dan judul

Ini merupakan proses mengembangkan ide, di mana ide yang telah ada kita  buat lebih sempit lagi. Kita telah menentukan bahwa ide puisi kita yang pertama adalah “sepatu” maka dari kata benda sepati inilah mari bersama-sama kita pikirkan melalui pertanyaan 5 W+1 H.

Saya sara saya tidak perlu menjelaskan ap aitu 5 W+1H, karena saya angggap Anda sudah mengerti. Jadi kita  ambil saja pertanyaan, “Bagaimana” Bagaimana keadaan sepatu itu sekarang? Atau bisa juga buat pertanyaan, bagaimana kondisi sepatu yang saya beli 4 tahun lalu? 

Kita menggunakan pertanyaan yang 4 tahun lalu. Jadi kita dapat memikirkan atau bisa membayangkan. Kondisi sepatu saya yang saya beli 4 tahun lalu, kira-kira kalau masih ada sekarang di rak sepati seperti apa kondisinya.

Kita bisa mendeskripsikan sepatu yang sadah ada bersama kita selama 4 tahun dan tidak lagi kita pakai:

Usang, sobek, kotor, berdebu, tidak layak pakai dan lain-lain. Dari semua deskripsi kita inilah. Kita dapat menentukan kata kunci atau Tema dari Puisi yang akan kita tulis tentang sepatu. Kita sepakat bahwa tema yang akan kita buat untuk puisi tentang sepatu adalah “SEPATU USANG.”

Selanjutnya kita menentukan judul dari puisi yang akan kita tulis, judul dapat sama dengan Tema tetapi karena saya lebih suka membuat tema yang lebih dramatis maka saya selalu membedakan antara Tema dan judul. 

Tetapi ingat setiap judul puisi yang kita buat haruslah menjelaskan  Tema dan ide dari mana puisi itu berasal. Karena kita menggunakan pertanyaan tentang sapatu. Maka mari kita sepakat bahwa puisi kita akan berjudul; 4 Tahun Yang Menjadikan Usang

Selanjutnya kita masuk pada poin yang ke tigas, yaitu penulisan puisi secara lengkap. Yaitu bagaimana kita menjadikan baik ide puisi, Tema Puisi, dan Judul puisi untuk dapat menjadi kata-kata kiasan. Mari kita ke poin berikutnya.

4. Menjadikan ide dengan kata kiasan

Kita sampai di mana kita harus menjadik ide yang  telah kita bentuk menjadi menjadi teman dan judul, selanjutnya menjadi puisi yang utuh.

Untuk mempermudah kita dapat menjadikan apa yang telah kita susun menjadi satu kesatuan puisi. Kita jabarkan seperti di bawah ini;

  • Ide Puisi : Sapatu
  • Tema Puisi : Sepatu Usang
  • Judul Puisi : 4 Tahun yang Menjadikan Usang

Selanjutnya, kita dapat memikirkan apa saja yang berhubungan dengan sepatu. Seperti, kaki, kaos kaki, tali sepatu, sekolah, dan lain-lain Anda dapat memikirkanya.

Selanjutnya dari setiap hubungan inilah, kita akan menbuat puisi. Untuk contoh puisi sepatu ini saya menjadikannya puisi 3 Bait setiap bair 4 baris.

5. Contoh puisi buat anak sd

Contoh puisi 1, dengan Ide Sepatu

Judul Puisi; 4 Tahun yang Menjadikan Usang

Tali yang melilitkan kaki yang siap melangkah

Setiap rasa nyaman yang diberikan

Percaya diri, 4 tahun lalu 

Kau dan aku mengawali kebersamaan


Sepatu yang kini usang

Terbaring lemas di tempatnya

Sepatu yang dulu baru dan gagah

Kini rusak dan koyak dimakan waktu


Sepatu yang memberikan makna berharga

Dari sebuah kesetiaan, bersama hingga akhir

Mengajariku arti dari keiklasan dan ketundukkan

Memberikan rasa kehidupan, bagi orang yang bersamamu


Contoh Puisi 2 

Ide Puisi : Rintik Hujan

Tema Puisi Rintik Hujan Di Sore Hari

Judul Puisi; Rintik yang Mengawai Pemandangan Indah

Jika kau berada di desa

Ketika gerimis ditengah lapangan

Sore hari yang menjadi kenangan

Langit memerah tanda yang indah


Inilah hari yang dilalui

Rintik hujan yang meriah

Di sore hari yang memancarkan Langit merah

Setelah rintik reda, terbayang dalam diam


Setiap musim berlalu, jalan lika-liku

Ada rintik ada wajah langir yang cerah

Ada lelah ada semangat yang membara

Harapan harapan selalu ada dalam hidup


KESIMPULAN DAN PENUTUP 

Saya harap melalui tips dan trik dan penjelasan saya, dapat memberikan Anda pengertian tentang cara membuat puisi anak sd. Kesimpulannya, membuat puisi itu gampang untuk dapat menentukan ide, karena semua hal yang ada disekiling kita, dapat  kita puisikan.

Semua tips dan trik di atas, adalah hal-hal yang saya lakukan ketika saya membuat puisi. Mungkin ada beberapa sumber,  tetapi tetaplah kita  harus menambah jam tayang atau memperbanyak waktu untuk menulis puisi, jika ingin mahir menulis.

Baca Juga:

Terimkasih telah bersama saya di blog pribadi saya ini, jangan lupa untuk kembali lagi. Karena akan selalu ada puisi-puisi keren, pantun dan karya sastra lainnya yang akan saya muat di blog ini. Terlebih lagi akan selalu ada banyak informasi lainnya yang dapat Anda baca di blog saya ini.

Selamat menikmati hari Anda salam saya Admin tunggal TAKAK SEHATI, Salam persastraan Indonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Puisi Untuk Anak SD Berserta Contoh Puisinya"