Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Tidak Bosan Menjalani Hidup

Cara Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh

Selamat datang di blog takaksehat.com, pada kesempatan menulis artikel kali ini saya berbagi untuk Anda cara menghilangkan rasa bosan dan jenuh di dalam diri.

Karena pada poin yang membahas menghilangkan kebosanan dengan cara berpikir secara kognitif, maka artikel ini akan sangat menarik. Saya menjabarkan sedikit tentang mambaca dan menulis. 

Padahal dalam poin berpikir sendiri ada beberapa aktifitas fisik, hal itu melibatkan pikiran sehingga menghasilkan kehidupan yang bermakna dan tidak mudah bosan.

Pada bagian artikel yang menginspirasi kali ini, saya akan menjabarkan semua poin setuntas mungkin.

Kebosanan jika kita tidak secara sungguh-sungguh diatasi, bosan itu dapat berakar dalam diri dan hal itu bisa menjadi gaya hidup. Bukan hal yang indah, ketika ditanya apa gaya hidupmu? Lalu dijawab, “gaya hidupku bosan.” 

Kehidupan yang membosankan tidak lain, semua itu berakar dari kehidupan yang tidak produktif, tapi bisa juga karena terlalu lelah bekerja. Jika Anda lelah bekerja lalu merasa bosan. Cara tebaik mengatasinya adalah beristirahat dan bisa juga melihat pemandangan alam berlibur. 

Yang menjadi masalahnya adalah kebosanan, akibat dari kemalasan yang mengakar dalam diri. Kobosanan yang bahkan sudah hampir menjadi gaya hidup.

Hal ini bahkan dapat dikatakan jika seseorang yang mengalaminya tidak mau merubah pola hidupnya dan keluar untuk mengambil tantangan. Maka akan sulit untuk bisa keluar dari zona kebosanan karena kehidupan yang bermalas-malasan.

Poin-poin dibawah ini benar-benar dapat membawa kehidupan Anda menjadi lebih produktif jika Anda mampu menerima rasa sakit akibat dari mempraktikkannya.

Meskipun jika Anda sama seperti saya dulu, tidak pernah dilatih disiplin, tidak mengerti apa itu produktif, dan hal-hal lain yang itu memberikan keuntungan bagi diri maka. 

Anda akan merasakan rasa sakit, meskipun aktifitas ini sederhana. Tapi seiring berjalannya waktu saya sekarang semakin menikmati kehidupan yang teratur.

Cara Menghilangkan Rasa Bosan dan Jenuh 

Psikologi Kognitif

Sebelum kita masuk pada penjabaran untuk kita bisa tidak bosan, kita harus mengerti Psikologi Kepribadian Kognitif. Hal ini akan mempunyai hubungan erat dengan 

  • Membaca
  • Menulis
  • Berolahraga
  • Menonton
  • Merapikan rumah
  • Beristirahat

Karena setiap hal yang akan kita lakukan, kita harus  mengerti sedikit tentang diri kita, dan kita harus benar-benar sadar apa yang ada dalam pikiran kita, mempengaruhi setiap hal yang kita lakukan. 

Psikologi kognitif sendiri merupakan usaha agar peserta didik dan juga pekerja bahkan masyarakat pada umumnya dapat tertolong dalam hal menghadapapi kehidupan. Dalam hal ini melalui berpikir cerdas dan melakukan semua pemikiran itu melalui kehidupan sehari-hari.

Jika pikiran Anda terganggu akibat dari rasa bosan yang tanpa arah, maka kehidupan yang dijalani akan sangat kacau dan memberikan efek bahkan kepada kesehatan fisik. 

Maka pada dasarnya apa yang artikel saya ini jelaskan merupakan suatu usaha untuk memperbaiki pola pikir agar lebih baik lagi, sehingga kebosanan itu tidak merusak hari Anda dan tidak merusak kehidupan Anda bersama kekasih mungkin, sahabat mungkin, keluarga mungkin, dan Pendidikan atau pekerjaan Anda. 

1. Membaca

Membaca buku bukanlah hal yang mudah, jika aktifitas yang satu ini tidak dibiasakan sejak kecil. Namun pada umur kita yang sudah menginjak kepala dua mungkin atau Anda sudah 30th keatas, bukanlah waktu yang terlambat jika Anda memulainya sejak sekarang.

Membaca dapat mengaktifkan otak Anda sehingga Anda berpikir, Anda dapat menjadi pribadi yang lebih percaya diri. Karena pengetahuan yang Anda dapatkan ketika membaca. 

Bahkan ketika Anda rajin membaca Anda dapat menemukan siapa diri Anda dalam suatu bacaan. Banyak hal lagi yang dapat Anda rasakan ketika Anda rajin membaca.

Tentunya aktifitas yang satu ini tidaklah membosankan, ketika Anda sudah mempunyai pola kehidupan yang mengkonsumsi buku dalam sehari itu suatu keharusan sama seperti makan dan minum. Dengan cara membaca buku setiap hari.

Maka jika Anda saat ini tidak ada gaya hidup membaca, mulailah dari sekarang untuk membaca, jangan ditunda. Latihlah diri Anda, saya membutuhkan waktu satu tahun sehingga saya benar-benar menjadi pecinta literasi seperti hari ini, bahkan saya rasa saya harus  melatih diri saya sampai tua nanti untuk tetapi mencintai buku.

2. Menulis

Tidak bisa dipunkiri ada berjuta manfaat dari menulis, dan begitu sering kita terjebak dalam kondisi yang membosankan padahal hanya dengan menulis apa saja isi kepala Anda dan apa yang Anda pikirkan. 

Hal ini akan dengan mudah mengubah pola pikir Anda dari yang bosan menjadi merenungkan hal positif yang harus Anda lakukan agar kehidupan bermakna dan bahagia.

Ketika saya sedang bosan saya biasanya memikirkan sebuah kalimat bijak lalu saya menuliskannya dan memikirkan kalimat tersebut yang telah saya tulis sendiri. Dengan begini otak saya aktif karena berpikir.

Salah satu kalimat yang pernah saya buat, “Kesakitan, kesukaran bukanlah musuh yang harus kita hindari justru kenyamanan, ketentraman adalah musuh yang akan selalu membawa kita kepada penderitaan hidup karena tidak adanya latihan dalam kehidupan. Kesukaran, kesakitan adalah sahabat baik yang akan selalu melatih kita untuk menjadi lebih hebat.

Mulailah sobat! Jangan tunda, jangan sampai kebosanan menjadi gaya hidupmu dan pikiranmu menjadi tumpul setumpul papan.

3. Berolahraga

Selain membuat tubuh lebih bugar, lebih sehat, menurunkan darah tinggi dan gula darah yang merupakan penyebab kematian yang cukup banyak kasusnya di Indonesia. Olahraga tentunya mengaktifkan otak Anda untuk berpikir saat lelah.

Berolahraga juga meningkatkan percaya diri, memberikan kita kehidupan yang mempunyai tingkat kebahagiaan yang diatas rata-rata orang yang tidak suka berolahraga. 

Cobalah Anda perhatikan setiap atlit, orang-orang yang mempunyai aktifitas berolahraga pasti mereka adalah orang-orang yang memiliki semangat hidup dan senyum mereka memancarkan kebahagiaan dari dalam jiwa yang bersuka.

Tentunya olahraga bukanlah hanya aktifitas untuk menghilangkan rasa bosan saja tetapi juga akan mejadikan kehidupan ini terasa lebih indah, dan menjadikan diri kita lebih optimis. 

Maka latihlah diri Anda mulailah berolahraga secara rutin satu minggu 8 jam saya anjurkan. Bahkan 8 jam terlalu sedikit jika olahraga yang Anda tekuni itu adalah olahraga lari Anda pasti akan sangat menyukai olahraga lari seperti saya saat ini.

4. Menonton

Menonton pada bagian ini bukanlah menonton yang hanya sekedar menjadi hiburan. Tetapi menonton yang saya maksud adalah menonton dengan seni. Mampu melihat sebuah realita kehidupan dalam sebuah hiburan atau tontonan. 

Hal ini begitu menyenangkan karena bukan hanya sebuah aktifitas agar tidak bosan tetapi aktifitas yang bermanfaat untuk otak kita tetap aktif dan berpikir. Terutama menonton video di youtube.

Satu hal ketika saya menonton video di Youtube, jika konten tersebut mampu menarik perhatian saya. Maka saya akan selalu berpikir, bagaimana mungkin ia dapat membuat konten yang bagus seperti itu.

Hal ini membuat saya bepikir, jadi ketika otak saya aktif saya tidak akan bosan karena dalam diamnya saya ada aktifitas yang sedang saya lakukan begitulah cara kerja otak kita sahabat. Terutama ketika video-video inspirasi, motivasi, pembelajaran sikologi, filsafat dan masih banyak lagi.

5. Merapikan rumah

Pada waktu senggang, saat bosan datang, tidak tahu apa yang harus diperbuat. Kehidupan rasanya tidak menyenangkan. Ingin rasanya berteriak, cobalah lihat sekelilingmu lihat rumahmu apakah sudah rapi.

Selain merapikannya agar Anda tidak bosan dengan suasana rumah yang seperti-seperti itu saja, Anda bisa saja mendekor rumah Anda. Dan semua aktifitas merapikan rumah ini pasti menggunakan otak Anda, hal ini juga melatih kehidupan yang sehat.

Karena debu, toilet yang licin, dan banyak hal lain yang kotor di rumah. Merupakan sember dari berbagai kuman yang dapat menyebabkan penyakit. Jadi lawanlah rasa bosan dangan beraktifitas dan aktifitas itu bermanfaat. 

6. Beristirahat

Jika Anda lelah, saya rasa waktunya untuk Anda beristirahat. Memang akan sangat membosankan jika bekerja dan  terus bekerja.

Ketika kita beristirahat, sebenarnya kita sedang memberikan kekuatan baru bagi diri. Semua hal yang masuk kedalam pikiran kita akan diolah dengan baik dan tersimpan ketika kita beristirahat. Pemulihan sel terjadi ketika kita tidur. Tubuh yang lelah akan segar kembali dan siap untuk kita bawa berpikir.

Secara sikologi diri kita akan selalu mencari yang terbaik baginya, maka lakukan hal yang produktif meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa setiap hal yang kita lakukan walau itu baik akan memberikan dampak yang cukup melelahkan di awal.

Baca Juga:

Ketika diri kita sudah terbiasa, mendisiplinkan diri untuk terus maju dan belajar. Maka percayalah rasa bosan. Dalam diri akan hilang dengan sendirinya. Karena hidup ini sebenarnya menyenangkan dengan segala rasa sakitnya.

Demikianlah Tips sederhana dari saya tentang menghilangkan rasa bosa dan jenuh, nikmatilah hidup Anda. Bukan sembarang menikmati tapi kita memerlukan yang namanya latihan untuk dapat menikmati semua itu, nikmati harimu selamat mencoba hal baru dan hancurkanlah kebosanan dalam diri. Saya taka sehat semoga bermanfaat dahhhhhh

Posting Komentar untuk "Cara Agar Tidak Bosan Menjalani Hidup"