Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat Masuk Jurusan Psikologi Lengkap Perlu Kamu Persiapkan

 Sudah satu tahun ini, saya memperhatikan kalau jurusan Psikologi ternyata banyak peminatnya. Termasuk saya, maka dari itu saya mulai mempelajari buku-buku Psikologi. Dan hal-hal penting tentang bagaimana syarat untuk bisa masuk kuliah Psikologi.

Melalui artikel sederhana ini, saya ingin berbagi beberapa poin penting tentang syarat-syarat Lengkap untuk masuk kuliah Jurusan Psikologi. 

Memang tidak jauh beda dengan jurusan lainnya, hal utama yang diperlukan Anda lulus SMA atau SMK, tapi saya akan menjelaskan hal-hal yang lebih spesifik. Sampai ke gambaran masa depan Anda setelah menyelesaikan kuliah Psikologi.

Baiklah tanpa berlama-lama di pembuakaan artikel, mari kita masuk ke poin-poin yang menjadi syarat untuk dapat kuliah jurusan Psikologi.

Syarat Masuk Jurusan Psikologi Lengkap Perlu Kamu Persiapkan

1. Pengertian jurusan Psikologi

Pengertian Psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Sehingga kalau digabungkan dengan kata jurusan, kita tahu bahawa jurusan dalam dunia perkuliahan memiliki pengertian menspesifikasikan hal-hal yang harus dipelajari di dalam kegiatan perkuliahan.

Maka didapatkan pengertian jurusan Psikologi adalah perkuliahan yang secara spesifik mempelajari tentang tingkah laku manusia. Maka dari itu ketika Anda mengetahui hal ini, Anda harus mempersiapkan mental Anda. Karena hal yang dipelajari adalah manusia, jadi pada poin yang kedua saya akan menjelaskan mental seperti apa yang saya maksudkan. 

2. Pesiapankan mental untuk masuk jurusan Psikologi

a. Temukan informasi tentang psikologi

Sangat tepat saat ini, Anda berkunjung ke blog ini, karena disini selain ada Inspirasi. Akan selalu ada Informasi-informasi terupdate. KEMBALI KE TOPIK, Keyakinan Anda untuk masuk jurusan psikologi,  ditandai dengan Anda usaha Anda mencari  setiap informasi lengkap tentang psikologi itu sendiri. 

Maka carilah sebanyak-banyak mungkin informasi tentang psikologi, sehingga Anda memiliki gambaran yang cukup luas ketika masuk kuliah nanti. Mencari informasi, merupakan dasar atau langkah awal persiapan mental Anda untuk perjalanan yang lebih jauh lagi.  

b. Ketetapan hati

Ketetapan hati yang mantap dan keyakinan yang kuat. Merupakan kunci dari kesiapan diri untuk menempuh pendidikan. Dalam konteks ini mengambil jurusan Psikologi, Anda dapat memikirkan kembali apakah Anda sudah mantap atau benar-benar berkeyakinan. 

Jika memang keyakinan Anda mantap. Maka mental Anda sudah siap menerima semua tantangan yang akan dihadapi ketika menjadi mahasiswa Psikologi nantinya.

C. Percaya diri

Kepercayaan diri disini, lebih ke bagaimana Anda nantinya dapat bergaul. Banyak bertanya kepada dosen dan terus belajar ketika menjadi seorang mahasiswa. Ketika Anda memiliki kepercayaan diri, Anda juga akan dengan mudah mendapatkan teman nantinya.

Dalam proses belajar mengajar dan Anda akan lebih fokus. Dari kefokusan inilah Anda dapat dengan mudah menyerap setiap pembelajaran yang disampaikan kepada Anda. 

Dalam Psikologi, kita dituntut untuk mampu berinteraksi dengan banyak orang. Kita harus mampu mengenal setiap orang, yang memiliki berbagai macam sifat.

d. Berpikir terbuka

Pada poin yang ketiga saya akan menuliskan mata kuliah yang akan Anda pelajari selama menjadi Mahasiswa Psikologi. Maka dari  itu, ada beberapa mata kuliah yang sangat memerlukan pemikiran yang terbuka dan tajam untuk melihat setiap persoalan dari berbagai sudut pandang.

Anda harus dari sekarang melatih diri, banyak-banyaklah membaca buku. Karena dengan demikian Anda akan mempertajam dan membukakan cara berpikir Anda, terutama dalam bidang kepribadian manusia yang memiliki keberagaman.

e. Doa restu dari keluarga

Tidak ada yang lebih penting, selain restu orang tua dan keluarga. Baiklah dengan rendah hati kita berdoa bersama. Meminta tuntunan TUHAN, dalam doa keluarga merupakan kekuatan untuk bisa mempersiapkan mental Anda yang akan memulai kehidupan yang baru dalam dunia perkuliahan.

Saya juga berdoa, agar mental Anda siap, berkuliah dengan tekun. Pesan saya banyak-banyaklah baca buku. Hubungi orang tua Anda dan berdoalah bersama.

Salanjutnya kita akan masuk pada syarat dari mata kuliah dan ada juga dua mata pelajaran yang harus Anda kuasai sebagai mahasiswa Psikologi.

3. Mata Kuliah Jurusan Psikologi

Biologi dan Matematika untuk kedua mata pelajaran ini,  saya rasa mungkin Anda tidak menyangka. Jika harus berhadapan dengan keduanya. Pelajaran Biologi yang akan dipelajari dalam Psikologi, bersangkutan dengan sisten saraf  tubuh dan bagaimana itu mempenagruhi tindakan dan lain-lain.

Pelajaran matematika dalam Psikologi Anda akan mempelajari tentang statistika, bagaimana Anda melaksanakan penelitian. Anda akan mendapatkanya Mata Kuliah Lainya

  • Filsafat
  • Statiska
  • Psikologi kepribadian
  • Psikologi klinis
  • Psikologi perkembangan
  • Biopsikologi
  • Psikometri
  • Kontruksi Alat Ukur Psikologi

4. Pekerjaan lulusan jurusan Psikologi

Selanjutnya, marilah kita sedikit merenungkan untuk mengetahui. Pekerjaan apa saja nantinya yang menanti seorang yang mengambil jurusan Psikologi. Untuk poin yang satu ini sebenarnya memperlengkapi poin sebelumnya tentang KESIAPAN MENTAL.

Saya percaya, dengan adanya pengetahuan akan masa yang akan datang. Untuk setiap pekerjaan yang akan Anda lakukan setelah menyelesaikan kuliah. 

Semakin memberikan semangat untuk tetap belajar dan masuk perkuliahan jurusan Psikologi. Berikut beberapa pekerjaan yang dapat Anda kerjakan ketika Anda mampu menyelesaikan study Psikologi.

a. Dosen Psikologi

Jika Anda masih ingin belajar, maka pekerjaan yang satu ini cocok untuk Anda. karena untuk menjadi dosen Anda harus study lanjut dan mendapatkan gelar S2.

b. HRD Perusahaan

Setiap perusahaan sangat membutuhkan HRD, maka dari itu ini merupakan kesempatan yang baik untuk Anda.

c. Konselor

Untuk menjadi konselor, Anda akan bekerja secara langsung tanpa adanya naungan dari organisasi sama seperti freelance. Jika Anda suka mendengar orang lain dan suka untuk mencari jalan keluar dari sebuah permasalahan. Maka pekerjaan yang satu ini cocok untuk Anda sebagai serjana Psikologi.

d. Trapis anak bekebutuhan khusus

Untuk pekerjaan yang satu ini, Anda memiliki tugas untuk mengamati bahkan menolong perkembangan seorang anak yang berkebutuhan khusu.

e. Guru sekolah kepribadian

Biasanya pekerjaan yang satu ini dilakukan sebelum Anda menyelesaikan S2, sembari menunggu menyelesaikan S2. Maka Anda bekerja dan terus memperlengkapi diri untuk dapat menjadi seorang Psikolog sesesungguhnya.

f. Research and Development (RND)

Pekerjaan yang satu ini, menuntut Anda untuk mengetahui kepuasan dari tingkah laku dari pengguna suatu produk. Jika dihubungkan dengan pelajaran Matematika. Maka pekerjaan ini dibutuhkan datang penelitaan dan statistic. 

Baca Juga: Pengertian magasiswa menurut para ahlinya

Untuk melihat kepuasan dan ketidakpuasan seorang kunsumen terhadap suatu produk. Sehingga diketahui, apakah produk yang akan dipasarkan harus diperbaiki ataukah dipertahankan kualitasnya.

g. Trainner

Kalau pekerjaan yang satu ini, Anda menjadi motivator untuk orang-orang yang akan bekerja. Biasanya pekerjaan yang satu ini dibayat sesuai dengan jam ia berbicara atau jam kelas. biasanya yang dimotivasi atau pengembangan diri adalah organisasi, maupun kelompok-kelompok tertentu.

Baca Juga:

Demikianlah informasi dari saya tentang bagaimana Anda dapat bekerja diberbagai bidang yang bersangkutan dengan Psikologi. Tetap semangat, kiranya melalui artikel ini, Anda semakin percaya diri. Mental Anda semakin diteguhkan. Berikutnya beberapa kamupus yang memiliki jurusan Psikologi.

5. Kampus-kampus terkenal jurusan Psikologi

Untuk memperlengkapi Anda sebagai seorang anak muda yang ingin masuk kuliah jurusan Psikologi maka saya berikan beberapan informasi tentang kampus-kampus yang ada jurusan Psikologinya. Anda dapat mencari informasinya di link-link resmi dari kampus-kampus yang saya tulis di bawah ini.

  • Universitas Sanata Dharma (USD)
  • Universitas Muhammadiyah Malang
  • Universitas Islam Indonesia (UII)
  • Universitas Gadjah Mada (UGM)
  • Universitas Gunadarma
  • Universitas Persada YAI
  • Universitas Indonesia (UI) 
  • Universitas Airlangga (UNAIR)
  • Universitas Padjadjaran (UNPAD)

Selanjutnya berapa Kampus swasta jurusan Psikologi;

  • Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta
  • Universitas Gunadarma
  • Universita Sanata Dharma Yogyakarta
  • Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)
  • Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Universitas Islam Indonesia Yogyakarta

6. PENUTUP 

Demikianlah Syarat Langkap Masuk Jurusan Psikologi, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Tetap semangat untuk kamu yang ingin menjadi Mahasiswa baru jangan lupa pesan saya untuk banyak-banyaklah baca buku, untuk membuka wawasan dan mempertajam pemikiran, Terimaksih.

Posting Komentar untuk "Syarat Masuk Jurusan Psikologi Lengkap Perlu Kamu Persiapkan"