Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Dasar Negara Uraikan, Manfaat, Akibat, dan Pancasila Dasar Negara Indonesia

Setiap kita sudah bisa dipastikan sedang berada di dalam suatu negara, atau seorang warga nagara. Maka dari itu sebagai seorang warga negara yang baik dan berbudi luhur, seharusnya kita dapat mengetahui dasar dari negara. 

Bahkan tahu persis pengertian dari dasar negara. Kita harus dapat menguraikan pengertian dasar negara. Dasar negara Indonesia adalah Pancasila, untuk lebih jauhnya mari kita bersama-sama mengetahui dasar negara dan hal-hal lain yang perlu diketahui berkaitan dengan dasar negara Indonesia.

Pengertian Dasar Negara Uraikan, Manfaat, Akibat, dan Pancasila Dasar Negara Indonesia

Pengertian Dasar Negara Uraikan, Manfaat, Akibat, dan Pancasila Dasar Negara Indonesia

1. Pengertian Dasar Negara 

Suatu bangsa dapat berdiri, memiliki persyaratan yaitu memiliki wilayah dan diakui oleh bangsa-bansa lain. Sehingga dapat dikatakan sebagai suatu negara. Bukan hanya itu, ada hal yang sangat penting yang harus ada di dalam suatu negara/bangsa, yaitu “dasar negara”

Pegertian Dasar, dasarnegara adalah pondasi kehidupan bernegara berbangsa, yang mengatur kehidupan bermasyarakat dalam suatu negara. Filsafat negara yang menjadi sumber dari tata tertip berbangsa dan bernegara. Sehingga kehidupan berbangsa dan bernegara dapat memiliki kemajuan bersama dalam segala bidang. 

Baik itu ekonomi, politik, dan kemajuan teknologi. Kehidupan yang berlandaskan aturan yang berkuasa di suatu negara dan mampu mengatur tatanan negara baik pemerintah dan masyarakat, orang-orang yang ada di dalam negara tersebut dapat saling melengkapi untuk kemajuan bersama. Oleh karena adanya dasar negara yang dipatuhi bersama.

Pentingnya suatu dasar negara bagi suatu negara, karena dasar negara menjadi sumber motivasi, inspirasi kesatuan masyarakat. Dasar negara menjadi acuan dalam hal Menyusun konstitusi suatu negara.

Selanjutnya mari kita perhatikan pengertian dasar berdasarkan asal kata, dasar negara menurut para ahli. Dan hal-hal lain yang bersangkutan dengan dasar negara.

2. Pengertian Dasar Negara secara Etimologi

Dasar negara terdiri dari dua kata, yaitu “DASAR” dan “NEGARA,” dimana dasar adalah sesuatu yang bersifat utama, landasan, hakikat dan pondasi. Dasar adalah sesuatu acuan dan sangatlag penting.

Negara adalah organisasi yang berkuasa di suatu wilayah yang terdiri dari masyarakat/rakyat, pemerintah dan ibu kota negara tersebut dan masih banyak lagi komponen di dalam negara tersebut.

Jika pengertian di atas berdasarkan apa yang saya pikirkan. Maka mari kita mengerti kedua bahasa yaitu “dasar” dan “negara” dari pemahaman KBBI.

  • Fondasi.
  • Mendasar/men·da·sar/
  • Mendasari/men·da·sari/ 

Saya suka mengambil kata itu dengan imbuhan “men” dan “men-I” yang memilki arti aktif atau kata kerja. Jadi sebuah negara harus mendasari atan mendasar pada sesuatu. Jika kita kembali ke negara kita maka kita tahu bahwa Indonesia mendasari dirinya pada Pancasila.

Negara menurut KBBI adalah Negara/ne·ga·ra/ n 1 organisasi dalam suatu wilayah yang mempunyai kekuasaan tertinggi yang sah dan ditaati oleh rakyat; 2 kelompok sosial yang menduduki wilayah atau daerah tertentu yang diorganisasi di bawah lembaga politik dan pemerintah yang efektif, mempunyai kesatuan politik, berdaulat sehingga berhak menentukan tujuan nasionalnya

3. Pengertian Dasar Negara Berdasarkan Pendapat Para Ahli 

A. Dasar negara menurut Kart Mark

Menurut Kart Mark, dasar negara adalah suatu peringkat yang memiliki kekuasaan dalam menjalankan suatu ekploitasi atau menindasan kepada kelas yang lain.

B. Dasar negara menurut J. J. Rousseau

Menurut J.J. Rousseau dasar negara merupakan suatu alat yang mempunyai fungsi dalam menjaga setiap setiap kemerdekaan individu dan ketertiban dalam rakyat negara.

C. Dasar negara menurut George Jellinek

Dasar Negara berdasarkan pendapat dari George Jellinek adalah sebuah organisasi dengan kekuasan suatu kelompok orang yang bertempat di suatu wilayah tertentu.

D. Dasar negara menurut  Robert M. Mac. Iver

Robert M. Mac. Iver berpendapat bahwa dasar negara adalah bentuk asosiasi yang mempunyai peran dalam melindungi atau menjaga ketertiban bermasyarakat sesuai dengan sistem hukum yang berlaku & dijalankan pemerintah yang berkuasa memberi tekanan maupun memaksa.

4. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia

Pancasila merupakan dasar negara Indonesia, memiliki kedudukan tertinggi untuk mengatur tata kenegaraan di Indonesia. Hal ini memberikan kepada kita pengertian bahwa Pancasila merupakan dasar dari filsafat Indonesia. 

Dasar negara adalah pondasi negara Indonesia atau pedoman untuk mengatur tingkah laku dalam bernegara dan bermasyarakat, sehingga dihasilkannya negara yang tertata meskipun berbeda-beda tetapi tetap satu.

  • Berikut ini fungsi dari Pancasila sebagai dasar negara kita Indonesia;
  • Pancasila adalah pedoman kehidupan berbangsa
  • Pancasila sebagai jiwa dari negara atau bangsa
  • Pancasila dasar dari hukum yang diciptakan
  • Pancasila adalah cita-cita bangsa atau tujuan dari tebentuknya negara Indonesia

5. Manfaat dasar negara

Suatu negara memiliki cara pandang, yang spesifik untuk hidup berbangsa dan bernegara.

Suatu negara memiliki tujuan yang jelas, karena adanya dasar yang menjadi patokan suatu negara untuk dapat mencapai tujuan bersama.

Masyarakat memiliki pedoman hidup yang jelas, ketika ia harus menjadi warna negara dan bernegara dengan melihat kepada dasar negara.

Dasar negara menjadi alat menyatukan perbedaan yang ada di dalam suatu negara.

6. Fungsi dari dasar negara

Sebuah negara harus memiliki dasar negara, sebagai contoh Indonesia berdasarkan Pancasilah atau mendasarkan negaranya pada Pancasila. Maka dari itu Pancasila memiliki fungsi-fungsi sebagai berikut sebagai dasar negara Indonesia;

A. Dasar negara berfungsi sebagai patokan dari pengelolaan negara yang terkait, sehingga negara tersebut dapat berdiri tegak atas dasar negara yang dimiliki.

B. Setiap negara memiliki hukum yang berlaku, maka dari itu setiap hukum yang akan diciptakan haruslah berdasarkan atau berlandaskan dasar negara. Contohnya Indonesia memiliki dasar negara yaitu Pancasila, jadi setiap hukum UUD haruslah berdasarkan Pancasila.

C. Semua kegiatan, semua tujuan yang diselenggarakan oleh pemerintah memiliki tujuan nasional untuk kepentingan bersama. Maka setiap penyelenggaraan kegiatan ini haruslah berdasarkan dasar negara yang dianut oleh negara tersebut.

D. Dasar negara adalah patokan untuk pergaulan anatar masyarakat yang ada di negara tersebut. Bukan hanya yang ada di dalam negeri, tetapi juga yang ada di luar negeri maupun dengan warga negara asing diseluruh dunia. Maka dasar negara adalah acuan dari setiap pergaulan yang menjadi aktifitas setiap warga negara.

E. Setiap warga negara haruslah berpedoman kepada dasar negara, warga negara memiliki dasar untuk berpartisipasi untuk menjalankan hal dan kewajibannya sebagai warga negara di mana warga tersebut berada.

7. Dampak Buruk dari ketiadaan Dasar Negara

Dasar negara adalah jati diri suatu bangsa, suatu bangsa akan memiliki kebanggaan dan tujuan, bahkan kehidupan yang teratur oleh karena adanya dasar negara. Jati diri negara, berarti ciri dari negara tersebut atau di mana negara tersebut dapat dikenal oleh negara lain. Karena ia memiliki dasar negara yang adalah jati diri.

Oleh sebab itu, suatu hal yang menyedihkan, bahkan tidak ada dampak baik yang dapat dihasilkan dari suatu bangsa yang tidak memiliki dasar negara. Hanya ada dampak buruk, bagi negara tersebut tidak memiliki dasar negara.

Baca Juga: Pengertian psikologi bisnis

Suatu bangsa akan menjadi bangsa tanpa jati diri, tanpa tujuan. Begitu mudah mengalami kekacauan dan tidak ada hukum yang menjadi pembatas atau menjadi dasar untuk dapat berpedoman membentuk suatu bangsa. Tujuan bangsa tersebut, tidak jelas dan pastinya akan begitu mudah dijajah oleh bangsa lain.

8. PENUTUP

Demikanlah artikel dari saya, tentang pengertian dasar negara uraikan, semoga dapat bermanfaat untuk Anda dan dapat menjawab pertanyaan yang diajukan, tentang dasar negara Indonesia. Dasar negara yang adalah pedoman suatu bangsa.

Dimana dasar negara kita Indonesia adalah Pencasila.

Berikut ini untuk menutup artikel ini, saya menuliskan dasar negata kita yaitu Pancasila;

Dasar negara indonesia adalah Pancasila dan UUD 1945.

1. Ketuhanan yang Maha Esa

2. Kemanusiaan yang adil dan beradab

3. Persatuan Indonesia

4. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

5. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Baca Juga: Pengertian pendidikan hakikat manusia

Salam hangat dari saya untuk Anda, selamat menikmati hari Anda, salam satu bangsa dan satu dasar negara Indonesia.

Posting Komentar untuk "Pengertian Dasar Negara Uraikan, Manfaat, Akibat, dan Pancasila Dasar Negara Indonesia"