Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menghitung Persen Dengan Baik dan Benar

Cara Menghitung Persen Dengan Baik dan Benar

Cara Menghitung Persen Dengan Baik dan Benar

Berbicara mengenai persen, pasti tidak pernah lepas dari yang namanya pembelajaran matematika / bisnis. Mengingat simbol tersebut memengaruhi harga suatu barang / produk. Untuk memahaminya, cara menghitung persen akan membantu Anda paham terkait cara menghitungnya dengan benar.

1. Apa Itu Persen?

Perhitungan persen merupakan sebuah angka maupun perbandingan rasio, tujuannya adalah untuk dapat menyatakan pecahan dari 100 yang disimbolkan dengan simbol %. Persentase tersebut adalah bagian dari keseluruhan atau apa pun yang dinyatakan per seratus. Namun, ada pendapat lain.

Pendapat lain mengatakan, bahwa persen ini sebuah cara mengekspresikan angka ke dalam bagian dari keseluruhan. Di mana keseluruhannya selalu tertulis dengan 100%. Persen sendiri juga akan sangat membantu, bagi pengusaha / pebisnis. Itu karena mereka bisa menghitung untung ruginya.

Persen ini juga memiliki kaitan erat dengan beberapa tingkatan bisnis, misalnya saja adanya diskon atau potongan harga pada suatu tempat perbelanjaan. Biasanya mereka akan memberikan dengan simbol % di bagian belakang angka diskonnya. Pembeli bisa hitung berapa jumlah harga totalnya.

Bagaimana Cara Menghitung Persen Secara Keseluruhan Dengan Mudah?

Salah satu contoh yang bisa Anda perhatikan, misal ada botol berisi 1199 mainan kecil serta 485 bola kecil. Jadi, total semuanya dalam botol adalah 1684. Dari jumlah 1684 tersebut, sama saja dengan nilai 100%. Lalu berapa nilai persennya dari 485 bola kecil tadi? Ikuti cara mengitungnya berikut ini.

Letakkan nilai 485 bola kecil dengan 1684

Tulis ke bentuk Pecahan, seperti 485 / 1684

Lalu bagi kedua Angkanya ke bentuk Desimal

Seperti contoh, 485 / 1684 = 0,288

Kemudian, ubahlah Desimal ke bentuk Persen 

Caranya Alihkan 100, yaitu 0,288 x 100 = 28,8

Setelah itu, Tambahkan tanda Persen di belakangnya

Bisa juga pindahkan Koma ke Kanan 2x

Jadi, hasilnya 0,288 menjadi 28,8%

3. Cara Menghitung Persen atau Mengubah Bentuk Persennya Lebih Mudah 

Menghitung persen masih ada cara lain, seperti biasa agar Anda bisa lebih memahami. Lebih baik belajar dari contoh soal. Misalnya, pihak A meminjam uang ke teman dengan bunga. Jumlah pinjamannya 20.000 rupiah. Sedangkan bunganya sebesar 3%, berapa nilai bunganya? 

Ubahlah bentuk Persen jadi Desimal

Jadi, seperti 3 / 100 = 0,03

Setelah itu, kalikan jumlah Desimalnya 0,03 x 20.000 =  600

Nilai Bunga menjadi 600 rupiah

Total Uang yang harus dikembalikan 20.000 + 600 = 20.600

4. Cara Menghitung Persen Pada Potongan Harga / Diskon Suatu Barang Belanjaan

Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan diskon atau potongan harga ini bukan? Biasanya tertera angka dan simbol %. Cara menghitungnya mudah, misalnya saja harga baju sekitar 200.000. Lalu pihak pusat perbelanjaan tersebut memberikan diskon sekitar 70%. Berapa yang harus dibayarkan?

Ubah Persennya jadi Desimal, 70 / 100 = 0,70

Kalikan bentuk Desimal dengan harga Baju

Bentuknya jadi, 0,70 x 200.000 = 140.000

Nilai / Diskon yang Anda dapat 140.000 rupiah

Harga yang harus dibayar, 200.000-140.000 = 60.000

Total harga Baju setelah Diskon, 60.000 rupiah

5. Pengaplikasian Persen Dalam Kehidupan Sehari – Hari 

Dari beberapa cara menghitung persen di atas, Anda bisa mempelajarinya untuk dapat mengaplikasikannya secara langsung di dalam kehidupan sehari – hari. Seperti misalnya saja saat berbelanja dan mendapatkan diskon, menghitung nilai pajak, pinjaman dan lain – lain.

Dengan mempelajari cara menghitung persen dengan bentuk soal, akan lebih mudah memahami karena sudah termasuk dalam rentetan kehidupan sehari – hari. Misalnya menghitung harga bayar sata mendapatkan diskon.

Tidak hanya itu saja, dengan mengetahui cara menghitung persen. Secara tidak langsung, Anda akan bisa menentukan strategi dalam penjualan produk atau barang secara baik dan benar. Jadi, saat pemberian diskon bisa memperkirakan kisaran total secara keseluruhan.

Baca Juga:

Dari beberapa penjelasan mengenai cara menghitung persen di atas, Anda bisa memahaminya satu per satu. Mengingat semua pembahasan tersebut seringkali ada pada kehidupan sehari – hari. Paling tidak bentuk Persen itu masih harus dihitung ke bentuk Desimal agar mudah menghitung.

Posting Komentar untuk "Cara Menghitung Persen Dengan Baik dan Benar"