Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini

Kanker seakan menjadi baying-bayang mengerikan bagi banyak orang. Bagaimana tidak, penelitian mengatakan orang dengan penyakit kanker di setiap daerah selalu mengalami peningkatan pada angkanya. 

Di Indonesia sendiri setiap tahun presentase jumlah penderita kanker selalu meningkat. Hal ini membuktikan bahwa pola hidup yang sehat serta pencegahan kanker yang harus dilakukan sejak dini perlu ditegaskan. 

Kanker tidak bisa dianggap sebagai hal yang sepele. Karena penyakit yang satu ini bahkan bisa menyerang manusia tanpa gejala awal. Maka dari itu semua orang dianjurkan untuk melakukan pencegahan terhadap penyakit kanker sejak dini.

Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini

Berikut cara-cara yang dapat dilakukan dan diterapkan untuk mencegah resiko terjadi kanker. 

1. Rutin berolahraga

Olah raga menjadi suatu keharusan bagi setiap orang untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Terbukti oleh penelitian, berolahraga memiliki beragam manfaat. Salah satunya yaitu mencegah dari berbagai macam penyakit. Untuk yang baru akan memulai untuk rutin berolahraga, cobalah untuk melakukan gerakan-gerakan ringan namun rutin tiap minggunya. Giatlah dan selalu konsisten, dua hal tersebut adalah kunci utamanya.

2. Mengonsumsi makanan-makanan yang menyehatkan

Makanan enak memang banyak, namun sudahkah kamu tahu apa benar makanan yang sering kamu makan setiap harinya termasuk makanan yang sehat? Sejak dini manusia memerlukan nutrisi yang cukup agar tidak mudah terserang penyakit di kemudian hari nantinya. Cobalah untung mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak nutrisi yang cukup untuk tubuh, contohnya sayuran hijau, buah-buahan, kacang-kacangan, maupun biji-bijian.

3. Katakan tidak pada narkoba dan rokok

Dua hal ini memang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Karena selain tidak baik, merokok dan memakai narkoba juga merupakan salah satu faktor resiko kanker menyerang tubuh manusia. Ketika orang merokok, otomatis dia juga akan mangisap asapnya, asap tersebut selain jahat bagi organ pernapasan namun juga sangat tidak baik bagi organ lain seperti tenggorongan, ginjal, mulut, dan banyak lagi.

Baca Juga:

Sama halnya dengan rokok, narkoba juga sangat berbahaya bagi tubuh. Menghindari narkoba tidak hanya menjauhkan dari dosa, namun juga menjauhkan dari penyakit kanker.

Posting Komentar untuk "Mencegah Penyakit Kanker Sejak Dini"