Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tes Psikologi Sifat Sehingga Dapat Mengenal Karakter Seseorang

Tes Psikologi sifat, sangatlah penting untuk mengenal seseorang lebih dalam. Terutama ketika kita ingin berteman dengan orang tersebut dan ingin mancari pasangan hidup. 

Kali ini, mari kita sama-sama belajar untuk dapat mengenal karakter seseorang, atau kepribadian seseorang. Sebelum kita bersahabat atau berteman lebih jauh lagi dengan orang tersebut.

Pada artikel kali ini, saya akan mengambil beberapa teori dan yang terpenting saya juga akan membagikan pengalaman pribadi saya bagaimana caranya saya dapat mengenal sifat seseorang hanya dengan sekali bertemu, tetapi untuk pengalaman ini tidak mutlak benar. 

Bahkan setiap teori yang saya sajikan, harus melalui pembuktian dari diri Anda sendiri yang ingin melakukan tes Psikologi sifat. Selamat mencoba dan selamat membaca artikel ini sampai selesai.

Cara Tes Psikologi Sifat Sehingga Dapat Mengenal Karakter Seseorang

Pengertian Tes Psikologi sifat

Tes Psikologi sifat adalah kegiatan yang dilakukan para ahli kepribadian. Untuk mengetahui sifat yang menjadi ciri khusus orang tersebut. Biasanya kegiatan pemeriksaan yang dilakukan para psikolog ini, memiliki objek yaitu anak kecil yang orang tuanya ingin anaknya diperiksa.

Berbeda dengan pengertian tes psikologi sifat yang akan dibahas di dalam artikel saya yaitu, dimana Anda dan saya. Belajar untuk menebak sifat seseorang dengan cara-cara tertentu. Ketika bertemu, ketika memulai hubungan yang baru saja di mulai. 

Baca Juga: Sejarah Psikologi Kognitif

Biasanya ada beberapa hal yang akan diperiksa oleh seorang psikolog untuk melakuka tes psikologi sifat;

  • Tes pencapaian dan kecerdasan kegiatan tes psikologi sifat di bidang intelektualitas dan fungsi kognitif dari seseorang anak yang telah dipercayakan orang tuanya untuk di tes. Tentunya menggunakan norma-norma yang telah ditentukan dan dipelajari oleh seorang psikolog tersebut.
  • Tes kecerdasan kegiatan tes ini jelas untuk melihat tingkat kecerdasan berpikir seseorang ana kata bisa juga "Intellegence Quotient (IQ)" tes yang termasuk dalam tes kecerdasan antara lain;
  • Tes neuropsikologi Tes yang dilakukan untuk melihat ukuran kemampuan kognitif seorang anak yang bisa saja mengalami kerusakan otak, cidera traumatic yang terjadi di dalam otak, memiliki masalah saraf. Semua ini dilakukan untuk pemindaian untuk anak-anak yang mentalnya terlambat dan masalah lainnya.
  • Tes Karir hal ini dilakukan, untuk melihat seberapa kuat minat seorang anak pada bidang tertentu. Sehingga ketika ia berkarir nanti, ia mampu memberikan yang terbaik dan melakukannya dengan penuh semangat untuk jenjang karirnya di masa dapan.
  • Tes keptibadian hal ini dilakukan untuk mengetahui prilaku seseorang anak, sehingga mengetahui emosinya dan sifatnya secara spesifik. Pada tes ini juga bertujuan agar kita  tahu kekuatan dan kelemahan pribadi anak tersebut, atau adanya gangguan emosi yang  harus diperbaiki.
  • Tes klinis tertentu, kalau tes yang satu ini memiliki tujuan untuk melihat ke dalam diri apakah ia memiliki masalah teknis tertentu sehingga dapat ditanggulangi, untuk tes ini biasanya dilakukan untuk orang-orang yang sudah bekerja dan berkeluarga tidak jarang juga anak-anak sekolah karena permasalahannya biasanya, seperti tinggi rendahnya tingkat depresi atau kegelisahaan yang berlebihan terhadap keadaan.

Untuk Melakukan tes psikologi sifat, berikut berapa hal yang harus kita ketahui.

1. Jenis kepribadian manusia

Setiap kita memiliki kepribadian yang berbeda-beda, untuk itu sangatlah penting, kita mengetahui setiap perbedaan ini secara spesifik. Berkut ini saya menuliskan beberapa jenis kepribadian manusia yang harus Anda ketahui sehingga untuk kelanjutannya kita dapat melakukan tes psikologi sifat dan mampu mendefinisikan seseorang tersebut termasuk jenis yang mana.

Sanguinis, ini merupakan orang-orang yang memiliki kepribadian atau sifat yang ceria dan periang. Mereka adalah orang-orang yang mudah bergaul. Orang-orang seperti ini sangat cocok untuk bekerja senagai sales dan Treveler

Plegmatis Adalah orang-orang yang netral dan tidak suka keramaian. Mereka merupakan seseorang yang tidak suka hal-hal yang rumit. Pendengar yang baik dan memiliki tingkat kesetiaan yang tinggi. Suka bergaul dan memiliki selera humor yang cukup tinggi. Mereka ini cocok untuk memiliki karir seperti psikolog dan guru dan perawat.

Koleris, mereka merupaka orang-orang yang dikenal cerdas dan menyukai kebebasan. Lebih suka melakukan segala sesuatu sendiri dan mengedepankan logika. Mereka orang-orang yang memiliki kemampuan berkeputusan yang baik. Maka dari itu  mereka biasanya dianggap sebagao orang-orang yang musah untuk sukses.

Mereka adalah orang-orang yang produktif dan menyukai hal-hal yang bisa mereka buat sendiri dan menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk diri dan orang lain. Orang-orang koleris sangat cocok untuk bekerja dibidang Teknologi, Programer dan lain-lain.

Melankolis, sudah bisa dipastikan karena ini juga termasuk kepribadian saya. Maka saya sangat tahu karena orang melankolis sangat-sangat tidak suka keramaian. Mereka adalah orang-orang yang banyak berpikir dan suka hal-hal yang sempurna. Meskipun saya tidak menyukai  hal ini.

Orang melankolis berorientasi pada Proses, hal ini sangat cocok untuk mereka yang ingin menjadi pengusaha. Saya memilih untuk menjadi blogger, karena saya tahu, menjadi blogger adalah proses yang panjang untuk bisa mendapatkan banyak pembaca dan untuk bisa terus belajar.

Unutk jenis-jenis kepribadian, cukup sampai disini dulu. Kita akan masuk pada poin yang berikutnya, poin yang menjadi puncak dari pembahasan kita sebagai seseorang yang adalah orang awam namun ingin mengerti sifat seseorang. 

Atau saya memberikan nama untuk kita, kita adalah Psikolog Awam, yaa mari kita belajar dari data-data yang ada dilapangan untuk melakukan tes Psikologi sifat seseorang yang akan menjadi sahabat, teman ataupun kariawan kita, jika Anda memiliki usaha.

2. Cara tes psikologi sifat orang lain

Ketika Anda bertemu dengan orang baru, apa yang Anda pikirkan tentang orang tersebut. Jika saya, saya akan langsung bertanya-tanya pada diri saya sendiri. seperti apa sifat asli orang ini, atau saya akan mengamatinya dari jauh untuk selanjutnya membawa dia mengobrol. 

Terutama bagi Anda yang sedang menyukai lawan jenis,  jangan terburu-buru mengambil keputusan karena akan jauh lebih baik, jika Anda mengenal sifat aslinya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat bertemu atau kesan pertama.

3. Temukan  kesan pertama 

Dalam konteks ini, adalah pertemuan pertama, Anda dapat memperhatikan gaya bicaranya apa yang menjadi pusat dari pembicaraannya. Jika semua yang ia bicarakan adalah tentang dirinya, dan ia tidak memberikan sedikitpun pengetahuan kepada Anda selain Anda dapat mengetahui dirinya sendiri. 

Jadi sudah dapat Anda pastikan bahwa orang tersebut orang yang malas belajar, bahkan ia terlalu merasa bahwa dirinyalah kesempurnaan. Jadi Anda dapat mengambil keputusan sekarang apakah mau berteman dengan orang yang demikian.

Selanjutnya seseorang yang jika bertemu diam dan tidak banyak tanya. Dan tidak bicara hanya tersenyum, ini adalah saya hehheheh. Yaa ini jenis sifat yang saya meliki, tetapi cobalah bergaul dengan orang seperti ini, karena biasanya dia akan sangat setia. Namun hati-hati jangan-jangan dia seorang yang berdarah dingin.

Sikap seperti ini, biasanya orang-orang yang akan sangat mudah bergaul. Tetapi pergaulan yang tanpa kedalaman. Karena sikapnya yang suka bertanya kepada semua orang, ia akan mendapatkan respon tetapi tanpa kedalaman. Karena semua yang ia lakukan adalah basa-basi saja, semuanya hanya sekedar lalu.

Jadi jangan terlalu berharap banya pada seseorang yang pada pertemuan pertama lansung banyak bertanya. Karena ia biasanya tidak benar-benar peduli tetapi hanya agar ia terlihat ramah. Lalu bagaimana agar Anda bisa menemukan kawan yang benar-benar peduli ketika bertanya.

Ini berdasarakan apa yang saya alami dan yang juga sering saya lakukan. Anda akan bertemu dengan orang-orang melankolis. 

Mereka adalah orang yang sangat sensitif dalam diam dan cueknya mereka. Mereka sebenarnya dalam dia secara serius memperhatikan sekitar mereka. Jika Anda termasuk orang seperti ini, Anda pasti mengerti yang saya maksudkan.

Maka mereka adalah calon sahabat sejati, ketika mereka bertanya tentang dirimu. Mereka benar-benar peduli dan ingin mendalami dirimu. 

Karena mereka tidak suka bertanya, butuh tenaga yang besar untuk bertanya. Maka Anda bisa banyak cerita kepada mereka, mereka adalah orang yang menyimpan setiap cerita Anda dengan rapi di kedalam hati dan suka mempelajari apa yang Anda ceritakan.

4. Tes sifat calon pasangan hidup bisa juga sahabat Anda melalui MOMEN

Anda sekarang sudah pacarana, Anda sekarang sedang pacarana. Tetapi Anda kurang mengenal dia, maak Anda perlu banyak berpikir untuk itu dan memperhatikan setiap sikapnya dengan teliti dan renungkan lagi, apakah Anda siap dengannya atau tidak.

Ada bebertapa momen yang dapat Anda lihat, bagaimana ia bersikap ketika momen itu terjadi. Silahkan diperhatikan;

Sikapnya terhadap orang yang lemah

Jika Anda seorang wanita, hati-hatilah dengan seorang pria yang memperlakukan orang yang lemah darinya tidak dengan baik atau sopan. Temukanlah seorang yang mampu memanusiakan manusia. 

Jika Anda seorang pria bahkan lebih baik Anda meninggalakan langsung tanpa pikir panjang. Jika Anda mendapati pacar Anda tidak menghargai pelayan tempat makan. Ataupun seseorang yang lemah dari pada dia.

Caranya memperlakukan ibunya bahkan keluarganya 

Hal ini sangatlah penting, jika seseorang tidak mampu hormat pada keluarganya yang baik. Ia suka berbohong. Cobalah perhatikan bagaimana pasangan Anda memperlakukan ibunya dan keluarganya. Anda harus secara serius memperhatikan hal ini.

Caranya membicarakan teman dan memperlakukan temannya

Kita dapat mengetahui sikap buruk pasangan, ketika kita mendengar bagaimana ia membicaran temannya. Bahkan  lebih baik lagi jika kita melihat secara langsung bagaimana ia memperlakukan teman-temannya. Maka dari inilah Anda dapat menilai pasangan Anda.

Sikap Menghadapi penolakan 

Ketika seseorang menghadapi penolakan dari sinilah kita dapat mengetahui. Apakah ia itu seseorang yang egois atau tidak. Anda bisa memperhatikannya, jika ia marah bahkan mendendam maka ada yang salah dengan emosinya. 

Baca Juga: Cabang Ilmu Psikologi

Jika ia tenang dan berpikir jernih dan merasa bahwa semua itu bagian dari proses hidup maka emosi seseorang yang seperti ini sangatlah terkontrol dengan baik.

Apa yang ia lakukan ketika dalam tekanan

Tekanan di sini banyak hal, mungkin salah satu contohnya saya. Jujur saya saat ini sedang tertekan karena menulis diblog selama setahun ini tidak mendapatkan hasil dalam hal UANG hahahahh tetapi saya tetap tenang.

Karena hasil yang saya dapatkan saya bisa lebih bahagia ketika saya harus menulis setiap hari ini memikirkan bagaimana tulisan saya bisa bermanfaat bagi orang lain. Maka dari itu Anda juga memperhatikan sikap seseorang ketika keadaan tidak baik.

Jika memungkinkan Anda melihat ia benar-benar sedih Anda dapat menolong pasangan Anda. begit juga jika sahabar Anda mengalami tekanan. Karena tidak semua orang mampu kuat dalam tekanan.

Apakah dia banyak mengeluh

Jujur saya membenci orang yang suka mengeluh, bahkan saya terkadang membenci diri saya sendiri ketika saya mengeluh. Maka dari itu, Anda harus kuat jangan suka mengeluh terus menerus. 

Begitu juga dengan kreteria pasangan hidup, Anda harus benar-benar memperhatikan dan mempersiapkan hati. Apakah Anda siap bersama seseorang yang suka mengeluh?

Jika Anda yang suka mengeluh, Apakah Anda benar-benar sayang pada pasangan Anda atau Anda hanya mengasihi diri Anda sendiri makanya Anda suka mengeluh. Maka dari itu belajarlah menjadi seseorang yang tidak suka mengeluh tetapi hadapi setiap realita dengan keyakinan dan teruslah kuat.

Bagaimana jika dia sedang lelah

Ada dua ciri ketika seseorang lelah, orang yang menurut saya tidak baik adalah ia yang ketika lelah tetap bisa menjadi tenang dan dalam kelelahannya mampu beristirahat dengan baik. 

Namun ada juga yang ketika kelelahan seseorang tersebut malah mencari-cari hal untuk ia bisa marah-marah, ini adalah jenis sikap yang kurang baik.

Intinya dari semua yang saya tulis

Sekarang intinya apakah Anda siap bertahan dengan segala resiko dalam persahabatan maupun perjalanan cinta dengan perbedaan sikap yang tentunya mencolok. 

Jika siap teruskan dan tetap berjuang, jika tidak mungkin dapat dibicarakan baik-baik dan tetaplah menjadi seseorang yang mau menjadi berubah untuk dapat menjadi berkat untuk sesama.

Dan intinya juga, apapun Kepribadian Anda, kita memiliki kesempatan yang sama untuk dapat terus belajar. Kita dapat terus mengembangkan diri. 

Baca Juga: Pengertian psikologi bisnis

Kita dapat terus memberikan yang indah bagi hati dan pikiran untuk menemukan makna hidup dengan cara yang benar. Tetap semangat dan selamat menikamati hari Anda.

Sekian dulu yaa penejalasan saya tentang Tentang Cara Tes Psikologi Sifat Sehingga Dapat Mengenal Karakter Seseorang. Kiranya dapat bermanfaat untuk Anda.

Posting Komentar untuk " Cara Tes Psikologi Sifat Sehingga Dapat Mengenal Karakter Seseorang"