Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kompor Gas dan Cara Perawatannya

Kompor Gas dan Cara Perawatannya

Kompor Gas dan Cara Perawatannya

Perlu Anda ketahui, bahwa kompor gas adalah peralatan rumah tangga yang harus selalu dijaga kebersihannya. Apalagi setelah digunakan untuk memasak, tentu pasti ada percikan minyak / air yang seringkali tumpah yang bisa menyebabkan karat dan jamur. Jadi, harus merawat dengan benar.

Saya yakin semua rumah memiliki kompor gas, bahkan dipelosok negeri asal saya yang dimana masih banyak kayu bakar. Para warganya telah menggunakan kompor Gas, maka dari itu karena saya tau bahwa begitu pentingnya kompor gas, saya menuliskan artikel ini, dan berbagi cara membersihkan  kompor gas.

Cara Merawat Kompor Gas dengan Benar

Sebagai salah satu jenis peralatan rumah tangga yang selalu masyarakat gunakan di rumah. Kompor gas ini harus selalu dalam keadaan bersih, apalagi setelah menggunakannya akan ada bekas percikan minyak di sekitarnya. Membersihkan kompor juga akan menjaga kualitas, agar tidak rusak.

1. Melepaskan Ring dan Selang 

Langkah pertama dalam merawat kompor gas, yaitu dengan melepaskan ring dan juga selangnya terlebih dahulu. Namun, jikalau ringnya justru melekat di bagian tungku. Ada baiknya Anda membaca manual untuk proses membersihkannya / melepasnya. Setelah lepas, rendam ring ke larutan air panas.

Kemudian, tambahkan sabun cuci piring cair atau bisa juga menambahkan sekitar 1 sendok makan asam sitrat. Lalu rendam ring kompornya sekitar 2 sampai dengan 4 jam, supaya kotorannya beserta dengan kerak membandel bisa terangkat. Selanjutnya, bersihkan ring dengan menyikat dan bilas.

2. Melepas Kenop dan Tungku 

Langkah satu ini terkenal cukup mudah untuk dapat membersihkan bagian bawah kompor gas. Namun, ingatlah untuk melepas kenopnya secara perlahan supaya tidak rusak. Setelah lepas, rendam saja kenop tersebut menggunakan air sabun. Tujuannya, agar nodanya di sana terangkat.

Namun, bila nodanya justru masih menempel karena termasuk noda membandel. Akan lebih baik jika Anda membantu mengangkat nodanya dengan menggunakan kain basah dan menggosoknya sampai hilang. Selagi kenopnya direndam, bisa melakukan pembersihan bagian kompor gas yang lainnya.

3. Membersihkan Tungku Pakai Krim Khusus

Tungku merupakan bagian nomor dua dari kompor gas dan paling banyak menyimpan noda lemak. Jadi, hindarilah penggunaan larutan air serta sabun untuk membersihkannya. Itu karena air justru akan membuat tungkunya basah dan juga lembap. Dengan begitu, api tidak akan menyala sempurna.

Akan lebih baik jika membersihkan bagian tungku menggunakan krim khusus pembersih dapur / kompor gas. Saat menggunakannya, ikuti petunjuk penggunaannya juga. Namun, pada umumnya krim tersebut hanya dengan mengoleskannya saja ke bagian tungku. Lalu diamkan beberapa menit.

4. Lap Pada Bagian Burner Kompor

Perlu Anda ketahui, bahwa kompor gas itu mempunyai bagian inti di mana apinya keluar. Mengingat bersentuhan secara langsung dengan api, sebagian besar pengguna ragu untuk membersihkannya. Namun, tetap saja bagian ini harus tetap bersih supaya kotorannya tidak menghambat aliran api.

Cara membersihkannya adalah dengan melepas pembakar serta bersihkan bagian gigi pembakarnya. Jangan ragu untuk melepasnya, cukup lepaskan saja secara perlahan. Di bagian burner, gunakan sikat gigi kering dan geat burnet bisa menggunakan kawat pin / pin yang kaku.

5. Membersihkan Permukaan Kompor 

Bagian permukaan kompor menjadi bagian yang harus selalu bersih setelah menggunakannya untuk memasak. Itu karena noda serta minyak goreng seringkali meninggalkan bekas di sana. Anda bisa menggunakan cairan pembersih khusus untuk membersihkannya.

Selain menggunakan cairan pembersih kimia, Anda juga bisa memakai bahan alami lainnya untuk membersihkannya yang penting bisa membuat bagian permukaan kompor gas terlihat lebih bersih dari sebelumnya. Cobalah pakai soda kue, jeruk nipis, cuka apel atau bahkan tepung terigu.

Itulah beberapa penjelasan penting, mengenai cara merawat / membersihkan kompor gas. Tujuannya, supaya kompor tetap terlihat bersih dan tahan lama karena terhindar dari kotoran membandel. Seperti minyak atau bahkan noda lainnya.

Baca Juga:

Posting Komentar untuk "Kompor Gas dan Cara Perawatannya"