Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Blogger Berikut Penjelasan Lengkapnya

Ada begitu banyak penjelasan cara menjadi blogger bertebaran di internet. Namun ketika Anda menemukan artikel ini, maka Anda menemukan cara menjadi blogger versi saya. 

Karena artikel ini merupakan hasil pengalaman saya, baik itu kesalahan saya dan hal-hal yang saya pelajari, yaitu hal benar yang dapat saya lakukan selama jadi blogger.

Selain memulai dari awal, untuk menjadi seorang blogger saya haruslah menjadi pembelajar. Tidak semudah seperti yang saya pikirkan. 

Rasanya seperti menerjang arus sungai yang sangat kencang, terkadang harus benar-benar ngos-ngosan suara napas saya. Inilah sedikit gambaran dari cita-cita saya untuk bisa menjadi blogger yang menghasilkan uang. 

Jika Anda yang membaca tulisan ini, saat ini Anda ingin mulai menjadi seorang blogger atau penulis lepas pada blog pribadi Anda. 

Jika Anda ingin memiliki penghasilan dari dari hoby Anda yaitu menulis. Maka saya akan mengajak Anda untuk berproses melalui tulisan ini, sama-sama kita melangkah untuk melihat setiap tahap yang akan dikerjakan oleh seorang blogger.

Kita bersama haruslah membukakan wawasan kita seluas-luas mungkin, karena menulis pada dasarnya adalah sebuah karya. 

Karya yang harus ada orang-orang yang bisa menikmatinya, harus ada orang-orang yang menyukainya dan harus ada orang yang selalu rindu untuk membaca tulisan kita.

Hal inilah perjuangan yang cukup berat bagi saya, karena saya harus benar-benar berpikir bagaimana tulisan saya mampu memberikan informasi yang baik, benar, dan berguna bagi pembaca. 

Sehingga saya mendapatkan cara membuat blog, optimasi blog, menulis tulisan yang benar di blog dan akhirnya blog, menghasilkan uang untuk pemula sampai akhirnya menjadi SUHU hhehehehhe (“SUHU”, sebutan dari dunia perbloggeran untuk yang sudah ahli sebagai blogger).

Baiklah saya lansung saja membagikan beberapa poin yang dapat Anda nikmati dan pelajari. Saya harap dapat bermanfaat untuk Anda sebagai seorang BLOGGER PEMULA, sama seperti saya.

Cara Menjadi Blogger Berikut Penjelasan Lengkapnya

1. Cara menjadi blogger untuk pemula

Anda harus menyiapkan Laptop atau computer atau PC, yaaa itulah untuk Anda menulis. Hal ini adalah yang paling utama. Okey, mulailah untuk mempelajari cara kerja blog, untuk yang poin cara kerja saya akan jelaskan di poin ke 3.

Poin ini mari kita fokus pada diri kita sebagai seseorang yang akan menjadi blogger. Yang menjadi pertanyaan saya, ketika Anda akan memulai kegiatan menulis di blog. Apa tujuan Anda? Silahkan jawab di kolom komentar, etttttt kolom kementarnya tidak saya aktifkan. Lanjut..

Apakah Anda hanya iseng saja, apakah Anda hanya ingin mengisi waktu kosong dan menjadikan blog sebagai sarana menyimpan tulisan Anda yang tidak perlu untuk dibaca orang lain. 

Tetapi jika Anda memiliki pemikiran yang demikian. Maka saya akan membawa Anda untuk lebih berkembang lagi secara pemikiran dan mental dan berpikir lebih baik lagi dari pada sekedarnya saja dalam hal memperlakukan blog.

Jika Anda melihat blog, blog besar salah satu contohnya KOMPAS, tulisan-tulisan yang setiap hari mereka tulisa sangatlah bernilai. Setiap kunjungan Anda dan saya ke dalam blog mereka memiliki harga jual, yaaaa klik dari jari Anda memiliki harga.

Maka suatu kerugian besar, ketika Anda mengenal blog tetapi menulis di blog hanya alakadarnya saja. Saya tidak sedang memaksa Anda untuk bisa menjadi blogger professional. Tetapi saya menggajak Anda untuk berpikir sebuah kesempatan di mana ketika Anda berhadapan dengan computer Anda, Anda menulis untuk dibaca banyak orang dan mampu memberikan menfaat. 

Yaaaaa begitulah tips dari saya untuk Anda yang memperlakukan blog hanya alakadarnya, sedangkan dibaliknya Anda bisa memperlakukan blog menjadi lebih baik untuk kehidupan Anda sehingga setiap waktu yang ada tidak terbuang sia-sia.

Baiklah itulah cara  menjadi blogger untuk pemula, mungkin masih terlalu abstrak, jadi kerjakan saya, maka Anda akan mengerti bagaimana lika-liku blogger sampai akhirnya  aktifitas menulis  di blog benar-benar Anda cintai dan menjadi  pasangan yang baik untuk waktu Anda yang memang Anda sediakan untuknya.

Selanjutnya kita akan mempelajari kesalahan seoragn blogger yang mau menghasilkan uang di melalui blog pribadi. Tetapi terjerumus dalam jurang maut kebloggeran yang membuat  ia tidak maju kecuali ia bertobat dan kembali ke jalan yang benar. 

Oke mari kita masuk poin berikutnya… 

2. Cara menjadi blogger harus mengetahui Kesalahan Blogger pemula

Tidak mempelajari cara kerja blogger agar bisa muncul di halaman google.

Tida mengerti dan tidak mau belajar cara posting artikel yang baik dan benar dan cara mencari foto ilustrasi yang bagus. Jika Anda benar-benar tidak tahu, berikut situs untuk mengambil foto untuk blog Anda. pixabay.com.

Jika motivasi utama Anda menulis di blog hanya untuk senang-senang dan tanpa tujuan yang jelas. Maka kegiatan menulis ini akan membosankan dan Anda tidak akan menulis  lagi.

Berfokus pada bagaimana bisa mendapatkan gaji dari menulis, padahal menulis seminggi sekali hanya 300 kata, Anda mimpi, akhirnya melakukan copy paste konten atau mencur tulisan orang lain. Saya harap orang seperti ini bertobat.

Ketika saya pertama kali membuat blog, godaan terbesar saya, saya ingin mengelola 2 blog 3 blog dan 10 blog kalau bisa. 

Saya ada beberapa blog dan tidak fokus pada satu blog, maka sulit untuk saya bisa mencapai tujuan saya. Yaitu kepuasan ngeblog, maka dari itu saran dari saya fokuslah pada satu blog dan sampai blog tersebut dapat menghasilkan dan Anda puas karena perjuangan Anda yang fokus itu. 

Saya simpulkan kesalahan berikutnya, tidak fokus mengembangkan satu blog.

Terlalu lelah menulis, kurang membaca dan tidak mengatur waktu untuk beristirahat. 

Kawanku jika Anda bersemangat menulis di untuk blog Anda, itu bagus tapi jagalah kesehatan dan jangan sampai karena Anda terlalu banyak menulis tulisan Anda tidak berkualias karena kurang membaca dan jatuh sakit karena kesehatan yang tidak dijaga.

Maka itulah beberapa kesalahan yang sudah saya lakukan selama kurang lebih satu tahun ini menulis di blog pribadi dan secara serius akan bertekun menulis. 

Pada poin yang ke tiga saya mohon Anda simak baik-baik. Karena saya akan menjelaskan cara kerja dari mesin pencari google dan bagaimana kita mematihi aturan dari mesin ini. 

3. Cara menjadi blogger harus Secara serius belajar

Anda harus banyak membaca agar kualitas tulisan Anda semakin bagus. Saya rasa Anda sudah mengetahui hal ini. Anda harus perbanyak jam terbang menulis agar semakin terbiasa dan lebih santai  saat menulis.

Berikutnya yang harus Anda pelajari adalah cara kerja blog. Anda dapat mencarinya di blog-blog lain yang secara khusus mengajari hal-hal yang sayas sebutkan di bawah ini;

Optimasi postingan, artinya cara-cara memposting artikel dengan benar. Baca sampai selesai oke, agar paham.

Cara membuat artikel SEO (Search Engine Optimization). Langkah-langkahnya seperti berikut;

A . Ketahui karakteristik pembaca

Ketahui Karakteristik Pembaca (Hal ini diperlukan penelitian lebih lanjut karena menyangkut dengan sikologi pengguna internet.) Tapi di bawah ini Anda bisa mempelajarinya lebih dalam. 

B. Mencari kata kunci

Melakukan Riset Keyword (Mencari Kata Kunci untuk Judul Artikel dan isi artikel), sebelum membuat artikel, kegiatan ini sangat penting. 

Tidak bisa Anda abaikan HAL INI MUTLAK DI DUNIA BLOGGER. Jika Anda ingin artikel yang Anda tulis ada yang membacanya. 

Contohnya saja untuk kata kunci yang saya targetkan dalam artikel ini “CARA MENJADI BLOGGER”

Anda dapat menggukankan https://neilpatel.com/ubersuggest/ silahkan cari tahu caranya di https://youtu.be/qlCnv9UcVSE.

Ataupun Anda dapat menggunkan google keyword planner cara-cara menggunakannya Anda dapat mencarinya di youtube. Seperti link yang saya taruh di atas.

C. Judul artikel yang menarik hati

Gunakan Judul artikel yang Menarik, bukan hanya menarik, tetapi juga bagaimana kata kunci utama yang ditargetkan diletakkan di awal judus artikel atau dari kiri ke kanan jika berhadapan dengan layar laptop Anda (saya harap Anda mengerti hehehehh).

D. Membuat JUDUL KECIL

Menambahkan Subheading, kalau yang satu ini jika Anda tidak pernah bolos pelajaran bahasa Indonesia dulu Anda pasti mengerti. Baiklah jika Anda tidak mengerti sedikit saya jelaskan.

Begini, artikel Anda ada JUDUl UTAMA naaa, jadi Subheading itu Judul kecil yang akan menjelaskan JUDUL UTAMA artikel Anda. Subheading atau sub judu itu adalah judul kecil atau perhatikan Ilustrasi di bawah agar lebih jelas.

CONTOHNYA

________ Judul besar

___________________pragraf (p) 1

__________________p 2

__________________p 3

____Subheading (sub judul 1)

____________________p 1

_____________________p 2

___Subheading (sub judul 2)

_________________________________p1

_________________________________p2

Degitu seterusnya, saya harap Anda mengerti, untuk lebih jelasanya, dalam artikel saya ini ada no 1 2 3 4 5 lalu ada judul dibaliknya maka itulah contohnya subheading 1. atau poin E dari poin 3 ini

👇 itulah contoh subheading kecil.

E. Paragraf yang logis dan singkat

Tulis Paragraf yang Lebih Singkat dan jelas, intinya tidak bertele tele, tapi saya entah mengapa lebih suka bertele-tele kerena saya kalau menulis seperti sedang mengobrol dengan Anda. saya harap Anda merasakan apa yang saya lakukan ini.

F. Tulisan mudah dibaca

Gunakan Format Tulisan yang Mudah Dibaca, kalau poin yang satu ini, Anda harus belajar banyak-banyak baca saudaraku tidak bisa tidak ini mutlak. 

G. Gunakan Kata kunci LSI (penelususan terkait)

Gunakan Keyword LSI, Misalnya Anda mencari kata kunci di pencarian google “manfaat membaca buku”

Anda dapat menuliskannya kata kunci yang Anda cari di mesin pencari google. Lalu Anda melihat paling pawah hasil pencarian Anda akan meliha tertulis “penelususan terkait”

Untuk kata kunci “menfaat membaca buku” Penelusuran terkait di bawah;

PENELUSURAN TERKAIT

  • manfaat membaca buku bagi anak
  • 7 manfaat membaca buku
  • manfaat membaca buku cerita
  • manfaat membaca bagi siswa
  • 10 manfaat membaca buku
  • apa manfaat membaca brainly
  • 20 manfaat membaca buku
  • manfaat membaca buku menurut islam

Jadi setiap kata kunci di atas atau penelusuran terkain INILAH KATA KUNCI LSI atau Keyword LSI, Anda dapat memilih salah satu dari kata kunci di atas untuk dimasukkan ke dalam artikel Anda untuk menjadi sebuah tulisan atau pragraf yang memperlengkap artikel.

Jika Anda perhatikan, artikel yang sekarang Anda baca, saya memasukkan lumayan banyak kata kunci LSI hanya saja sudah menjadi kalimat atau penjelasan yang logis dan praktis tentunya memperjelas tujuan dari artikel yang saya tulis.

H. Memasang gambar

Mengoptimasi Gambar, untuk mengoptimasi gambar sangatlah gampang;

Pertama, gambar yang Anda gunakan untuk artikel Anda haruslah dibawah 

Kedua, judul artikel Anda haruslah disamakan dengan judul gambar yang akan Anda pasang pada artikel.

I. Buat internel link pada artikel

Gunakan Link Internal dan Eksternal, selanjutnya Internal link cintohnya Anda bisa lihat di bawah ini

Baca juga: INILAH INTERNAL LINK dimana setiap artikel yang berkaitan harus dipasang link artikel lain jadi jika diklin akan menuju artikel lainnya di blog Anda.

Kita lanjut, sedikit saya jelaskan agar Anda juga mengetahu, bahwa ad acara-cara menjadi blogger berpenhasilan, LANJUT…

4. Cara menjadi blogger yang menghasilkan uang adalah...

Yang terpenting untuk menjadi blogger yang menghasilkan uang adalah pengunjung blog Anda yang banyak dan betah ketika membawa tulisan Anda. Jadi sekarang fokuslah pada konten yang berkualitas, pelajari sungguh-sungguh apa yang telah saya tulis di poin yang ke 3.

Anda dapat menghasilkan uang dari Google Adsense, dan penyedia iklan lainnya. Anda dapat menjual barang melalui blog Anda, Anda dapat menjadikan blog Anda sebagai sumber promosi dan Anda dapat menjadikan blog Anda sebagai tempat dimana Anda dapat menjual ebook jika Anda suka menulis Ebook. 

Masih banyak lagi untuk bisa menghasilkan uang melalui blog. Pada artikel lainnya akan saya jelaskan lebih detail poin ini, saya sekarang sudah lelah saudaraku. Hehhehehhe lanjut….

5. Selamat mencoba dan bertempur untuk menjadi blogger

Poin yang kelima ini merupakan penutup, sedikit semangat dari saya. Saya berani memberikan semangat kepada Anda karena dari awal saya ngeblok sampai hari ini saya tidak kendor semangatnya hanya kadang lelah.

Maka dari itu, ingatlah jiwa ingin benar-benar menikmati pekerjaan yang Anda sukai Anda saka menulis. Mulailah menulis di blog pribadi dan selamat menikmati setiap terjangan badai sebagai blogger. Teruslah menulis sampai berdarah-darah dan suatu saat Anda pasti akan menikmati hasilnya.

Baca Juga:

Sekian yaa kawanku artikel saya yang singkat sedikit panjang ini tentang Cara Menjadi Blogger Berikut Penjelasan Lengkapnya. Selamat menikmati harimu dan teruslah menulis dan membaca dan jangan putus semangat. Jika kurang semangat kembali ke blog saya, akan banyak motivasi, inspirasi dan kata-kata bijak yang saya tulis. Yaaa sudahlah semangat jaga kesehatan Anda. dahhhhhhh

Posting Komentar untuk " Cara Menjadi Blogger Berikut Penjelasan Lengkapnya"