Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif Hiduplah Menjadi Unik

Kawanku mulai kehidupan dengan gaya baru yang lebih produktif, Anda sebagai anak muda saya melalui artikel ini akan berbagi tentang Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif. Saya harap tulisan saya ini menolong Anda dan Anda semakin bersemangat untuk tetap produktif.

Memulai sesuatu yang baru bukanlah keputusan yang mudah karena ada begitu banyak desakan dari dalam diri yang terus mendesak kita untuk hidup puas dengan keadaan yang biasa-biasa saja tanpa makna, tanpa karya, tanpa berguna yang penting makan dan tidur.

Kita dibiasakan oleh jenis kehidupan yang tanpa memberikan dampak bagi keluarga dan sesama. Belum lagi segala jenis godaan dalam segenggam kotak canggih yang membuat kita lebih suka berbaring. Tidak melakukan apa-apa, hanya melihat hal-hal yang itu tidak membuat diri semakin berkembang.

Kebiasaan hidup yang sudah tertanam sejak lama, jika tidak ada daya tarik yang kuat untuk berubah dan tidak memiliki alasan yang kuat bahwa kehidupan adalah berkarya. Terus menerus sehingga memiliki tingkat kehidupan yang memiliki kepuasan dalam hati dan pikiran. 

Berkarya dalam hal ini adalah kehidupan yang mempunyai nilai di mata sesama. Kehidupan yang bukan hidup bagi diri sendiri.

Kehidupan yang bermakna bagi sesama diawali dari kehidupan yang dapat menerima diri sendiri, kehidupan yang puas dengan diri yang bermakna. Untuk mendapatkan kehidupan bermakna tidak ada cara lain selain menjadikan diri kita produktif, produktif menjadi gaya hidup sehari-hari.

Tapi seperti yang saya jelaskan di awal, bukan perkara yang mudah. Jadi sebelum kita dapat menjadikan produktif sebagai gaya hidup. Kita harus lebih dulu mengetahui apa saja penghalang kita sehingga tidak dapat produktif.

Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif Hiduplah Menjadi Unik

Panghalang-panghalang sehingga kehidupan tidak produktif

1. Kita harus sadar bahwa kita sedanng terjebak di kenyamanan palsu

Pada bagian ini adalah dampak ketika kita terlalu sering berpikir positif, mendengar membaca motivasi dampak dari berpikir positif sangatlah baik. Hanya sekilas membaca dan sekilas mendengarkan. 

Maka dalam kemalasan terus berpikir positif bahwa semuanya akan indah pada waktunya. Ini adalah kebodohan di tingkat yang paling akut. Mengerikan. Sahabatku kemalasan tidak akan pernah membuahkan keindahan yang ada petaka.

Rasa nyaman yang ditimbulkan oleh kehidupan yang seperti ini juga biasanya menjadikan orang tersebut bukan hanya malas tetapi juga sombong dan pandai dalam hal menjawab setiap nasehat. 

Kehidupan yang lebih suka dalam zona nyaman, hidup hanya berharap dari sebuah keajaiban yang akan segera menghampiri.

Setiap kita pasti pernah tinggal dalam zona ini, di mana kita merasa puas dengan suatu pencapiaan. Di mana kita dalam kemalasan merasa bahwa semua itu sesuatu hal yang baik. Jika Anda ingin memiliki kehidupan yang bermakna maka tinggalkan segala jenis tindakan mendewakan diri sendiri dalam tahta palsu yang akan menghancurkan masa depan.

Kehidupan yang ada dalam lingkarang kenyamanan palsu juga biasanya dipengaruhi oleh kurangnya didikan dari orang tua. Tetapi pada bagian ini saya tidak akan menyalahkan didikan orang tua, mari kita lihat diri sendiri yang dari hari ke hari semakin bertumbuh dewasa.

Berpikirlah untuk hidup, apa yang akan dilakukan? Apa yang menjadi gaya hidup? Gaya hidup dalam hal ini adalah sesuatu yang Anda suka dan itu memberikan dampak baik bagi masa depan. 

Jika tidak memberikan dampak baik maka tinggalkan. Karena suatu yang kita suka dan tidak berdampak baik bagi masa depan dan masa sekarang (contohnya pacaran padahal uang masih minta sama orang tua) tinggalkan kenyamana palsu.

2. Merasa diri sendiri sudah banyak tahu

Pada masa di mana internet memberikan kepada kita berbagai informasi. Tidak jarang hal itu akan menjadikan kita menjadi orang yang merasa sudah banyak tahu. Ketika kita merasa mengetahui banyak hal atau merasa sudah pintar ya tidak pentinglah itu produktif.

Ketika kita merasa banyak mengetahui sesuatu akan begitu sulit untuk mau belajar, jika Anda banyak tahu dan kehidupan Anda bermakna bagi sesama tidak masalah. Yang menjadi permasalahan disini adalah ketika kita menjadi orang yang sok tahu, tidak berpenghasilan, masih muda, masih sekolah dan kuliah tetapi gaya bagai dewa. Hal ini begitu berbahaya bagi masa depan kita.

Baca Juga: Teruslah menjadi pribadi yang lebih baik demikian caranya

Maka inilah kelemahan yang paling mempengaruhi kehidupan, sehingga kehidupan yang penting banyak tahu padahal sok tahu, tidak pernah memperaktikkan yang diketahui karena sok tahu dan hidup terus dalam kemalasan dan tidak pernah produktif.

Sahabatku pengetahuan sejati adalah ketika kita mampu mempraktikan hal itu dan sampai diri kita sendiri berkata kepada pengerahuan itu, “waw” inilah pengetahuan sebenarnya, bukan seberapa banyak yang kita ketahuai. Tapi sedikitnya pengetahuan itu kita praktikkan dan hal itu menjadikan diri kita bermakna dan terus produktif sampai ajal menjemput.

3. Merasa bahwa kehidupan yang penting bisa makan

Pada poin kali ini merupakan hal yang menyedihkan dari diri kita, ketika kita berpikir bahwa kehidupan hanya tentang bagaimana maakan dan minun dan selesai. Maka kita tidak akan pernah berpikir untuk mau berkambang.

Setiap kita memang butuh makan, karena hal ini merupakan kebutuhan pokok kita, sahabatku sadar atau tidak ketika kita memaknai hidup hanya sekedar bisa makan. Akan sangat banyak pontensi dalam diri kita yang terkubur dalam-dalam.

Kehidupan yang saharusnya perjuangan untuk mengalahkan segala hal dalam diri, menjadi kehidupan yang bermanja-manja karena puas hidup sekedar bisa makan, membeli makanan dan sampai ajal menjemput kehidupan seperti itu saja.

4. Hidup itu enjoy banyakin santai

Saya menaruh poin yang satu ini, karena mengingatkan saya pada diri sendiri yang dulu. Diri yang selalu lebih memilih bersantai dalam kenyamanan palsu. Bisa dikatakan ketika kita berpikir hidup itu enjoy atau santai maka pada saat yang sama kita lebih memilih kehidupan yang tidak akan berkembang.

Kita puas dengan kenyamanan palsu, kita merasa sudah banyak tahu, dan yang penting hidup makan tidur. Pemikiran seperti ini, akan sangat menghalangi produktifitas kehidupan. Kita sudah memiliki gaya hidup yang tertanam selama bertahun-tahun dalam diri bersantai adalah kehidupan bagi kita.

Ketika orang lain berjuanh untuk sebuah maka kehidupan, karena kita lebih memilih hidup enjoy, maka kita lebih suka bersantai, meremehkan perjuangan orang lain, dan selalu berpikir untuk apa hidup susah-susah dinikmati saja. 

Pertanyaan saya apakah ketika kita enjoy dan tidak berguna dalam hidup ini. Benarkah Anda sedang menikmati hal itu, atau Anda hanya menyimpan kesedihan hati karena diri Anda tidak berguna oleh enjoy. 

5. Tidak mengerti apa itu produktif

Saya dari kecil tidak mengerti apa itu memanfaatkan waktu, agar kehidupan saya lebih memuaskan dan menjadi lebih percaya diri dari hari ke hari. Bahkan kebingungan terbesar saya dulu cara belajar seperti apa yang bisa saya lakukan. Saya tidak mengerti apa itu belajar.

Otak kita terlalu banyak dimasuki oleh drama-drama kehidupan yang tidak mengajarkan kita secara nyata, apa itu kehidupan? Dari kecil yang tertanam di kepala saya adalah kehidupan ya menikah, punya uang, dan berbagai drama lainnya yang televisi siarkan menjadi hiburan ketika saya masih di kampung dulu.

Bagaimana mungkin kita dapat mengerti apa itu produktif jika hal itu tidak menjadi gaya hidup keluarga kita, jika lingkungan kita memberikan gembaran yang abstrak tentang kehidupan. Maka masalahnya tidak mengerti apa itu produktif sama dengan tidak mengerti apa itu kehidupan yang memuaskan.

Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif Hiduplah Menjadi Unik

Cara Produktif latih diri sehingga produktif menjadi gaya hidup kita

Kehidupan tanpa latihan adalah kehidupan yang membosankan, kita manusia diciptakan untuk mengembangkan potensi diri, berlatih berarti melakukan hal yang sama berulang-ulang. 

Sampai kapan? Jika Anda setuju dengan saya “bahwa kehidupan adalah latihan” maka berlatih untuk kehidupan yang penuh makna adalah selama kita masih bernapas dalam dunia.

Melatih diri untuk terus produktif pada waktu senggang, sehingga kehidupan yang memuaskan ini menjadi gaya hidup. Dan kehidupan yang seperti ini adalah jenis kehidupan yang begitu sedikit orang yang mau menjalaninya.

Baca Juga: Cara memperbaiki diri  menjadi lebih baik lagi 

Jadi dika Anda lebih memilih memliki kehidupan yang biasa-biasa saja, maka ya makan, tidur ya tidur. Berlibur dipakai untuk bermain hp sampai bosan. Maka nikmatilah kehidupan Anda yang tanpa makna itu. Maka seperti apa kehidupan yang produktif mari kita masuk ke poin-poinnya.

1. Bangun lebih pagi 

Tidak ada sedikitpun kerugian yang akan kita alami dari bangun lebih pagi, misalnya jam 4 pagi jam 5 pagi bahkan 6 pagi, ini adalah jam-jam yang sangat baik untuk memulai hari lebih produktif. Melakukan berbagai aktifitas.

Ya, saya yakin pada poin ini bukanlah perkara yang mudah. Maka latihan adalah jawaban terbaik untuk bisa menjadikan gaya hidup bangun pagi ini menjadi sesuatu yang menyenangkan dan secara alami dapat dilakukan. 

Mengulangi kebiasaan bangun pagi karena kesadaran bahwa diri harus bangun pagi agar produktif selama 60 haru terus menerus, hal ini akan secara otomatis menjadi gaya hidup Anda.

Jika ingin bangun pagi, maka hal ini tidak bisa kita lepaskan dari tidur yang tidak terlalu larut malam, jika Anda harus begadang maka sampai jam 11 malam, saya rasa itu cukup. Jangan biarkan tubuh kita terlalu lelah, justru hal ini akan menghalangi kita untuk bisa produktif.

Mulailah pikirakan apa yang akan Anda kerjakan pada waktu senggang, sehingga ketika Anda bangun pagi, hal itu akan menjadi hari yang menyenangkan karena ada hal di pagi hari yang akan Anda kerjakan.

2. Berolahraga Dan Mandi lebih pagi

Saya secara pribadi dapat merasakan berjuta manfaat dari mandi lebih pagi, selain menghilangkan rasa ngantuk, saya menjadi lebih bersemangat, namun pada poin yang ini saya ingin menekankan juga kepada Anda. Tentang olahraga.

Ketika kita membangunkan diri lebih pagi, aktifitas yang sangat produktif adalah olahraga sampai Anda mengeluarkan keringat, lalu mandilah setelah berkeringat, Anda akan merasakan kepuasan hidup yang sesungguhnya.

Setelah mandi sediakan kopi sedikit roti, dan ambil buku yang sudah dipersiapakan untuk dibaca. Kalau saya biasanya mulai menulis artikel seperti yang Anda baca saat ini.

Sahabatku tidak ada kehidupan yang lebih memuaskan selain diri kita mampu mengalahkan kemalasan dalam diri dengan  cara yang telah saya sarankan. Jika Anda malas untuk berolahraga maka langsunglah mandi pagi dan jika Anda memang ingin lebih segar maka berolahragalah. Selamat mencoba kawanku.

3. Menyadari bahwa produktif adalah kehidupan

Anda tidak akan melakukan poin-poin yang sudah saya jelaskan diatas, seperti bangun lebih pagi, olahraga dan mandi pagi. Jika Anda tidak mengerti bahwa kehidupan yang adalah latihan, kehidupan adalah berlatih untuk menjadi lebih baik dari hari ke hari. Untuk bisa mencapai itu dengan cara produktif menjadi lebih baik dari hari ke hari.

Produtif dalam hal menggukan setiap waktu sehingga menghasilkan sesuatu yang berguna. Berguna yang saya maksud bukan hanya karya. Tetapi juga ketika Anda tidur untuk mengistirahatkan diri, hal itu juga produktif. 

Maka sadarilah bahwa keteka produktif dipisahlan dari dalam kehidupan Anda, akan selalu ada buah yang tidak baik bagi diri Anda dan sesama Anda yang akan dihasilkan.

4. Merenungkan hal negatif  yang akan terjadi ketika tidak produktif

Ketika kita telah menyadari bahwa produktif adalah kehidupan, maka mari berpikir secara sehat. Ketika kita tidak makan, maka kita kelaparan. Saya sangatlah percaya ketika kehidupan seseorang tidak produktif akan selalu ada kerinduan mempunyai kehidupan yang berguna.

Mengerti bahwa produktif adalah kehidupan, maka mari pikirkan secara jujur setiap hal negatif yang akan menimpa diri sekarang dan masa dapan. Kemiskinan terjadi karena banyaknya pemalas, kehidupan pribadi yang tidak berkembang terjadi karena tidak mau produktif.

Ada sejuta hal negatif yang ada dalam pikiran saya ketika saya tidak mau produktif, hal sederhana yang saya rasakan ketika saya bermalas-malasan adalah kebosanan, ketidakpuasan dalam hidup, dan rasa bingung yang teramat sangat. tugas-tugas kampus yang tidak  terselesaikan. Blog saya yang tidak terisi artikel.

Facebook saya yang sepi karena saya tidak menulis konten yang bermanfaat, uang yang sia-sia karena buku-buku yang tidak saya baca, diri saya yang tidak berkembang, dan pikiran yang tidak karuan muncul.

Kemiskinan, kekurangan, sakit penyakit, krakter yang jelek, kebodohan atau kurang pengetahuan, rumah dan kamar yang berdebu, dan masih banyak lagi hal-hal negatif yang dihasilkan dari kehidupan yang tidak produktif.

5. Kehidupan adalah belajar, belajar, dan belajar 

Pada bagian yang terakhir ini, adalah teruslah belajar. Ini adalah hal paling penting, karena produktif tidak lepas dari yang namanya bekerja dan belajar agar terus bekembang. Memang saya akui hal ini tidak mudah jika Anda adalah seseorang yang baru memulainya,

Tapi melatih diri untuk mencari pengetahuan, untuk terus belajar adalah hal yang saya jamin 100% bermanfaat bagi kehidupan Anda, maka pikirkan hal positif yang akan Anda dapatkan ketika Anda belajar. Sehingga kehidupan menjadi lebih bermakna. 

Banyak hal yang bisa Anda pelajari, bermain music, belajar menulis, belajar mata pelajaran sekolah agar Anda bisa membuka les-lesan.

Belajar berbisnis, belajar berbicara di depan umum, belajar dalam hal yang saya jelaskan adalah dalam arti luas. Ketika Anda menemukan gaya Anda, menemukan tujuan, dan apa yang ingin ditekuni maka pelajari hal itu secara sungguh-sungguh.

Karena saya suka menulis dan mempengaruhi pemikiran orang lain, maka saya terus belajar Menyusun kelimat dan berusaha menulis setiap hari entah itu dibuku, dan sosial media saya. Sehingga dapat menyentuh hati pembaca saya. Dan belajar menulis dengan ketulusan hati buka untuk mendapat pujian tetapi saya belajar menulis untuk diri saya sendiri.

Gaya hidup produktif, merupakan perjuangan kita bersama seumur hidup. Kita dengan kesadaran terus berlatih. Terus berkarya dan melakukan hal berguna. Anda dan saya beruntung hidup di dunia dimana untuk bisa belajar banyak hal, tidaklah sulit.

Baca Juga: Mau jadi blogger, berikut penjelasan lengkapnya

Tapi apakah Anda mau terus belajar mengembangkan potensi terbaik dari diri Anda, atau terlalu gengsi dan merasa diri sudah pintar, jika ya seperti itu saya hanya bisa katakan lanjutkan tekat kemalasan Anda dan nikmatilah kehidupan Anda yang membosankan dan tidak berguna, hidup tinggal hidup, binatang di hutanpun melakukan hal yang sama.

Demikianlah artikel tentang Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif. Marilah kita terus melatih diri sehingga produktif menjadi gaya hidup sehari-hari, selamat menikmati harimu sahabat, terimakasih telah membaca tulisan saya sampai selesai, salam kehidupan produktif seindonesia.

Posting Komentar untuk "Cara Menjadi Anak Muda yang Produktif Hiduplah Menjadi Unik"