Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep Masakan Indonesia Si Kue Apem Yang Bikin Anak Nagih

  

Resep Masakan Indonesia Si Kue Apem Yang Bikin Anak Nagih - Resep makanan tradisional Indonesia ini awalnya berasal dari India karena kata Appam yang merupakan Bahasa India. Namun kue apem ini sudah begitu terkenal di masyarakat. Saya akan menjelasakan secara lengkap cara bikin apem kukus.

Untuk membuat kue tradisional ini juga tidak terlalu susah. Anda dapat membuatnya bersama anak-anak. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, anak-anak pastinya cepat merasa bosan. Dan Anda pun dapat menghilangkan rasa bisa mereka dengan membuat aneka olahan makanan.

Indonesia itu merupakan negara yang kaya akan kuliner, entah itu makanan besar ataupun jajanannya. Resep makanan Indonesia dari tiap daerahnya pun selalu menggoda lidah untuk sekedar icip. Dan sangat disayangkan sekali bila berkunjung ke satu daerah di Indonesia tidak mencicipi jajanan khas kota tersebut. berikut cara membuat kue apem dan bahannya.

Resep Makanan Indonesia Si Kue Apem Yang Bikin Anak Nagih

Begitu pula dengan kue apem, meskipun resep makanan Indonesia ini awalnya berasal dari India karena kata Appam yang merupakan Bahasa India. Namun kue apem ini sekarang sudah menjadi jajanan khas dari Indonesia. 

Ciri dari kue ini dapat Anda nikmati dari cita rasa yang masam. Hal tersebut dikarenakan semua bahan-bahan utama pembuatan apem ini adalah terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan dan ragi. Rasa masam yang dirasakan tersebut lelah yang berasal dari ragi yang membuat aroma dan rasa apem menjadi unik dan memiliki cita rasa yang khas tersendiri.

Cara untuk membuat kue apem ini biasanya dibentuk dengan menggunakan cetakan mangkok kecil. Bahkan untuk menambakan agar kue apem tampak lebih menarik, Anda dapat memberikan pewarna makanan sehingga bentuknya akan terlihat semakin cantik dan menarik. 

Dan berikut ini adalah resep masakan Indonesia yakni kue apem yang mungkin bisa Anda coba bikin di rumah bersama anak-anak yang suka jajan.

Resep Kue Apem:

Bahan-bahan

  • 400 gr tepung beras
  • 80 gr tepung kanji
  • 400 ml santan kelapa kental
  • 240 ml santan kelapa encer
  • 200 gram gula pasir
  • 1 sachet ragi instan
  • Setengah butir kelapa muda
  • Sejumput garam 

Pewarna makanan (warna bisa Anda sesuaikan dengan minat anak-anak)

Cara membuat

  • Campurkan tepung beras dan tepung kanji, ragi, gula dan garam aduk sampai rata. Tuang perlahan santan encer, uleni sampai adonan licin sambil dipukul-pukul selama ± 15 menit. Kemudian tinggalkan dan biarkan di tempat hangat selama 1 jam.
  • Setelah 1 jam tambahkan santan kental, aduk hingga tercampur rata
  • Panaskan cetakan kecil yang sebelumnya sudah diolesi minyak ke dalam kukusan
  • Perlahan tuang adonan ke dalam cetakan hingga ¾ dari cetakan
  • Kemudian kukus sampai matang kurang lebih selama 25 menit. Setelahnya angkat dan keluarkan dari cetakan.
  • Dan langkah terakhir tinggal Anda sajikan dengan kelapa parut yang sebelumnya telah dikukus dan diberi sedikit garam.

Resep makanan tradisional Apem diatas tadi menggunakan produk gula pasir putih, tetapi bila Anda ingin menggunakan gula merah juga bisa tetapi nanti hasilnya menjadi Apem gula merah. 

Namun kebanyakan orang menggunakan gula pasir dengan alasan lebih menarik karena dapat dicampurkan dengan berbagai macam pewarna makanan yang warna warni. 

Dan sebagai catatan bila Anda tertarik untuk membuat pewarna makanan, Anda dapat membuatnya secara alami. Yakni dengan menggunakan bahan-bahan makanan yang ada di rumah seperti sayur hijau untuk menghasilkan warna hijau, buah wortel untuk menghasilkan warna jingga, buah naga untuk menghasilkan warna merah muda, dan ubi ungu untuk menghasilkan warna ungu. 

Baca Juga : Cara Memasak Umbi Tumbuk Enak

Demikianlah ulasan mengenai resep masakan Indonesia yang dapat Anda tiru di rumah. Selalu berikan yang terbaik untuk keluarga dengan memberikan makanan-makanan yang sehat dan juga bergizi. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Resep Masakan Indonesia Si Kue Apem Yang Bikin Anak Nagih"