Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bapak Psikologi Dunia dari Masa ke Masa

Takaksehat.com_Psikologi telah menjadi ilmu pengetahuan paling penting untuk manusia pelajari. Dengan hal tersebut, setiap orang akan dengan mudah untuk memahami perilaku dari setiap manusia, sifat serta mentalnya. Dalam pembahasan ini, ada seseorang paling berpengaruh yaitu bapak psikologi dunia.

Biografi dari Bapak Psikologi Dunia

Dalam mempelajari ilmu psikologi, tidak akan lengkap rasanya jika Anda tidak mengenal beberapa tokoh yang paling berpengaruh dalam materi ini. Tokoh psikolog dunia, tidak hanya satu atau dua orang saja. Melainkan, mereka ditemani oleh rekan lainnya yang berprofesi sama dan tak kalah hebat.

Bapak Psikologi Dunia dari Masa ke Masa

Bapak Psikologi Dunia dari Masa ke Masa

1. Ivan Pavlov

Salah satu bapak psikologi dunia, yaitu Ivan Pavlov. Beliau lahir di Rjasan tepat di tanggal 18 September 1849. Sedangkan wafatnya di Leningrad 27 Februari 1936. Kabarnya beliau bukanlah sarjana psikolog, bahkan tidak mau orang lain sebut sebagai seorang psikolog.

Salah satu eksperimen Ivan Pavlov yang paling terkenal dalam bidang psikologi, yaitu ketika beliau memulai studinya terkait pencernaan. Beliau mengembangkan 1 studi perilaku yang kemudian terkenal dengan teori classical conditioning. Hasil karya tersebut menjadikannya pemenang Nobel.

2. Sigmund Freud

Kemudian, ada Sigmund Freud merupakan psikolog dunia yang lahir pada 6 Mei tahun 1856 di Freiberg Austria. Beliau wafat pada 23 September 1939 di London. Freud sendiri terkenal sebagai seorang pelajar yang sangat jenius. Bahkan kabarnya, mampu menguasai delapan bahasa.

Tidak hanya itu saja, Sigmund Freud juga mampu menyelesaikan sekolah kedokterannya di usia 30 tahun. Kemudian, setelah lulus beliau memutuskan untuk membuat suatu praktik dalam bidang neurologi. Di tahun 1900, ia mencoba menerbitkan buku yang menjadi tonggak dari lahirnya psikologi psikoanalisa.

3. Wilhelm Wundt

Wilhelm Wundt merupakan seorang psikolog dunia yang lahir di Neckarau tanggal 18 Agustus tahun 1832. Kemudian, wafat pada 31 Agustus 1920 di Leipzig. Beliau seringkali mendapat julukan sebagai bapak psikologi modern. Itu karena jasanya yang mampu mendirikan laboratorium psikologi pertama.

Kemudian, beliau terkenal dengan sebutan sebagai seorang sosiolog, filsuf, dokter serta ahli hukum. Sedangkan dalam gelar sarjananya, Wilhelm Wundt berasal dari bidang hukum serta kedokteran. Jangan heran jika julukannya ialah seorang ilmuwan dengan banyak penelitian, termasuk proses sensori.

4. Emil Kraepelin

Emil Kraepelin merupakan seorang psikolog dunia selanjutnya. Lahir pada tanggal 15 Februari 1856 tepatnya di Neustrelitz. Beliau wafat di tanggal 7 Oktober 1926, Emil juga terkenal karena menjadi dokter di Wurzburg pada tahun 1878. Lalu juga pernah menjadi dokter di rumah sakit jiwa di Munich.

Emil Kraepelin terkenal karena pengetahuannya terkait penyakit kejiwaan, yang selalu disebut psikosis. Beliau juga dikenal sebagai salah satu tokoh yang menggunakan metode psikologi pertama kali kepada pemeriksaan psikiatri. Test yang pertama kali beliau ciptakan bernama Kraepelin.

5. Alfred Adler

Alfred Adler merupakan seorang psikolog dunia yang lahir tepatnya pada tanggal 7 Februari 1870 di Vienna Austria. Kemudian, beliau wafat tanggal 28 Mei 1937 di Aberdeen Skotlandia. Saat masih muda, beliau mengalami masa yang cukup sulit. Namun, pada akhirnya berhasil meraih gelar kedokteran.

Baca Juga

Dari situlah, Alfred Adler terkenal sebagai seorang yang ahli penyakit dalam. Di tahun 1898, beliau menulis sebuah buku pertamanya yang berfokus kepada pendekatan kemanusiaan serta penyakit bersudut pandang individu. Lalu tahun 1907, menulis paper dengan judul “Organ Inferiority”.

Seperti itulah penjelasan secara singkat namun bermanfaat dari bapak psikologi dunia. Beserta dengan biografi lengkapnya yang sudah seharusnya Anda ketahui. Dari pengalaman hidup semua orang berpengaruh tersebut di atas, patutlah untuk mencontohkan kesuksesannya dalam meraih mimpi.

Posting Komentar untuk "Bapak Psikologi Dunia dari Masa ke Masa"