Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Mendaki Gunung Bagi Anda yang Pertama Kali

Bagi sebagian orang, pengalaman pertama mendaki gunung tak terlupakan. Segala kesulitan dan perjuangan untuk mencapai puncak tertinggi bukanlah hal yang mudah untuk dilalui. 

Nah, buat kamu yang baru pertama kali mendaki gunung dan bingung harus mempersiapkan apa, Airy punya beberapa tips yang pasti akan membantu petualangan kamu mendaki gunung berjalan dengan lancar. Yuk simak bersama di bawah ini!

Tips Mendaki Gunung Bagi Anda yang Pertama Kali

1. Ajak teman yang lebih berpengalaman

Anda membutuhkan teman yang bisa menjadi mentor saat pertama kali naik gunung. Teman ini pasti bisa membantu saat pendakian berlangsung, seperti memberi tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan saat mendaki. 

Apalagi jika teman yang kamu ajak ternyata pandai memasak makanan lezat khas panjat tebing, seperti nasi mentega dengan sosis dan kornet dengan perlengkapan seadanya. Katakan tidak pada mie instan, dan katakan ya pada hidangan pendaki gunung yang lezat!

2. Latihan fisik ringan seminggu sebelum berangkat

Jika Anda jarang melakukan latihan fisik secara teratur, sebaiknya mulai jogging dan push up ringan setiap pagi selama satu minggu sebelum naik gunung. Karena memanjat membutuhkan daya tahan yang tinggi, latihan fisik ringan dapat mencegah tubuh Anda mengalami kram otot dan keseleo. 

Jika Anda belum punya waktu untuk latihan fisik dan masih memutuskan untuk mendaki, ingatlah selalu untuk mengetahui batasan tubuh Anda. Saat Anda merasa lelah dan perlu istirahat saat mendaki, jangan malu untuk memberi tahu sesama traveller tentang hal itu. Tentunya semua orang mengerti dan menemani mereka!

3. Bawalah perlengkapan secukupnya

Seperti yang Anda ketahui, mendaki gunung memang membutuhkan berbagai perlengkapan yang harus dibawa agar Anda siap menghadapi segala permasalahan yang Anda hadapi. Nah, untuk pendakian pertama sebaiknya bawalah perlengkapan secukupnya karena tas yang berat justru akan mempersulit perjalanan. 

Baca Juga: Caranya agar naik gunug tidak mudah lelah atau capek

Perlengkapan yang wajib Anda bawa adalah obat-obatan, snack, botol minum berukuran besar, baju ganti, selimut, dan kantong tidur. Jika tas Anda masih muat, maka Anda bisa memasukkan barang lain seperti kamera, mie instan, dan ukulele. Usahakan juga menggunakan tas jenis carrier yang didesain khusus untuk memanjat agar punggung tidak sakit saat mendaki.

4. Pilih gunung yang tidak terlalu tinggi

Ada banyak gunung yang tidak terlalu tinggi dan masih memiliki pemandangan yang indah. Beberapa gunung yang tergolong aman bagi pemula adalah Gunung Nglanggeran di Yogyakarta (700 mdpl), Gunung Besek di Wonogiri (850 mdpl), Gunung Papandayan di Garut (2.665 mdpl), dan Gunung Bromo di Jawa Timur (2.393 mdpl). Dengan begitu, Anda bisa memulai dengan gunung yang rendah dan melanjutkan pendakian ke berbagai gunung yang lebih tinggi lainnya. 

Baca Juga Tips Lainnya:

Taktik ini perlu Anda lakukan agar tidak kaget dengan pendakian gunung lain yang memiliki ketinggian melebihi 3.000 meter di atas permukaan laut. Jika Anda langsung mendaki gunung dengan ketinggian yang ekstrim, tubuh Anda bisa mengalami kelelahan dan kram di tengah jalan. Wow, ini buruk!

5. Tetap santai dan bersenang-senang!

Ingatlah selalu bahwa inti dari mendaki adalah menikmati perjalanan mendaki dan memetik buah manis di puncak gunung berupa pemandangan yang indah. Meski jalannya sulit dan terkesan panjang, Anda harus tetap santai dan selalu optimis untuk bisa sampai di puncak. Dengan pola pikir ini, dijamin pengalaman mendaki kamu makin seru!

Posting Komentar untuk "Tips Mendaki Gunung Bagi Anda yang Pertama Kali"