Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tetap Prduktif Selama Di Rumah, Mempercantik Ruang Dengan Tanaman Air

Memiliki tanaman hias di dalam rumah tentu sangat menyenangkan. Ruangan akan terasa lebih segar dan indah. Akan tetapi, tanah yang digunakan sebagai media tanam bisa saja mengotori ruangan Anda. Berikut ini adalah beberapa pilihan tanaman yang bisa tumbuh hanya dengan media air dan bisa dijadikan sebagai tanaman hias di rumah Anda.

Tetap Prduktif Selama Di Rumah, Mempercantik Ruang Dengan Tanaman Air

Tanaman Yang Bisa Hidup Di Air

1. Bambu Rezeki

Jika bambu pada umumnya memiliki ukuran yang besar, maka tanaman bambu rezeki adalah bamboo hias dengan ukuran kecil yang dapat menjadi hiasan di ruangan Anda. Tanaman ini tidak memerlukan tanah untuk tumbuh, Anda cukup menempatkannya pada pot berisi air. 

Tanaman ini memiliki akar yang tipis dan batang yang lentur sehingga mudah hidup di dalam air. Untuk merawatnya, Anda harus selalu memastikan tanaman ini tidak kehabisan air. Anda juga harus rajin menjemurnya di bawah sinar matahari karena untuk tumbuh tanaman ini juga memerlukan sinar matahari. Jemur setiap seminggu sekali. 

2. Philodendron

Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang disukai banyak orang. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki bentuk daun seperti hati, rimbun, dan menjalar. Tanaman ini cukup mudah beradaptasi dan utmbuh di banyak kondisi. Meskipun cahaya matahari yang mengenainya tidak terlalu banyak, namun tanaman ini tetap dapat berkembang dengan baik dengan media air. 

3. Sirih gading

Tanaman ini dapat hidup di tanam maupun di air. Dengan meletakkanya di vas kaca berisi air, tanaman ini bisa menjadi hiasan ruangan yang indah di rumah Anda. Potong dahannnya dengan panjang sekitar 10 cm kemudian masukkan ke pot berisi air . tempatkan pada sudut-sudut ruangan untuk memberikan nuansa segar. Tanaman ini juga bisa hidup dengan cahaya yang minimal sehingga Anda juga bisa menempatkannya di kamar mandi.

4. Monster Deliciosa

Meskipun tidak bisa hidup di air dalam waktu yang lama, tanaman ini tetap bisa Anda jadikan sebagai salah satu pilihan untuk menghiasi ruangan. Jika Anda ingin menanamnya, pilihlah tanaman yang masih kecil dan sudah memilki akar lalu masukkan ke dalam vas berisi air. Letakkan tanaman di ruang yang cukup terpapar sinar matahari seperti di ruang tamu.

Pilihan Tanaman Lain Yang Hidup di Air

Selain yang sudah disebutkan, masih ada beberapa tanaman yang bisa ditanam dengan media air. Tanaman-tanaman ini dapat tumbuh dan hidup di air seperti sirih gading, rubber plant, spider plant, jade plant, dan fiddle leaf fig. langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengambil sepotong tanaman dan ukurannya jangan terlalu besar. 

Baca  Juga: Cara belajar tetap produktif masa pandemi

Selanjutnya adalah menyiapkan wadah kaca maupun gelas. Gunakan sebagai pot dan melatakannya di bagian sudut rumah yang paparan cahayanya tidak terlalu terang. Suhunya jug harus diperhatikan, jangan sampai terlalu dingin. Usahakan mencari tempat yang sedikit hangat dan suhunya stabil. Jangan letakkan tanaman di dekat pendingin ruangan.

Apapun jenis tanaman yang ingin Anda pilih, hal yang terpenting adalah merawatnya dengan baik agar dapat tumbuh dengan indah menghiasi ruangan Anda.