Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inspirasi Produktif Selama di Rumah, Kreasi Camilan Enak yang Harus Anda Coba

Melakukan pekerjaan dari rumah selama pandemi tentunya terkadang terasa jenuh. Tapi, Anda bisa melakukan banyak cara untuk membuat setiap kegiatan terasa menyenangkan. Salah satunya adalah memanjakan diri dengan menikmati camilan-camailan lezat. Berikut ini adalah kreasi camilan yang bisa Anda coba.

Inspirasi Produktif Selama di Rumah, Kreasi Camilan Enak yang Harus Anda Coba

1. Stik Mozarella

Bahan:

Untuk membuat camilan lezat yang satu ini, Anda harus menyiapkan 200 gr tepung terigu, Keju mozzarella (potong memanjang), ½ sendok teh garam, 200 gr tepung roti, 3 sendok makan minyak zaitun, 2 butir telur ayam, saus Bolognese, 2 sendok teh gula pasir, ¼ sendok teh garam, 3 siung bawang putih (cincang halus), 50 gram bawang Bombay (cincang halus).

Cara membuat:

Pertama adalah membuat campuran saus. Tumis bwang putih dan bawang Bombay sampai tercium bau harum kemudian tambahkan gula pasir dan saus Bolognese lalu aduk hingga merata. Panaskan hingga mendidih kemudian angkat dan sisihkan. Selanjutnya, siapkan mangkuk, masukkan garam, merica hitam bubuk, dan tepung terigu, aduk hingga merata dan sisihkan.  

Setelah itu, siapkan keju mozzarella dan masukkan ke dalam telur yang sudah dikocok lepas.  Lumuri dengan campuran tepung terigu, ulangi langkah ini sebanyak dua kali. Celupkan lagi mozzarella ke dalam telur lalu lumuri dengan tepung roti ke seluruh permukaannya. 

Penting diperhatikan untuk tidak langsung menggoreng mozzarella yang sudah dilumuri, simpan terlebih dahulu di freezer sekitar 1 jam hingga mengeras. Setelah itu, panaskan minyak dan goreng mozzarella hinga berwarna kecoklatan. Stick mozzarella hangat siap disantap dengan saus.

2. Pisang Nugget

Bahan:

Camilan yang satu ini tidak telalu membutuhkan banyak bahan. Yang harus Anda siapkan adalah 100 gram keju parut, 2 butir telur (kocok lepas) 5 dendok makan gula pasir, 1 kg pisang ambon, ½ sendok teh garam, 6 sendok makan tepung terigu, dan 4 sendok makan susu bubuk. Untuk bahan pencelup yang digunakan adalah tepung panir secukupnya, tepung terigu, air secukupnya, selai cokelat, meses, atau keju untuk topping (sesuai selera Anda).

Cara membuat:

Pertama, kupas pisang kemudian potong dan haluskan dengan blender atau garpu. Masukkan ke dalam mangkuk. Tambahkan susu bubuk, tepung terigu, gula, garam, dan parutan keju lalu aduk merata, kemudian tambahkan telur, dan aduk lagi. Selanjutnya tuang adonan ke Loyang. Untuk bahan pencelup, masukkan air dan tepung terigu secukupnya lalu aduk rata. Siapkan juga tepung panir secara terpisah. 

Baca Juga:

Masukkan nugget ke bahan pencelup dan lumuri dengan tepung panir. Masukkan nugget ke freezer kurang lebih 15 menit. Panaskan minyak dan goreng nugget sampai warnanya menjadi kecoklatan. Setelah matang, nugget pisang hangat siap dinikmati untuk menemani aktivitas Anda.