Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wajib Tahu! Sejarah Psikologi yang Terlengkap

Psikologi merupakan salah satu disiplin ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia. Orang-orang telah lama mengenal ilmu ini bahkan sejak sebelum masehi. Hingga kini, ilmu ini terus mengalami perkembangan dan tentunya bermanfaat bagi manusia. Lalu, bagaimana sejarah psikologi dari sebelum masehi hingga sekarang? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini. 

 Wajib Tahu! Sejarah Psikologi yang Terlengkap 

Sejarah Psikologi

Setiap sesuatu pasti memiliki asal muasal atau sejarah, begitu pula dengan psikologi. Lantas, bagaimana sejarah awal mula ditemukannya psikologi? Mari simak penjelasan lengkap tentang sejarah psikologi di bawah ini. 

1. Zaman Yunani Kuno/Sebelum Masehi

Ilmu psikologi telah lama ada bahkan sejak sebelum masehi. Tepatnya ilmu ini ada sejak tahun 400-500 SM pada zaman Yunani Kuno. Tokoh-tokoh ilmuwan psikologi pada masa itu pun berasal dari Yunani Kuno. Beberapa tokoh berpengaruh dalam psikologi yaitu seperti Aristoteles (384-322 SM), Socrates (470-399 SM), dan Plato (428-348 SM). 

Awal mula dari psikologi yaitu dari ilmu filosofi. Ilmu filosofi ini dicetuskan oleh Aristoteles sebagai ilmu yang berfungsi untuk kekuatan hidup. Ilmu jiwa atau filosofi ini mempelajari semua gejala kehidupan yang ada. Aristoteles berpendapat bahwa jiwa merupakan salah satu unsur kehidupan. Oleh karena itu, setiap makhluk hidup pasti memiliki jiwa. Dari sinilah ilmu psikologi berkembang. 

Ilmu psikologi dari masa Yunani Kuno hingga sekarang terus mengalami perkembangan. Pada masa itu, para ilmuwan banyak yang membahas teori mengenai beberapa hal. Seperti contoh, para ilmuwan tersebut membahas tentang topik ketertarikan, sifat vs pengasuhan, kehendak vs determinisme, dan ingatan. 

2. Zaman Abad 19

Dari awal mula terbentuknya psikologi, ilmu ini terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Salah satu sejarah perkembangan yang sangat berpengaruh hingga saat ini yaitu pada abad ke-19. Pada abad ini, terdapat seorang ilmuwan bernama Wilhem Wundt. Ia merupakan seorang ilmuwan yang berasal dari Jerman. 

Pada abad ke-19, tepatnya tahun 1897, Wilhem Wundt berhasil mendirikan sebuah laboratorium psikologi pertamanya. Laboratorium ini berlokasi di University of Leipzig, sebuah universitas di Jerman. 

Baca Juga: Kata baku dan kata tidak baku

Berdirinya laboratorium ini adalah sebuah momentum berawalnya perkembangan ilmu psikologi yang lebih baik. Hal ini karena para ilmuwan dapat melakukan penelitian untuk menemukan metode ilmiah yang dapat mempelajari tingkah laku manusia. 

Selain itu, berdirinya laboratorium psikologi pertama ini merupakan tanda peresmian psikologi sebagai ilmu pengetahun. Oleh karena itu, Wilhem Wundt juga dinobatkan sebagai ‘Bapak Psikologi Modern’ atau ‘Bapak Psikologi Ekxperimental’ karena berhasil mendirikan laboratorium pertama tersebut. Tanggal berdirinya laboratorium itu juga menjadi tanggal berdirinya ilmu psikologi sebagai ilmu pengetahuan. 

Pengertian Psikologi

Selain mengetahui sejarah psikologi, Anda juga perlu tahu definisi psikologi yang lengkap. Psikologi sendiri memiliki berbagai pengertian menurut para ahli. Wilhem Wundt mengartikan psikologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang pengalaman panca indra, pikiran, kehendak, dan perasaan dari manusia. 

Selain itu, ilmuwan psikologi Chaplin dan Hilgert mendefinisikan bahwa psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan juga hewan. Selanjutnya, Chaplin juga menjelaskan bahwa psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan hewan saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

Baca Juga: Psikologi perkembangan

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, perasaan, dan kehendak dari manusia dengan alam sekitarnya. 

Nah, itulan ulasan singkat mengenai sejarah psikologi yang harus Anda ketahui. Semoga ulasan tersebut dapat bermanfaat, ya. 

Posting Komentar untuk " Wajib Tahu! Sejarah Psikologi yang Terlengkap "