Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Saat ini ibu rumah tangga bisa produktif dan menghasilkan uang, lho! Dengan semakin banyaknya e-commerce mulai dari fashion, produk kecantikan, kuliner, furniture rumah tangga, hingga produk pokok buah dan sayur, bisnis online sangat menjanjikan untuk dilakukan ibu rumah tangga.

Ini dia tips untuk anda


Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga

Kumpulkan Niat dan Mental Positif

Memulai adalah hal tersulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, kumpulkan niat Anda dan jadilah kuat secara mental. Anda harus paham betul apa yang Anda jual, sehingga jika nanti ada pertanyaan dari pembeli, Anda bisa menjawabnya dengan percaya diri. Selain itu, Anda juga harus siap dengan kelebihan dan kekurangan bisnis tersebut.

Punya gadget, bisa lebih baik

Di dunia digital ini, Anda sangat membutuhkan smartphone dan laptop untuk memulai bisnis online. Ini sebagian besar dilakukan - jika tidak, Anda akan melakukan semua iklan dan promosi di media sosial. Oleh karena itu, Anda membutuhkan smartphone dan laptop untuk mengakses aplikasi seperti instant messaging, Instagram, Facebook, Twitter, dan lain sebagainya.

Anda juga tidak perlu membeli smartphone khusus untuk bisnis online jika baru memulai, karena satu smartphone sudah cukup.

Tentukan Target Pembeli

Tips bisnis online selanjutnya adalah menentukan jenis bisnis dan target pasarnya. Memiliki satu jenis usaha lebih baik untuk pemula daripada menjual banyak barang yang berbeda, misalnya warung Anda menjual hijab dan makanan sekaligus. Ini akan membingungkan pembeli dengan fokus bisnis Anda.

Tentukan jenis usaha yang ingin Anda lakukan, misalnya Anda ingin berbisnis pakaian wanita. Dengan begitu, Anda hanya fokus menjual dalam lingkup itu dan lebih mudah menentukan target pasar Anda. Biasanya jika Anda berkecimpung di bisnis pakaian wanita, target pasar Anda adalah remaja hingga wanita dewasa yang sering menghabiskan waktu di media sosial.

Dengan begitu, Anda bisa mencoba memasang iklan di media sosial seperti Instagram dan Facebook untuk menarik pelanggan.

Ketahui Harga dan Persaingan Pasar

Mengetahui harga dan persaingan pasar adalah tip bisnis online berikutnya. Dengan mengetahui harga dan persaingan pasar, Anda bisa menentukan harga yang tepat untuk barang yang Anda jual.

Memutuskan harga di atas atau di bawah pasar terserah Anda. Anda bisa menjual di bawah harga pasar untuk menarik pembeli lebih cepat, atau Anda juga bisa menjual harga di atas pasar dengan kemasan yang lebih bagus dan menarik, plus pelayanan yang lebih baik.

Foto dan Keterangan Produk sudah jelas

Foto dan deskripsi produk menjadi salah satu penentu dan yang membuat pembeli tertarik untuk membeli produk yang Anda jual. Jika ingin menjual produk fashion seperti baju, ada baiknya persiapkan foto yang berkualitas. Tidak perlu menggunakan kamera profesional, bahkan dengan menggunakan smartphone pun Anda bisa mendapatkan hasil foto yang bagus.

Baca Juga: 

Berikan juga sedikit sentuhan dengan penataan yang cantik dan background yang menarik dengan editing yang cukup. Jika punya modal lebih bisa juga mencoba menggunakan model agar foto produk bisa lebih menarik.

Lengkapi juga fotonya dengan informasi detail pakaian yang akan dijual. Jangan lupa mencantumkan panjang dan lebarnya, warna yang tersedia, bahan, dan lain sebagainya. Dengan begitu, pembeli tahu apa yang akan mereka harapkan nantinya, jangan sampai barangnya tidak sesuai dengan informasi yang Anda berikan.

Jika Anda ingin memulai bisnis kuliner, Anda juga membutuhkan foto produk yang menarik dan terlihat enak, agar pembeli lebih tertarik. Kini memulai bisnis kuliner, sembako, sayur mayur dan buah-buahan juga dipermudah dengan adanya aplikasi belanja online yang bisa membuat kamu memesan kebutuhan memasak hanya dari smartphone.

Posting Komentar untuk " Tips Bisnis Online untuk Ibu Rumah Tangga"