Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Ramah Lingkungan Penunjang Kehidupan Sehari – Hari

Takaksehat.com_Teknologi ramah lingkungan merupakan sebuah teknologi yang penerapannya berbahan dasar yang ramah terhadap lingkungan. Tidak hanya itu saja, proses yang efektif serta efisien guna meminimalisir limbah yang dihasilkan. 

Dengan meminimalisir limbah serta menggunakan bahan baku yang ramah lingkungan ini, akan sangat membantu mencegah pencemaran lingkungan. Teknologi ramah lingkungan ini sejatinya bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari – hari.

Selain mendapatkan manfaat untuk diri sendiri, teknologi ini juga turut menyumbang akan kelangsungan alam yang lebih baik. Sejatinya ada banyak teknologi yang bisa kita terapkan, dari mulai biogas guna kepentingan memasak, hingga panel surya untuk kebutuhan listrik.

Banyak orang yang mulai berlomba – lomba untuk menggunakan teknologi yang ramah terhadap lingkungan. Dengan demikian sampah ataupun limbah yang dihasilkan baik rumah tangga atau industri juga akan semakin menurun.

Berikut ini ada beberapa teknologi ramah lingkungan yang mungkin bisa Anda coba sendiri, guna menggantikan teknologi yang sudah ada.

Teknologi Ramah Lingkungan Penunjang Kehidupan Sehari – Hari 

1. Rooftop Garden

Teknologi yang pertama serta paling sering kita jumpai yakni rooftop garden. Bagi masyarakat yang perkotaan yang minim lahan namun tetap ingin menanam tanaman, akan sangat cocok dengan teknologi yang satu ini. 

Manfaat teknologi ramah lingkungan Rooftop garden membantu dalam mengurangi panas yang berlebih, sehingga rumah Anda akan terasa lebih sejuk. Selain itu seperti sebagaimana mestinya, tanaman akan menyerap karbondioksida atau CO2.  Tentunya selain fungsinya yang baik untuk lingkungan rumah Anda, rooftop garden juga akan mempercantik tampilan rumah.

2. Biogas

Kebutuhan rumah tangga tentunya tidak akan lepas dari yang namanya bahan bakar, baik untuk memasak maupun kebutuhan lainnya. Pada era saat ini negara – negara maju sedang saling bersaing untuk menemukan bahan bakar alternatif. Baik minyak maupun batu bara memiliki proses pembentukan yang sangat lama, sehingga beberapa ratus tahun kedepan pasti akan menjadi langka.

Bahan bakar alternatif yang bisa Anda coba yakni biogas guna untuk menunjang kebutuhan rumah tangga. Fermentasi dari bahan – bahan organik inilah yang menghasilkan biogas. Mulai dari kotoran hewan, kotoran manusia serta berbagai limbah mampu dimanfaatkan sebagai biogas.

Baca Juga:

Hasil proses fermentasi dari berbagai limbah ini akan menghasilkan karbondioksida serta metana yang mana mampu menjadi bahan bakar.  Dengan demikian teknologi yang satu ini merubah limbah menjadi sesuatu yang lebih bermanfaat.

3. Panel Surya 

Panel surya tentunya sudah tidak asing bagi kebanyakan orang, bahkan di Indonesia. Teknologi yang memanfaatkan panas matahari menjadi tenaga listrik, yang mana akan sangat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak.

Penerapan teknologi ramah lingkungan yang satu ini bisa Anda jumpai pada tempat – tempat umum maupun pemakaian rumah tangga. Salah satu contoh pemakaian panel surya pada fasilitas umum yakni lampu jalan maupun lampu rambu lalu lintas. Untuk pemanfaatan sumber tenaga rumah tangga tentunya juga sangat bisa, sehingga rumah Anda menjadi lebih ramah lingkungan.

Dengan menggunakan panel surya pada fasilitas umum tentunya kebutuhan akan bahan bakar minyak akan sangat berkurang. Sehingga selain lebih ramah lingkungan fasilitas yang satu ini akan tampak lebih canggih tanpa adanya kabel listrik yang berserakan.

Kita sebagai salah satu makhluk yang mendiami bumi, tentunya harus senantiasa menjaga lingkungan. Memanfaatkan berbagai teknologi ramah lingkungan, sehingga bumi yang kita tempati tetap sehat. Bayangkan saja dari tahun ketahun manusia merusak alam, mulai dari mengeruk sumber daya yang ada hingga pencemaran limbah. 

Posting Komentar untuk "Teknologi Ramah Lingkungan Penunjang Kehidupan Sehari – Hari "