Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perkembangan Teknologi Digital Fisika Serta Pengertiannya

takaksehat.com_Teknologi digital fisika atau juga disebut dengan teknologi digital. Pengertian secara umum teknologi ini yakni sebuah alat atau teknologi yang memiliki sistem mekanisme otomatis yang terintegrasi dengan komputer. Tentunya ada banyak sekali teknologi digital yang bisa Anda temui pada saat ini, karena memang saat ini adalah eranya digital.

Dahulu sebelum berkembangnya teknologi ini, berbagai mekanisme atau alat memerlukan manusia untuk mengoprasikannya. Tentunya dengan hadirnya teknologi ini pekerjaan manusia bisa menjadi lebih ringan. Tidak hanya itu saja, mekanisme yang berjalan secara otomatis akan mampu menghasilkan sesuatu yang sama satu dan lainnya.

Pengertian teknologi digital sejatinya merupakan sekumpulan sistem penghitung yang memproses informasi sebagai kode digital. Pada saat ini tentunya teknologi digital semakin berkembang pesat, sehingga kita sebagai pengguna merasa sangat mudah melakukan segala macam hal.

Perkembangan Teknologi Digital Fisika Serta Pengertiannya

Teknologi Digital Fisika Pengembangan Teknologi Analog

Sebelum munculnya teknologi digital, masyarakat menggunakan teknologi yang bernama analog. Teknologi ini sangat membantu pada eranya, dengan mekanisme sederhana yang yang dianggap sangat maju saat itu.

Teknologi analog biasanya memiliki mekanisme yang sangat rumit, serta memerlukan perawatan lebih. Namun pada saat ini salah satu contoh teknologi analog yang masih bertahan yakni pada mekanisme jam tangan. 

Mesin jam tangan mewah biasanya menggunakan mekanisme teknologi analog. Dengan berbagai macam komponen yang terangkai sedemikian rupa sehingga memiliki nilai seni serta fungsi tersendiri.

Namun kekurangannya ketimbang teknologi digital pasti adalah tentang keefisienan serta kelengkapannya. Jam tangan digital saat ini yang berukuran sangat kecil saja sudah memiliki berbagai macam fitur yang sangat menarik. Dari mulai pendeteksi gerakan, gambar yang dapat berubah serta fitur lainnya yang tidak ada pada jam dengan teknologi analog.

Perkembangan Teknologi Digital Fisika 

Perkembangan teknologi digital tidak lepas dari awal kemunculan komputer pada sekitar tahun 1940. Komputer pertama ini membuka semua jalan untuk berkembangnya teknologi digital fisika yang ada pada saat ini. Selain itu hadirnya World Wide Web atau internet juga salah satu yang berperan penting untuk perkembangan teknilogi digital.

Baca Juga: Perkembangan teknologi refroduksi pada binatang

Pada sekitar tahun 1997 lahir sosial media pertama, dan sejak tahun 2000 situs ini makin kian meroket. Bahkan pada tahun 2021 ini pegguna internet mana yang tidak memiliki setidaknya satu sosial media, dari sekian banyaknya jejaring sosial yang ada. Sosial media memang berperan sangat penting, karena setiap orang bisa berinteraksi dengan orang lain yang bahkan berada jauh. 

Bahkan seperti saat pandemi seperti saat ini, siswa masih bisa belajar meskipun hanya di rumah saja. Bayangkan saja apabila tidak ada teknologi digital, berkirim kabar kepada kerabat pastinya akan masih sangat susah.

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi Digital 

Setiap hal pastinya memiliki kelebihan maupun kekurangannya, tidak terkecuali teknologi yang satu ini. Seperti pada poin – poin diatas sudah dianggap sebagai kelebihannya, sehingga poin ini kami hanya akan membahas kekurangannya.

Pertama yakni kesalahan pada saat proses merubah data analog menjadi digital. Kemudian yang kedua data diri pribadi rawan akan pencurian. Dan yang terakhir serta paling sering kita jumpai yakni ketergantungan serta menurunnya kemampuan sosial serta empati.

Baca Juga: Penjelasan teknologi ramah lingkungan

Demikian pembahasan kami kali ini mengenai perkembangan teknologi digital fisika serta perkembangannya. Meskipun teknologi digital sangat mempermudah kehidupan sehari – hari, namun kita sebagai pengguna harus lebih cerdas dalam memanfaatkannya.

Posting Komentar untuk "Perkembangan Teknologi Digital Fisika Serta Pengertiannya"