Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penjelasan Lengkap! Arti dan Keutamaan Kalimat Innalillahiwainnailahirojiun

Kalimat innalillahiwainnailaihirojiun atau kalimat istirja’ adalah sebuah kalimat yang wajib seorang muslim ucapkan ketika mendengar berita kematian. Selain itu, kalimat innalillah juga diucapkan ketika mendengar kabar musibah, seperti sakit, bencana alam, dan musibah lainnya. Mengucapkan kalimat ini tentu memiliki maksud yang baik di baliknya. 

Salah satu makna di balik itu adalah untuk mengingatkan manusia bahwa semuanya yang ada di muka bumi ini akan kembali kepada Allah SWT. Oleh karena itu, Allah SWT memerintahkan hamba-Nya agar mengucapkan kalimat istirja’ agar selalu ingat akan hal itu dan mempersiapkannya. 

Ada banyak hikmah lain yang terkandung dalam kalimat istirja’ ini. Lantas, apa sajakah hikmah atau keutamaan dari kalimat ini? Apa arti dari kalimat innalillahiwainnailaihirojiun? Yuk, simak saja penjelasannya di bawah ini. 

Penjelasan Lengkap! Arti dan Keutamaan Kalimat Innalillahiwainnailahirojiun

1. Arti Kata Innalillahiwainnailaihirojiun

Setiap orang yang ada di muka bumi ini pasti mengalami sebuah cobaan atau musibah. Hanya saja, porsi masing-masing orang berbeda, tergantung dari kemampuannya. Jika seseorang mengalami musibah atau cobaan, maka itu adalah sebuah proses sebagai pengampunan dosa-dosa yang telah seseorang lakukan. 

Mengalami suatu musibah juga pertanda bahwa setiap manusia selalu membutuhkan pertolongan dari Allah SWT. Bukti bahwa manusia sesunguhnya adalah makhluk yang lemah dan tempat bergantung hanyalah kepada Allah SWT. Allah SWT. sesungguhnya telah menyiapkan solusi yang terbaik terhadap cobaan dan musibah yang manusia alami. 

Seorang muslim juga harus mengucapkan kalimat istirja’ ketika mengalami musibah atau mendengar berita kematian. Hal ini sebagai peringatan dan pengingat bahwa segala sesuatunya akan kembali pada Allah SWT. Namun, apakah Anda tahu arti dari kalimat istirja’? Innalillahiwainnailaihirojiun artinya yaitu “Sesungguhnya kita milik Allah dan kepadanyalah kita kembali.” 

Pesan yang terkandung dalam kalimat ini sangatlah banyak dan memiliki beberapa keutamaan. Di bawah ini adalah penjelasan mengenai keutamaan yang terkandung dalam kalimat innalillahiwainnailaihirojiun

2. Keutamaan Kalimat Innalillahiwainnailaihirojiun

Keutamaan dari kalimat innalillahiwainnailaihirojiun maksud nya adalah kebaikan-kebaikan lain yang terkandung dalam kalimat ini. Terdapat beberapa keutamaan kalimat istirja’. Beberapa keutamaan kalimat istirja’ yaitu seperti penjelasan di bawah ini. 

Sebagai Bukti Tawakkal dan Keikhlasan

Mengucapkan kalimat istirja’ adalah bukti tawakkal dan ikhlas. Mengapa demikian? Karena dengan tidak Anda sadari, dengan mengucapkan kalimat ini maka membuat manusia menerima segala sesuatunya yang telah Allah takdirkan dengan ikhlas. Hal ini juga membuat manusia bertawakkal kepada Allah AWT karena telah menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT. 

Meringankan Hati

Seseorang yang beriman akan mengucapkan kalimat istirja’ ketika mendapat suatu musibah atau cobaan. Dengan mengucapkan kalimat ini tanpa disadari akan meringankan beban di hati. Mengapa demikian? Karena manusia menjadi sadar bahwa segala musibah yang menimpanya hanya semata dari Allah SWT. 

Baca Juga:

Hati juga menjadi tenang karena manusia yang beriman tahu bahwa segala musibah dan cobaan pasti sesuai dengan kemampunya hamba-Nya. Allah SWT. pun juga telah menyiapkan solusi yang terbaik untuk cobaan tersebut. Manusia hanya perlu berusaha seraya berdoa meminta petunjuk yang terbaik kepada Allah SWT. 

Melatih Kesabaran

Mendapatkan musibah atau cobaan dan kabar kematian adalah ujian dari Allah untuk menguji tingkat kesabaran hamba-Nya. Jika seseorang mampu melewati segala cobaan dan musibah tersebut, maka Allah SWT. akan menaikkan derajat orang tersebut. 

Demikianlah penjelasan mengenai arti dan keutamaan dari kalimat innalillahiwainnailaihirojiun yang perlu Anda ketahui. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda semua. Aamiin.