Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenali 5 Hal Penting dalam Psikologi Perkembangan pada Anak Usia Dini

Psikologi merupakan sebuah bidang ilmu yang sangat luas cakupannya. Oleh karena itu, psikologi memiliki beberapa cabang kajian ilmu yang membahas lebih rinci mengenai hal tertentu. Cabang kajian ilmu itu salah satunya adalah psikologi perkembangan. Cabang kajian ilmu ini juga erat kaitannya dengan cabang kajian ilmu psikologi lainnya, seperti psikologi sosial dan psikologi kepribadian. 

Lantas, bagaimana pengertian dari psikologi perkembangan manusia tersebut? Apa sajakah faktor-faktor yang mempengaruhi psikologi perkembangan pada anak usia dini? Untuk penjelasan lengkapnya, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Kenali 5 Hal Penting dalam Psikologi Perkembangan pada Anak Usia Dini

Pengertian Psikologi Perkembangan

Psikologi perkembangan adalah salah satu cabang ilmu dari psikologi. Cabang ilmu ini mempelajari tentang perkembangan manusia serta aspek-aspek apa sajakah yang mempengaruhi tingkah laku manusia sejak ia lahir hingga lanjut usia. Oleh karena itu, cabang ilmu ini meliputi perkembangan pada anak, remaja, dewasa, hingga lanjut usia. 

Pada psikologi untuk perkembangan anak usia dini, fokusnya lebih mengerucut yaitu hanya untuk anak usia 0-8 tahun saja. Cabang ilmu ini fokus dalam mempelajari tingkah laku dan berfikir khusus untuk anak pada usia ini. Hal yang dipelajari seperti aspek apa sajakah yang mempengaruhi, bagaimana cara mengatasi bila ada penyimpangan, dan lain sebagainya. 

Baca Juga: Psikologi kognitif

Nah, di bawah ini adalah 5 aspek penting yang berpengaruh dalam psikologi perkembangan pada anak usia dini. Yuk, langsung saja simak penjelasannya.  

5 Aspek Berpengaruh dalam Psikologi Perkembangan Anak 

Perkembangan pada anak usia dini memang sangat penting, karena usia tersebut merupakan masa “Golden Age” atau masa keemasan. Hal ini berarti si anak sedang memasuki masa terbaiknya untuk tumbuh dan berkembang baik itu psikis maupun fisik. Beberapa faktor pun harus Anda perhatikan dalam perkembangan psikis pada anak usia dini. 

1. Perkembangan

Perkembangan anak usia dini baik psikis maupun fisik merupakan hal yang penting. Pada perkembangan anak usia dini, terdapat 4 faktor yang sangat berpengaruh, yaitu perkembangan fisik, sosial, emosional, dan juga kognitif. Faktor-faktor ini sangat berpengaruh kedepannya untuk tumbuh kembang si kecil secara fisik maupun psikis. 

2. Pencapaian

Aspek yang kedua yaitu pencapaian. Pencapaian atau milestone adalah faktor penting yang menilai perkembangan anak. Contohnya ketika di usia tertentu anak belum dapat melakukan hal yang seharusnya dapat ia lakukan, maka orang tua perlu mewaspadai keadaan tersebut. Terdapat 4 klasifikasi pencapaian perkembangan pada anak, yaitu pencapainya kognitif, fisik, komunikasi dan bahasa, serta sosial dan emosional. 

Baca Juga: Psikologi industri

3. Emosi

Pencapaian perkembangan yang selanjutnya yaitu emosi. Pencapaian ini mencakup kemampuan anak dalam memahami emosi dan perasaannya. Jika ternyata si anak memiliki kesulitan dalam mengatur emosinya, seperti mudah marah atau tempramental, maka Anda dapat memngunjungi psikolog. Seorang psikolog dapat membantu agar si anak dapat mengatur emosinya dan juga mencari tahu apa penyebabnya. 

4. Perilaku

Pencapaian perkembangan selanjutnya yaitu perkembangan perilaku. Seorang anak bisa jadi bertingkah yang tidak semestinya, seperti tidak penurut, jahil, nakal, suka memberontak, dan lainnya. Hal ini wajar selama hal ini dapat dikendalikan. Jika tidak bisa, maka orang tua sebaiknya mengunjungi psikolog agar dapat mencari tahu penyebab dan memberi solusi dari persoalan tersebut. 

5. Sosialisasi

Pencapaian perkembangan yang terakhir yaitu sosialisai yang berkaitan erat dengan emosi. Salah satu hubungan sosialisasi yang penting dalam masa keemasan ini adalah hubungan anak dengan orangtua dan lingkungan sekitarnya. 

Mempelajari hal ini tentu ada manfaatnya. Manfaat psikologi perkembangan yaitu dapat membantu Anda untuk memberikan tanggapan yang tepat ketika anak berperilaku tertentu pada masa perkembangannya. Selain itu, psikologi perkembangan juga bermanfaat untuk menjawab persoalan mengenai sumber dan arti pola berfikir, tingkah laku, dan perasaan pada manusia. Sekian penjelasannya dan semoga bermanfaat bagi Anda.