Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menulis Agar Tidak Kehabisan Ide

takaksehat.com_Bagi yang belum memiliki bakat menulis, biasanya dibutuhkan tenaga yang besar dalam berlatih untuk menghasilkan sebuah tulisan. Menulis bukanlah pekerjaan yang gampang, karena kegiatan yang satu ini menggunakan kerja otak yang cukup kuat.

Melanjutkan latihan menulis merupakan salah satu cara untuk mengembangkan bakat yang ada. Termasuk dalam mendapatkan ide untuk menulis. Namun kendala yang dihadapi kebanyakan orang adalah sulitnya mencari ide untuk tulisannya. Agar Anda bisa terus mendapatkan ide secara tertulis, cobalah cara berikut ini.

Tips Menulis Agar Tidak Kehabisan Ide

1. Rajin membaca adalah kuncinya

Membaca referensi seperti novel atau buku lain yang berhubungan dengan ide bisa menjadi cara yang ampuh untuk mendapatkan ide baru. Referensi bacaan bisa membuka mata dan pikiran kita tentang ide-ide baru yang akan ditulis.

Bisa dibilang menulis dan membaca adalah sesuatu yang selalu berhubungan satu sama lain. Jika ingin mendapatkan ide, Anda harus membaca referensi dari mana saja. Semua penulis profesional dan hebat pasti punya kebiasaan membaca yang sering dilakukan.

Baca Juga: Tips menulis laporan wawancara

Dengan membaca referensi Anda juga bisa melihat bagaimana gaya penulisan serta ide-ide kreatif yang ada di dalamnya. Jadi membaca langsung membuat Anda menjadi pribadi yang penuh dengan ide-ide baru, baik yang mirip dengan referensi itu maupun yang berbeda.

2. Mencoba menuliskan apa yang Anda rasakan

Menulis tidak hanya tentang apa yang ada di pikiran Anda, tetapi bisa juga tentang apa yang Anda rasakan di hati Anda. Biasanya kecemasan yang dialami tentang kejadian di sekitar Anda bisa dijadikan ide dalam menulis.

Menulis dari sini mungkin akan menghasilkan ide-ide baru yang tidak biasa. Dengan menuliskan keresahan yang ada, dijamin kata yang dihasilkan tidak monoton dan mudah dibaca.

Baca Juga: Tips agar tetap percaya diri saat di depan kamera

Selain itu, Anda juga bisa menuliskan komentar di dalam tulisan. Misal kalian bisa menulis pembahasan tentang cara move on dari mantan dengan pengalaman sendiri, tentunya menarik bukan.

3. Lakukan Diskusi Tentang Apa Pun dengan Orang Lain

Menjadi penulis tidak harus merasa semua ide datang dari diri sendiri, mencoba berdiskusi dengan orang lain pun tidak masalah. Orang lain di sekitar terkadang bisa mendapatkan ide yang lebih baik daripada sebelumnya.

Selain itu, orang lain juga bisa berbagi cerita atau inspirasi yang bisa menghasilkan ide untuk menulis. Jika Anda merasa kesulitan menemukan ide-ide baru atau ingin memiliki ide-ide menulis yang lebih baik.

Anda dapat menghubungi teman, kolega, atau orang lain melalui media sosial atau bertemu langsung. Cobalah berdiskusi dan berbagi agar ide-ide Anda selalu ada dan baru serta dapat diterima oleh banyak pembaca.

3. Latih Diri Anda untuk Menjadi Kreatif

Cara terakhir yang paling penting adalah membiasakan diri menjadi orang yang selalu kreatif dan memiliki ide-ide baru dalam tulisannya. Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas yang membuat kepala Anda penuh dengan ide-ide cemerlang dalam tulisan Anda.

Dalam hal ini, kebiasaan penting dilakukan. Jika sudah terbiasa melakukan hal ini tentunya akan mudah mendapatkan ide menulis setiap hari, jadi tidak perlu pusing dan bingung lagi karena kehabisan ide tentang menulis soal.

4. Jangan malas melakukan hal-hal baru

Ide adalah sesuatu yang bersifat dinamis dan mengikuti perkembangan zaman. Jadi anda yang ingin mendapatkan ide harus mencoba hal-hal baru yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ide hari ini dan besok mungkin berbeda satu sama lain.

Seorang penulis yang handal dituntut untuk menulis sesuatu yang selalu baru agar tidak ketinggalan zaman, mulai dari gaya penulisan hingga ide yang disajikan. 

Tentunya pembaca akan senang jika informasi dan tulisan yang dibaca menarik dan selalu up to date. Sehingga tulisan anda akan bermanfaat dan selalu berkembang dari waktu ke waktu.

Sekian tips dari saya, semoga bermanfaat dan dapat Anda terapkan terus menerus.