Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Terlengkap! Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Daftar Isi

Takaksehat.com__Sebuah karya tulis, seperti buku, makalah, skripsi, tesis, disertasi, akan memerlukan sebuah daftar isi. Oleh karena itu, daftar isi berfungsi agar pembaca dapat menemukan dengan mudah bagian tulisan yang ingin dibaca. Namun, tidak semua orang tahu tentang cara membuat daftar isi yang baik dan benar. Jika Anda ingin mengetahuinya, simak penjelasan di artikel ini mengenai pengertian, cara membuat di MS Word, dan contoh daftar isi.  

Terlengkap! Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Daftar Isi

1. Pengertian Daftar Isi

Daftar isi adalah sebuah format yang berisi tentang judul-judul bab atau materi pada sebuah karya tulis (seperti laporan, makalah, skripsi, dll) beserta halamannya yang berfungsi untuk memudahkan pembaca untuk mencari materi tertentu tanpa harus membuka satu-persatu halamannya. 

Selanjutnya, terdapat pula beberapa definisi dari daftar isi. Ada ahli yang menyebutkan bahwa daftar isi merupakan list judul-judul atau sub-judul dari sebuah buku atau tulisan lainnya yang disertai dengan halaman. Fungsinya yaitu untuk menemukan judul penulisan secara cepat. 

Selanjutnya, penyusunan daftar isi harus baik dan benar, karena apabila tidak runtut dan benar, maka akan membuat pembaca kebingungan dalam menemukan informasi yang dicari. Jadi, keberadaan sebuah daftar isi dalam sebuah buku, skripsi, makalah, dan karya tulis lainnya sangatlah penting. 

Nah, setelah Anda paham mengenai pengertian dan konsep daftar isi, mari perhatikan contoh daftar isi di bawah ini agar Anda lebih paham. Yuk, simak penjelasannya berikut ini. 

2. Contoh Daftar Isi

Sebagaimana penjelasan sebelumnya, sebuah daftar isi adalah urutan dari judul-judul materi yang ada dalam sebuah karya tulis. Oleh karena itu, menulis sebuah daftar isi haruslah sesuai dengan isi dari karya tulis tersebut. Mari simak contoh daftar isi skripsi secara umum di bawah ini. 

DAFTAR ISI

COVER SKRIPSI i

PERNYATAAN KEASLIAN ii

HALAMAN PENGESAHAN iii

HALAMAN MOTTO iv

DEDIKASI v

KATA PENGANTAR vi

ABSTRAK vii

DAFTAR ISI viii

BAB 1: PENDAHULUAN (...)

A. (Sesuaikan dengan isi skripsi) (...)

B. (Dst) (...)

C. (Dst) (...)

BAB II: KAJIAN PUSTAKA (...)

A. (Sesuaikan dengan isi skripsi) (...)

B. (Dst) (...)

C. (Dst) (...)

BAB III: TEMUAN DAN PEMBAHASAN (...)

A. (Sesuaikan dengan isi skripsi) (...)

B. (Dst) (...)

BAB IV: KESIMPULAN DAN SARAN (...)

A. (Sesuaikan dengan isi skripsi) (...)

B. (Dst)) (...)

DAFTAR REFERENSI (...)

CURRICULUM VITAE (...)

LAMPIRAN (...)


3. Cara Mudah Menulis Daftar Isi Otomatis 

Membuat daftar isi sangatlah penting dalam sebuah karya tulis. Oleh karena itu, Anda harus dapat membuatnya di MS Word. Namun, ternyata banyak orang yang membuat daftar isi dengan cara manual sehingga akan membutuhkan waktu yang sangat lama dan terlihat kurang rapi dibandingkan dengan membuat daftar isi secara otomatis. 

Dalam membuat daftar isi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan terlebih dahulu. Pertama, yaitu struktur penulisan. Pastikan judul yang Anda tulis sudah benar dan sesuai dengan isi karya tulis. Kedua, pastikan halaman yang Anda tulis pada tiap-tiap judul sudah benar. Jika tidak, maka pembaca akan kebingungan dalam mencari informasi yang ingin dibaca. 

Nah, berikut ini adalah cara membuat daftar isi otomatis di MS Word yang sangat mudah dan perlu Anda ketahui. 

Baca Juga:

Pertama, Anda perlu meletakkan kursor di halaman yang ingin Anda tambahkan daftar isi.  Lalu, buka menu Referensi dan pilih Daftar Isi. Setelah mengklik Daftar isi, maka akan muncul beberapa pilihan gaya daftar isi. Anda dapat memilih gaya yang ingin Anda gunakan dan daftar isi akan secara otomatis muncul di halaman MS Word. 

Jika Anda ingin membuat perubahan atau memperbarui daftar isi, maka klik menu Perbarui bidang yang ada di samping kanan menu Daftar isi. Setelah itu Anda dapat segera memperbarui daftar isi sesuai keinginan. 

Nah, demikianlah penjelasan lengkap mengenai pengertian, cara membuat, dan contoh daftar isi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.  

Posting Komentar untuk " Terlengkap! Pengertian, Cara Membuat dan Contoh Daftar Isi"