Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teknologi Tepat Guna Bagi Perkembangan Masyarakat Serta Sejarahnya

Teknologi tepat guna secara umum merupakan sebuah rancangan teknologi bagi sekelompok masyarakat tertentu. Dengan begitu teknologi akan lebih tepat serta berguna bagi suatu kelompok tersebut. Yang pasti teknologi ini harus menyesuaikan baik dari segi lingkungan, kebudayaan, keetisan, sosial hingga politik tempat tersebut.

Tentunya banyak aspek yang harus diperhatikan saat membuat sebuah teknologi, sehingga bisa bermanfaat bagi banyak orang. Ciri – ciri teknologi tepat guna pada umumnya pembuatan serta pengamplikasiaanya berskala kecil serta erat dengan kondisi masyarakat tersebut.

Selain itu penerapan teknologi ini juga harus mampu menerapkan sebuah metode yang memungkinkan untuk hemat akan sumber daya. Perawatan teknologi yang mudah bagi setiap orang, serta minimnya limbah hasil produksi, ketimbang seperti teknologi lainnya.

Teknologi Tepat Guna Bagi Perkembangan Masyarakat Serta Sejarahnya

1. Sejarah dan Berkembangnya Teknologi Tepat Guna

Apabila kita menarik sejarah tentang teknologi ini, sejatinya sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu. Seorang tokoh asal India yakni Mahatma Gandhi di anggap sebagai seorang yang mengawali penerapan teknologi tepat guna.

Pada era ini beliau menerapkannya guna memajukan desa – desa yang ada di India pada masa itu, sehingga bisa menjadi mandiri. Meskipun begitu teknologi ini belum memiliki nama seperti pada saat ini, namun konsep serta cara kerjanya sama.

Berbekal teknologi sederhana yang sesuai dengan kondisi lokal saat itu mampu membuat banyak daerah menjadi lebih berkebang. Hal ini karena beliau yang tidak setuju dengan teknologi yang hanya mementingkan profit semata, namun merugikan banyak pihak. Mulai dari pengurangan tenaga kerja hingga limbah yang mencemari lingkungan, tentunya sangat bertolak belakang dengan prinsip Mahatma Gandhi.

Pada sekitar tahun 1925 atau sepuluh tahun sebelum beliau mundur dari dunia politik, Mahatma Gandhi mendirikan All India Spinners Association. Dengan berdirinya asosiasi tersebut beliau berkeinginan untuk memajukan pedesaan dengan teknologi yang saat ini terkenal dengan teknologi tepat guna. Dengan penanganan serta teknologi yang tepat tentunya banyak pedesaan yang tumbuh dan berkembang.

2. Contoh Penerapan Teknologi Tepat Guna 

Banyak sekali penerapan teknologi satu ini yang bisa Anda temukan, yang pasti teknologi ini haruslah mampu membantu masyarakat. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh penerapannya pada bidang pertanian.

Alat Penebar Pupuk

Pupuk tentunya sangat di butuhkan agar mendapat tanaman yang sehat saat sudah waktunya panen. Namun pemberian pupuk secara manual pastinya akan sangat membutuhkan banyak usaha serta tenaga.

Dengan adanya alat penebar pupuk, maka setiap tanaman akan mendapatkan pupuk dengan jumlah yang sama serta merata. Selain itu tenaga maupun waktu saat menebar pupuk bisa menjadi sangat efisien.

• Alat Perontok Padi

Permasalahan para petani tidak hanya saat proses perawatan ataupun memberikan pupuk semata. Pada masa panen padi, maka mereka haruslah mengeluarkan tenaga ekstra guna merontokan padi dari batangnya. Mulai dari pemotongan tanaman, proses pemukulan serta penumbukan agar padi dapat mereka jual.

Baca Juga:

Proses manual ini tidak hanya membutuhkan banyak tenaga dan waktu, namun terkadang kualitas dari bulir beras juga menjadi jelek. Dengan adanya teknologi perontok padi pastinya para petani menjadi sangat terbantu. Tentu saja kedua alat ini termasuk kedalam contoh teknologi tepat guna pertanian sederhana.

Yang pasti setiap teknologi yang ada dibuat guna membantu kepentingan masyarakat sehari – hari maupun pada bidang industri. Namun terkadang teknologi yang ada malah menyusahkan bagi sebagian orang, atau bahkan menimbulkan kerusakan pada lingkungan. Itulah pembahasan kami kali ini mengenai teknologi tepat guna bagi perkembangan masyarakat serta sejarahnya.