Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resensi: Pengertian dan Contoh Resensi Buku & Cerpen

takaksehat.com_Belum banyak orang yang familiar dengan resensi. Resensi biasanya ada di koran atau media lainnya. Resensi tentu bermanfaat bagi pembaca agar dapat mengenal isi dari buku atau sebuah karya tersebut secara umum dan cepat. Lantas, apa itu resensi? Bagaimana contoh resensi? Yuk, simak penjelasannya berikut ini.

Resensi: Pengertian dan Contoh Resensi Buku & Cerpen 

Pengertian Resensi 

Terdapat beberapa pendapat tentang pengertian resensi. Secara general, resensi adalah sebuah kegiatan meringkas, menganalisis, mengevaluasi, memahami kelemahan dan keunggulan sebuah karya (cerpen, film, buku, novel). Secara etimologi, kata resensi berasal dari Bahasa Belanda yaitu “recensie”. Arti dari kata “recensie” adalah menilai dan membicarakan. 

Menurut beberapa ahli, resensi berarti suatu kegiatan yang mencermati, memeriksa, dan melihat kembali suatu karya fiksi dan non-fiksi (cerpen, film, buku, novel, drama) (Sitepu, 2013). Yus Rusyana (1996) juga memberikan definisi yang berbeda mengenai resensi. Ia menjelasakan bahwa resensi adalah sebuah tulisan tentang kamus, sastra, buku ilmu pengetahun, dan lain lain yang menjelaskan, menilai, dan mengikhtisarkan karya tersebut. 

Setelah memahami pengertian resensi di atas, mari simak contoh resensi untuk buku dan cerpen di bawah ini. 

Contoh Resensi Cerpen

Resensi dapat digunakan untuk cerpen. Meresensi sebuah cerpen berarti membuat sebuah analisa dan ikhtisar tentang sebuah cerpen. Sebuah contoh resensi cerpen biasanya terdiri dari identitas cerpen, sinopsis, keunggulan, dan kelemahan. 

Identitas cerpen yang ada di resensi yaitu nama pengarang, penerjemah (bila ada), judul cerpen, penerbit, cetakan, dan tebal buku. Untuk lebih memahaminya, langsung saja perhatikan contoh resensi cerpen dalam bentuk kerangka di bawah ini. 

1. Identitas cerpen

Seperti yang telah dijelaskan, identitas cerpen berisi nama pengarang, penerjemah (bila ada), judul cerpen, penerbit, cetakan, dan tebal buku. Isi identitas ini sesuai dengan keterangan yang ada dalam cerpen yang Anda resensi. 

2. Sinopsis Cerpen

Dalam kolom sinopsis cerpen berisi tentang rangkuman cerita dari cerpen tersebut. Buatlah sinopsis sebagus mungkin yang mewakili isi seluruh cerita dalam cerpen. 

3. Kelebihan Cerpen

Setelah menuliskan sinopsis cerpen, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menulis kelebihan cerpen. Buatlah kelebihan dari cerpen sesuai dengan analisa Anda. tulis kelebihan cerpen sesuai dengan apa adanya isi cerpen dan tidak dibuat-buat. 

Baca Juga: Pengertian daftar isi dan cara membuatnya

4. Kekurangan Cerpen

Setelah menulis kelebihannya, tentu Anda juga perlu menuliskan kekurangan atau kelemahan cerpen. Hal ini untuk membuat penilaian secara objektif. Buatlah tulisan mengenai kekurangan cerpen dengan apa adanya. 

Contoh resensi buku

Sebuah buku juga dapat menjadi bahan resensi, baik itu buku fiksi maupun non-fiksi. Maksud resensi buku ialah menganalisa, menggambarkan, dan meringkas suatu buku ke dalam bentuk resensi. Jika Anda ingin membuat sebuah resensi, berikut contoh resensi buku dalam bentuk kerangka yang dapat Anda jadikan acuan dalam menulis resensi.

1. Identitas Buku

Sama halnya seperti cerpen, meresensi sebuah buku juga harus mencantumkan identitas buku. Apa saja identitas yang perlu Anda tulis? Jadi, pertama sertakan judul buku. Lalu, sertakan pula penulis dan penerbit buku tersebut. Terakhir, sertakan tahun terbit buku dan jumlah halaman buku tersebut. 

2. Sinopsis Buku

Sinopsis juga perlu ada dalam meresensi sebuah buku. Isi dari sinopsis yaitu rangkuman dari isi keseluruhan buku dan pendapat Anda tentang buku tersebut setelah membacanya. 

3. Kelebihan Buku

Hal ketiga yang perlu ada dalam resensi buku yaitu kelebihan buku. Anda dapat menuliskan kelebihan-kelebihan buku itu menurut Anda sendiri. Kelebihan ini bisa jadi dari segi cerita atau isi, segi bahasa, pesan moral, maupun dari segi cover buku.

4. Kekurangan Buku

Setelah mencamtumkan kelebihan, maka perlu juga menuliskan kelemahan atau kekurangan dari buku itu. Tulis kelemahan yang ada sesuai dengan isi buku dan tidak mengada-ngada. 

Baca Juga: Pengertian kode etik psikologi

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian dan contoh resensi yang dapat Anda jadikan acuan dalam menulis resensi yang baik dan benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca.

Posting Komentar untuk "Resensi: Pengertian dan Contoh Resensi Buku & Cerpen"