Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mahasiswa adalah? Ketahui Pengertian, Peran, dan Karakteristik Mahasiswa

takaksehat.com_Banyak yang bertanya-tanya apa sih sebenarnya yang dimaksud dengan ‘Mahasiswa’? Apakah hanya sebagai sebutan belaka? Tentu tidak. Banyak sekali pengertian tentang apa itu mahasiswa. Secara umum, mahasiswa adalah seseorang yang sedang mengemban pendidikan di perguruan tinggi, baik itu universitas, institut, akademi, dan sekolah tinggi. 

Menjadi seorang mahasiswa tentu memiliki peran dan tanggung jawab yang besar. Mahasiswa harus dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk dirinya sendiri dan juga lingkungannya. Oleh karena itu, mahasiswa adalah agen perubahan untuk kehidupan masyarakat yang lebih baik dan sejahtera. 

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai pengertian mahasiswa dan peranannya serta karakteristiknya, mari simak ulasannya di bawah ini. 

Mahasiswa adalah? Ketahui Pengertian, Peran, dan Karakteristik Mahasiswa

Mahasiswa adalah? 

Banyak sekali pengertian-pengertian mengenai ‘Mahasiswa’. Pertama, pengertian mahasiswa menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) yaitu orang yang sedang belajar di sebuah perguruan tinggi. Pengertiani ini adalah yang seringkali orang ketahui ketika berbicara tentang mahasiswa. 

Selanjutnya, pengertian mahasiswa adalah seseorang yang terpelajar. Berasal dari “maha” yang artinya “ter” dan “siswa” yang artinya “pelajar”. Dengan demikian, seorang mahasiswa haruslah dapat mempertanggung jawabkan ilmu yang telah didapatkan. Bagaimana caranya? Yaitu dengan menerapkan ilmunya dan terus berkarya, berinovasi, dan berkreatifitas. 

Baca Juga: Tri Dharma Perkuliahan di perguruan tinggi

Dalam penerapannya di kehidupan,  seorang mahasiswa tidak hanya sebatas pengertian sempit sebagai seseorang yang belajar di perguruan tinggi saja. Namun, memiliki beban dan tanggung jawab yang besar kepada masyarakat sebagai agent of change. Oleh karena itu, seorang mahasiswa harus bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikannya agar dapat bermanfaat bagi bangsa, negara, dan dunia. 

Peran Mahasiswa 

Seperti yang telah disebutkan sekilas sebelumnya, mahasiswa adalah seorang agen perubahan. Perannya ini berarti mahasiswa harus bisa melakukan perubahan ke arah yang lebih baik untuk kehidupan masyarakat. Hal ini dapat mahasiswa lakukan dengan cara melakukan sosialisasi, pelatihan, pemberdayaan desa, dan lain sebagainya. 

Selain itu, mahasiswa juga berperan sebagai penjaga nilai-nilai yang telah ada. Maksudnya bagaimana? Maksudnya yaitu menjaga agar nilai-nilai seperti gotong royong, toleransi, keadilan, kejujuran, dapat selalu tumbuh dan terpelihara di kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, seorang mahasiswa harus mencerminkan sifat dan perilaku yang sesuai dengan norma dan nilai-nilai yang ada. 

Peran lainnya yaitu mahasiswa sebagai pengontrol sosial. Menjadi pengontrol sosial adalah peran yang sangat penting bagi masyarakat. Mengapa demikian? Karena mahasiswa akan melakukan kontrol terhadap kebijakan pemerintah yang tidak sesuai dengan keadilan dan nilai-nilai yang ada. Maka dari itu, peran ini sangat krusial bagi kehidupan masyarakat. 

Karakteristik Mahasiswa

Karakteristik mahasiswa adalah sifat-sifat dan perilaku yang harus mahasiswa miliki. Pada dasarnya, karakteristik ini harus didasari dengan nilai yang terkandung dalam pancasila. Selain itu, karakteristik ini juga harus sesuai dengan tri dharma pendidikan tinggi dan pilar pendidikan masing-masing perguruan tinggi. 

Baca Juga: Cara mendapatkan beasiswa

Dengan demikian, terdapat beberapa contoh karakteristik yang harus mahasiswa miliki. Sebagai contoh, seorang mahasiswa tentu harus beriman sebagaimana sila ke-1 dalam pancasila. Contoh karakteristik lainnya yaitu seperti giat belajar, inovatif, kreatif, gemar membaca, memiliki rasa peduli yang tinggi, dan lain sebagainya. 

Oleh karena itu, mahasiswa adalah seseorang yang harus memiliki komitmen, kompetensi, dan kedisiplinan yang tinggi agar dapat melaksanakan peran dan tanggung jawab dengan baik. Sekian penjelasan mengenai pengertian, peran, serta karakteritisk mahasiswa yang perlu Anda ketahui. Tetap semangat dan semoga ulasan di atas dapat bermanfaat. Salam pendidikan! 

Salam perbloggeran Indonesia. Sampai bertemu dengan artikel-artikel lainnya.

Posting Komentar untuk " Mahasiswa adalah? Ketahui Pengertian, Peran, dan Karakteristik Mahasiswa"