Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kote Etik Psikologi: Hakikat, Pengertian dan Tujuan

takaksehat.com_Kode etik psikologi secara umum berarti aturan yang menjadi dasar perlindungan untuk kumpulan nilai-nilai yang harus psikolog atau ilmuwan psikologi patuhi. Pembentukan atau perumusan kode etik ini tentu ada tujuan dan manfaatnya bagi kegiatan yang berhubungan dengan psikologi. 

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai pengertian, tujuan, dan hakikat dari kode etik tersebut, mari pahami terlebih dahulu mengenai apa itu psikologi menurut para ahli. 

Kote Etik Psikologi: Hakikat, Pengertian dan Tujuan

Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli

Psikologi sendiri memiliki berbagai pengertian menurut para ahli. Menurut Dr. Singgih, ia mendefinisikan psikologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia. Selanjutnya, Wilhem Wundt mengartikan psikologi sebagai sebuah ilmu yang mempelajari tentang pengalaman panca indra, pikiran, kehendak, dan perasaan dari manusia. 

Selain itu, ilmuwan psikologi Chaplin dan Hilgert mendefinisikan bahwa psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku manusia dan juga hewan. Selanjutnya, Chaplin juga menjelaskan bahwa psikologi mempelajari tingkah laku manusia dan hewan saat berinteraksi dengan lingkungan sekitarnya. 

Dari beberapa pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa psikologi adalah sebuah disiplin ilmu yang mempelajari tentang tingkah laku, pikiran, perasaan, dan kehendak dari manusia dengan alam sekitarnya. 

Hakikat Kode Etik Psikologi

Pertanyaan tentang kode etik psikologi biasanya mengenai hakikat terbentuknya kode etik itu sendiri. Jadi, apa sebenernya hakikat dari tersusunnya kode etik ini? Hakikat atau dasar dari kode etik ini yaitu norma atau nilai-nilai moral secara umum namun menyeluruh yang terbentuk berdasarkan aturan internasional.  

Selain itu, perumusan dari kode etik ini juga tetap memperhatikan nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Kode etik ini selanjutnya resmi menjadi kode etik di bidang psikologi di Indonesia dan Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) secara resmi mengumumkannya. 

Pengertian Kode Etik Psikologi

Setelah mengetahui dan memahami pengertian dari psikologi, mari simak penjelasan mengenai pengertian dari kode etik psikologi. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kode etik adalah nilai-nilai atau norma yang menjadi landasan berperilaku dan harus dipatuhi oleh suatu kelompok. 

Menurut pengertian di KBBI tersebut, kode etik psikologi adalah sebuah norma atau nilai-nilai yang disusun secara tertulis untuk menjadi pedoman atau landasan dasar bagi para ilmuwan psikologi dan psikolog dalam menjalankan profesinya. 

Baca juga: Pengertian psikologi bisnis

Hal ini berarti para ilmuwan psikologi dan psikolog tersebut harus bertindak sesuai dengan kode etik. Psikolog dan ilmuwan psikologi harus bertindak sesuai kode etik dalam menjalankan kegiatan dan praktek di bidang profesinya masing-masing. Oleh karena itu, para psikolog dan ilmuwan psikologi berkewajiban untuk menaati dan menjalankan kode etik tersebut sebaik-baiknya. 

Tujuan Kode Etik Psikologi

Setiap kode etik pasti memiliki tujuan baik yang bermanfaat untuk banyak orang. Tujuan kode etik psikologi yaitu untuk menjamin bahwa para psikolog dan ilmuwan psikologi melakukan tugas dan kewajibannya sesuai dengan wewenangnya masing-masing. 

Dengan demikian, kode etik ini juga bertujuan agar memberikan perlindungan bagi masyarakat. Perlindungan tersebut yaitu untuk segala bentuk praktek dan layanan masyarakat yang berhubungan dengan psikologi. Hal ini kemudian bertujuan agar terciptanya kehidupan masyarakat yang lebih sejahtera di Indonesia. 

Baca Juga: Pengertian mahasiswa

Pada intinya, kode etik ini memiliki tujuan yang baik dan bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, kode etik ini juga bermanfaat bagi praktisi psikologi dan ilmwuan psikologi itu sendiri. Apabila terdapat praktek atau layanan yang menyalahi kode etik tersebut, maka akan mendapatkan sanksi pelanggaran kode etik psikologi. 

Sekian penjelasan mengenai hakikat, pengertian, dan juga tujuan dari kode etik psikologi yang perlu Anda ketahui. Semoga penjelasan dapat bermanfaat bagi Anda, ya. Selamat menikmati hari Anda. Dahhhhhhhh

Posting Komentar untuk " Kote Etik Psikologi: Hakikat, Pengertian dan Tujuan"