Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Tips Agar Anda Percaya Diri Di Depan Kamera

takaksehat.com_Kamu mungkin ingin menjadi seorang youtuber dan masih grogi ada di depan kamera. Lalu menjelajahi mesin pencarian google. Lalu menemukan artikel saya ini, selamat kamu berada di bacaan yang tepat. 

Mungkin seringkali kita merasa, bahwa hanya orang cintik atau gantenglah yang pantas berada di depan kamera. Untuk mengungkapkan isi hati mereka. Namun bagaimana dengan kita yang tidak terkenal tidak tamvan namun ingin juga, menyalurkan kelebihan kita dan mengembangkan diri melalui berbicara di depan kamera.

Tidak perlu bersedih, saya di sini melalui artikel ini mencoba melong dan menjawab kegelisahan Anda, semoga bermanfaat dan dapat memberikan Anda kekuatan dan inspirasi agar tetap bersemangat membuat konten Youtubenya yaaaa, jadi saya akan membagikan ke dalam 5 poin tips dari saya agar tetap PD ketika berada di depan kamera.

Inilah Tips Agar Anda Percaya Diri Di Depan Kamera

1. Berlatih berbicara di depan cermin

Saya pernah melakukan hal ini, sesekali ternyata sangatlah ampuh untuk melatih saya lebih percaya diri berbicara di depan umum. 

Saya rasa untuk berlatih berbicara di depan cermin juga sangatlah efektif untuk dilakukan bagi Anda yang ingin berbicara di depan kamera.

Semakin banyak latihan, maka akan semakin mantap keahlian Anda, pada dasarnya semua keahlian dalam dunia ini jika kita mampu berlatih dan tekun. Maka tidak akan mustahil untuk dapat mencapai sebuah mimpi, melalui bidang yang kita sukai itu.

Melatih diri sendiri di depan cermin, berbicara pada diri sendiri sehingga kita mendapatkan gambaran. Apa saja kekurangan diri, apa saja yang perlu diperbaiki dan apa saja kelebihan kita sehingga menjadi pemacu untuk tetap bersemangat ketika ingin membangun channel Youtube.

2. Mempelajari materi dengan tekun

Saya harap karya Anda di Youtube bukan prank, tapi konten yang memberikan edukasi, seperti mengajari orang menulis mungkin, cara investasi mungkin, dan motivasi mungkin. Intinya bukan hanya sekedar channel hiburan, samasekali tidak mendidik.

Maka setiap materi yang Anda pakai untuk tampil, haruslah dikuasai dengan baik. Dalam hal inipun diperlukan ketekunan untuk belajar. Ketika Anda dapat menguasai materi, akan sangat menolong Anda untuk lebih percaya diri.

Ketika saya ingin berbicara di depan umum, tingkat percaya diri saya 100 kali lipat, karena saya menguasai materi yang akan saya bawa atau sampaikan. Meskipun ada sedikit kesalahan pada akhirnya.

Tapi tidak masalah, jadi tingkatkan percaya dirimu dengan belajar, tidak ada cara lain. Bahkan orang yang paling jeniuspun akan belajar dengan tekun untuk meningkatkan percaya dirinya. Maka bagaimana dengan kita, maukah kita tekun untuk mencapai mimpi.

3. Jangan berpusat pada kesempurnaan

Pada poin yang satu ini sangatlah berbahaya, ketika kita akan mulai berkarya. Tidak adanya percaya diri karena kita berharap setiap karya yang akan kita hasilkan sempurna. 

Maka buanglah pengertian ini jauh-jauh, sebuah karya akan selalu dimulai dari yang paling sederhana, untuk menghasilkan sebuah karya yang indah. tentunya karya tersebut tidak akan langsung indah dan mendapatkan banyak pujia dari orang lain.

Dalam keamatiran kita, berkaryalah terus meskipun masih jelek. Hal yang menjadi penghalang saya dalam menulis dulu. Sehingga saya tidak menghasilkan satupun karya dibidang menulis padahal saya suka menulis. Karena saya takut tulisan saya tidak sempurna.

Tapi ketika saya tidak lagi berpusat pada kesempurnaan, namun berorientasi pada bagaimana saya harus tetap berkarya, walau jelek. Hal ini perlahan tapi pasti meningkatkan percaya diri saya, membuat saya bersemangat dan terus bejar, berlatih terus walau sering jatuh. 

Maka cobalah hasilkan karya seamatir mungkin, rendah hatilah dan terimalah diri kita  yang tidak sempurna ini, sehingga kita dengan lapang hati  tetap mulai berkarya. Terutama bagi Anda berkarya dibidang konten creator sebagai orang yang akan berbicara di depan kamera dan akan dilihat banyak orang. 

4. Selalu menerima kritikan yang membangun

Salah satu kesalahan terbesar, orang-orang yang berpusat pada kesempurnaan dalam sebuah karya. Karena mereka terlalu sombong, mereka tidak mau dikritik sehingga mereka tidak berkarya. Mereka menunggu kesempurnaan terjadi atas hidup barulah mulai karya.

Maka ketika Anda mulai membuat sebuah konten, akan ada komentar penonton yang mungkin terlihat mengkritik, maka dengarkanlah dan koreksi konten Ada, perbaiki. 

Baca Juga: Berikut ini kumpulan kata-kata inspirasi

Kritikan merupaka teman terbaik jika kita mengerti dan tahu cara meresponnya. Maka lihatlah setiap kritikan sebagai senjata untuk Anda memang dalam hal mecapai mimpi Anda. 

Terima kritikan, jangan menyerah dan teruslah berkarya, setiap kritikan adalah jalan terbaik untuk sebuah kesempurnaan diri untuk karya kita, tidak ada ruginya. Kuatkan mental walau setiap kritikan itu menyakitkan.

5. Memperhatikan penampilan agar menarik

Terakhir memperhatikan penampilan, seperti gaya rambut agar lebih percaya diri. Memakai membersihkan wajah agar tetap cerah. Memperhatikan kebersihan seperti kuku, baju, celana dan seaptu, bahkan tata ruang yang akan dipakai untuk membuat video. Untuk pakaian sendiri haruslah pakaian yang nyaman untuk dipakai. 

Tampilkan penampilan yang sekaren dan seelegan mungkin, jika Anda wanita seayu mungkin (bahasa jawa), tetap jaga wibawa. Jangan berpakaian urak-urakkan. Pakailah pakaian sesuai dengan konteks usia Anda. 

Baca Juga: Mau tau pengertian ghosting, maka bacalah artikel ini

Selamat mencoba dan jangan lupa untuk menerapkan setiap tips sederhana dari saya. Berikutnya penutup dari saya.

Penutup, salam dari penulis

Itulah dia tips dari saya, jika Anda grogi atau tidak percaya diri di depan kamera. Tetap semangat belajar dan sekian dari saya. Salam saya penulis amatir selamat menikmati hari Anda. Salam berbicara sejagat Indonesia. dahh