Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ghosting Adalah? Ini Dia Jawabannya

 

Ghosting adalah istilah bagi orang yang mengalami putus kontak dengan seseorang yang sebelumnya memiliki hubungan dekat. Bahkan, ada banyak orang yang mengalami hal ini. Untuk mengantisipasi masalah seperti ini, ada baiknya mengetahui pengertian dari apa itu ghosting.

Ghosting Adalah? Ini Dia Jawabannya

Apa itu Ghosting?

Pengertian dari ghosting adalah di saat seseorang yang dekat dengan Anda, bahkan telah melakukan kencan bersama. Akan tetapi, tiba-tiba mengakhiri hubungan atau putus komunikasi tanpa adanya kejelasan dalam bentuk apa pun. 

Pelaku dari ghosting ini biasanya akan pergi setelah melakukan komunikasi secara intens atau telah beberapa kali pergi berkencan. Bahkan ketika Anda sedang dalam masa serius atau memutuskan untuk berkomitmen dalam menjalin hubungan. Ghosting bisa terjadi pada pertemanan platonic.

Dalam menghadapi ghosting ini, memang ada suatu teknik tertentu seperti halnya cognitive behavioural therapy atau biasanya terkenal dengan singkatan CBT. Lalu dengan menghadapi ketakutan, akan lebih mudah bagi Anda untuk menghindari percakapan yang cukup sulit di kemudian hari.

Alasan Orang Melakukan Ghosting

Ghosting memiliki arti yaitu sebagai tindakan secara mendadak untuk memutuskan hubungan. Bisa juga berupa sebuah komunikasi dengan seseorang yang telah dikencani atau sedang menjalani suatu hubungan dekat. Namun, ada juga alasan lain sebagai berikut:

1. Belum Pernah Bertemu di Real Life (Kehidupan Nyata)

Salah satu faktor pemicu seseorang melakukan ghosting ialah belum pernah bertemu secara nyata atau pada kehidupan sesungguhnya (real life). Sebab, hal ini merupakan salah satu bentuk kepercayaan terhadap hubungan jangka panjang.

Biasanya pihak yang melakukan ghosting ini berpikir bahwa, tindakan semacam menjalani hubungan dengan orang yang bahkan belum pernah secara nyata / real life akan membuang waktu dan usaha saja. Jadi, sebelum semuanya terlambat dan semakin berkembang jauh, mereka akan memutuskan kontak.

2. Bencana yang Dialami saat Kencan Pertama

Alasan melakukan ghosting selanjutnya kerapkali sering terjadi pada pasangan. Misalnya saat berkencan bersama, namun setelah itu langsung memutuskan kontak begitu saja tanpa adanya pemberitahuan sama sekali. Biasanya hal ini paling banyak terjadi dan sering dialami oleh seorang wanita.

Bila pada kencang pertama Anda mengetahui bahwa orang tersebut tidak sesuai dengan kriteria atau benar-benar kacau penampilannya. Maka, tidak ada salahnya untuk tidak melanjutkan hubungan tersebut tanpa adanya pemberitahuan pada calon pasangan.

3. Calon Pasangan Memiliki Sifat yang Buruk

Salah satu alasan mengapa banyak pasangan yang melakukan ghosting adalah karena calon mereka memiliki sifat yang buruk. Bisa juga tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Bila kondisinya seperti ini terjadu, maka jangan pernah ragu untuk pergi dan meninggalkan calon pasangan.

Oleh karena itu, segeralah ambil tindakan sebelum berhubungan lebih jauh lagi. Sebab, jika Anda tetao melanjutkan hubungan, bisa jadi mental dan juga fikiran tidak bisa terkontrol lagi.

4. Menghindari Terjadinya Konflik Berkepanjangan

Alasan lain yang kerap kali dilakukan oleh seseorang ialah mereka yang sebenarnya ingin berpisah. Akan tetapi tidak ingin muncul drama dan konflik berkepanjangan. Seringkali para wanita sangat risih dan tidak nyaman akan hal ini. 

Bagi pihak yang melakukan ghosting baik perempuan maupun laki-laki sekalipun, pergi tanpa penjelasan atau pemberitahuan sebelumnya justru lebih baik. Alasannya yaitu, daripada harus melewati konflik dan drama yang biasanya tidak pernah selesai. Bahkan juga bisa berujung caci maki dan kemarahan hebat.

5. Menjaga Diri Sendiri

Bagi pelaku ghosting seringkali merasa bahwa, menjalani sebuah hubungan yang dibilang tidak akan berkembang justru akan menghabiskan banyak waktu dan usaha saja. Oleh karena itu, mereka lebih memilih untuk melakukan ghosting agar tidak menyaiti salah satu pasangan.

Baca Juga : Berikut ini kata-kata bijak dari para tokoh yang keren menginspirasi

Misalkan saja seorang wanita yang menganggap hubungannya merupakan hubungan yang toxic. Tanpa perlu menunggu waktu lagi, mereka akan langsung melakukan ghosting atau memilih keluar dari hubungan tersebut secara mendadak. 

Beberapa Tanda Seseorang Melakukan Ghosting

Terkadang setiap memulai suatu hubungan itu tidak berjalan dengan mulus, sama halnya dengan masalah ghosting ini. Pasangan yang melakukan ghosting seringkali merasa perjalanan asmaranya tidak membuahkan hasil atau justru membuang-buang waktu dan usaha saja.

1. Tidak Pernah Menanyakan Kabar Anda Lebih Dulu

Salah satu ciri si dia melakukan ghosting ialah tidak pernah menanyakan kabar Anda lebih dulu. Namun, parahnya bisa saja tidak pernah membalas pesan yang dikirimkan. Lebih tepatnya merasa malas untuk membalasnya. 

Baca Juga: Jika gagal inilah yang sahabatku harus lakukan

Hal yang seperti ini patut untuk Anda curigai, terkhusus para laki-laki yang kerap kali memiliki sifat susah setia / cenderung bosan dengan pasangan. Jadi, jika mengalami hal seperti ini lebih baik dengan cepat putuskan hubungan daripada harus menghabiskan waktu dan usaha pada sebuah hal yang tidak jelas.

2. Selalu Mempersingkat Waktu saat Bersama Anda

Tanda selanjutnya yang paling mencolok ialah si dia yang selalu mempersingkat waktunya ketika sedang berkencan. Bisa jadi, calon pasangan tidak nyaman atau merasa risih menghabiskan waktu bersama. Hal ini perlu untuk menaruh rasa curiga, apalagi kesannya terlalu terlihat / mencolok sekali.

Hal semacam ini seringkali banyak para laki-laki lakukan dan biasanya mereka akan sangat selektif dalam memilih pasangan hidup. Mereka akan melakukan ghosting jika saat bertemu atau saat kencan buta bersama wanita yang sangat risih atau tidak nyaman bila harus terlalu berlama-lama.

3. Selalu Menghindari Janji pada saat Terakhir

Hal semacam ini biasanya akan terjadi bila seseorang sudah merasa di ambang batas dan merasa bosan. Bila Anda mengajaknya untuk berkencan atau paling tidak keluar bersama saja, maka pasangan akan menolak dengan alasan yang kurang masuk akal atau terlihat seperti berbohong.

Nah, jika Anda mengalami hal semacam ini jangan terburu bersedih hati berkepanjangan. Dengan begitu, jangan buang waktumu untuk hal yang tidak berguna. Carilah pasangan yang setia dan mau menerima apa adanya bagaimanapun kondisinya. Sebab masih ada pasangan lain yang lebih baik darinya.

4. Membalas Pesan Anda Terlalu Singkat

Membalas pesan dengan balasan sangat singkat. Ya, hal semacam ini sebenarnya sangat mencolok dan sudah seharusnya Kita mengerti keadaan tersebut. Daripada hati akan kecewa lebih dalam lagi, lebih baik putuskan hubungan sebelum terlambat.

Bila calon pasangan Anda melakukan hal seperti ini, segeralah mengerti bahwa mereka tidak ingin melanjutkan hubungan tersebut lebih lama lagi. Namun, ini seakan memberitahukan kepada Anda betapa bosannya dia. Jadi, putuskan saja dan cari pasangan lain yang pastinya lebih baik darinya.

5. Menolak Bertemu dengan Anda

Pada tahap ini, keberadaan Anda seakan sudah tidak mereka perlukan lagi. Menolak untuk bertemu apalagi sudah terjadi berkali-kali, sudah pasti calon pasangan melakukan ghosting secara terang-terangan. Jadi, segera hindari orang dengan tipe seperti itu dan jangan buang waktu dan usaha.

Baca Juga : Kumpulan quote bijak untuk kamu korban GHOSTING

Kemungkinan calon pasangan untuk melupakan dan mempunyai pengganti maka sudah pasti terjadi. Akan lebih menarik lagi jika mereka tertangkap basah sedang berduaan dengan orang lain, sedangkan masih berhubungan dengan Anda.

Baca Juga : Inilah tips agar mendapatkan pasangan hidup yang seimbang

Itulah pembahasan secara detail terkait pengertian dari ghosting beserta dengan berbagai macam alasan. Yaitu mengapa seseorang melakukan ghosting atau tanda calon pasangan melakukannya secara terang-terangan. Semoga bermanfaat salam asamara tertolak seindaonesia.

Posting Komentar untuk " Ghosting Adalah? Ini Dia Jawabannya"