Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Teknologi Yang Terinspirasi Dari Struktur Jaringan Tumbuhan

takaksehat.com_Teknologi yang semakin berkembang tentunya ada untuk membantu kehidupan masyarakat, baik kegiatan sehari – hari hingga kebutuhan industri. Setiap teknologi bisa terinspirasi dari berbagai macam hal, mulai dari perilaku masyarakat hingga hal yang tidak terpikirkan sebelumnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan.

Banyak ide jenius yang hadir guna memajukan teknologi penunjang kehidupan masyarakat. Terkadang ide maupun konsep ini hadir dengan sesuatu yang bahkan kebanyakan orang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Terkadang perilaku masyarakat pada sebuah kelompok bisa menjadi sebuah ide untuk membuat teknologi baru. Katakan saja perkembangan teknologi smartphone, yang mana dahulu kala hanya sebagai media komunikasi. Ternyata banyak ilmuwan yang mendapatkan ide dari pengamatannya terhadap tumbuhan maupun hewan.

Beberapa Teknologi Yang Terinspirasi Dari Struktur Jaringan Tumbuhan

Tekhnologi Yang Terinspirasi Dari Struktur Jaringan Tumbuhan

Hewan maupun tumbuhan ini memiliki struktur jaringan yang kompleks. Beberapa tumbuhan maupun hewan memiliki beberapa karakteristik unik yang bahkan manusia sendiri tidak miliki. Sehingga munculah beberapa teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan.

• Teknologi Velcro

Mungkin bagi kebanyakan orang masih asing dari mana ide teknologi ini tercipta. Setelah hadirnya teknologi ini, tentunya akan sangat mengubah kehidupan masyarakat. George De Mestral merupakan orang yang berjasa untuk teknologi velcro. Pada mulanya beliau terinspirasi ketika melihat duri tanaman yang menempel pada bulu anjing.

Dengan demikian beliau mengamati duri – duri tersebut menggunakan mikroskop, yang mana terdapat ratusan kait kecil yang menempel pada rambut. Duri tersebut menempel dengan sangat kuat, sehingga munculah ide untuk membuat velcro.

Baca Juga: Teknologi tepat guna bagi kehidupan masyarakat

Velcro sendiri berguna sebagai alat perekat, mulai dari pakaian, sepatu, bahkan hingga perlengkapan astronout. Velcro terdiri dari dua sisi, yang satu berupa sekumpulan kait kecil dan satunya berupa bulu. Dengan puluhan hingga ratusan kait yang menempel pada bulu, maka velcro kerap digunakan karena sangat kuat namun ringkas.

• Pembangkit Listrik Tenaga Matahari Abengoa

Teknologi selanjutnya adalah pembangkit listrik yang terinspirasi dari tanaman bunga matahari. Berdasarkan pengamatan, tanaman yang satu ini memiliki struktur jaringan yang sangat kompleks. Struktur inilah yang kemudian memunculkan ide untuk membuat pembangkit listrik tenaga matahari Abengoa. 

Dengan teknologi ini lahan yang terpakai bisa seminimal mungkin, yang mana mengikuti bentuk kelopak bunga matahari. Meskipun lahan yang ada minimun, namun energi yang dihasilkan malah semakin meningkat.

Bentuk keseluruhan menyerupai kelopak bunga matahari, dengan satu menara tepat di tengah serta cermin yang mengitarinya. Sinar matahari yang mengenai permukaan cermin akan terpantul dan mengenai menara sehingga membuat air mendidih. Cairan lainnya juga akan menguap yang mana berguna untuk menjalankan turbin serta generator. Dari sinilah tenaga listrik dihasilkan.

• Lampu Dengan Sensor Cahaya

Teknologi selanjutnya merupakan teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan sensor cahaya. Sensor cahaya pada lampu ini berdasarkan stomata yang terdapat pada tanaman kaktus. Pada malam hari atau kondisi tanpa cahaya stomata kaktus akan menutup. Berkebalikannya, yang mana saat siang hari maka akan membuka.

Stomata kaktus yang membuka pada siang hari ini berguna untuk mengurangi terjadinya proses penguapan air. Hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya sensor cahaya pada lampu. Ketika kondisi terang atau pada siang hari, lampu akan mati otomatis yang mana akan sangat menhemat pemakaian listrik.

Banyak makalah teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan, sehingga kita bisa dengan mudah mencari referensi apa saja teknologi tersebut. Sekian pembahasan kami kali ini mengenai beberapa teknologi yang terinspirasi dari struktur jaringan tumbuhan. Semoga dengan adanya tulisan ini menambah wawasan para pembaca.

Posting Komentar untuk " Beberapa Teknologi Yang Terinspirasi Dari Struktur Jaringan Tumbuhan"