Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alasan Kenapa Penting Memberi Ucapan Wisuda

Alasan Kenapa Penting Memberi Ucapan Wisuda

Ucapan wisuda kerap kali bertebaran di linimasa media sosial, apa pun platformnya. Wisuda menjadi momen yang wajib terabadikan oleh Sang Sarjana Muda. Tentu tidak bisa dianggap sepele juga, mengingat momen ini mungkin hanya akan terjadi sekali dalam seumur hidup. Jika tidak melanjutkan study lagi.

Alasan Kenapa Penting Memberi Ucapan Wisuda

Kenapa Ucapan Wisuda Penting?

Wisuda adalah peresmian melalui upacara. Umumnya, wisuda teradakan teruntuk orang yang telah selesai menempuh suatu jenjang pendidikan. 

Populernya, wisuda adalah saat di mana seseorang telah menyelesaikan kuliahnya. Saat-saat inilah seseorang mendapat banyak ucapan selamat dan buket dari teman dan orang-orang terdekatnya. Tetapi seberapa penting sih ucapan wisuda itu?

Apresiasi

Tidak semua orang mampu kuliah. Yang mampu kuliah pun belum tentu mau. Jadi, kuliah menjadi barang mewah bagi orang yang hidup dengan tingkat ekonomi menengah ke bawah. Maka, tidak heran jika kuliah sampai sekarang masih menjadi kelangkaan di masyarakat.

Meski pun telah banyak beasiswa namun sayangnya masih ada saja orang yang kesusahan membiayai kuliah. Entah karena beasiswa yang tidak tepat sasaran atau tanggungan kebutuhan keluarga yang juga pokok dan menjadi prioritas. Bagi orang yang akhirnya berhasil menyelesaikan studi kuliahnya terlebih jika ia bisa lulus lebih cepat, tentu menjadi prestasi tersendiri bagi dirinya.

Baca Juga : Kata undangan pernikahan

Presetasi tersebut tentu melewati proses panjang dan perjuangan yang tidak mudah. Penantian bertahun-tahun, tekanan fisik dan mental serta dinamika kehidupan kampus yang sudah membersamai selama kuliah, jelas menjadi warna tersendiri bagi seseorang yang telah khatam kuliah. Maka, memberi ucapan selamat dapat menjadi bentuk apresiasi yang tepat.

Kepedulian

Memberi ucapan wisuda juga adalah wujud kepedulian dan simpati kepada orang yang bersangkutan. Menandakan kita masih peduli dan menganggapnya sebagai orang yang kita kenal dan berhubungan baik dengan segala cerita pribadi antar-personal.

Simpati menjadi aspek penting bagi manusia. Hal tersebut mampu menstimulus seseorang agar lebih optimis dan bersemangat lagi dalam menjalani langkah dan kehidupan. Dengan bersimpati, itu artinya kita sedang memberi sebuah isyarat kepada orang tersebut bahwa dia berharga dan memiliki kesempatan untuk mendapatkan apa yang pantas untuknya.

Titik Balik Perjuangan

Kenapa titik balik? Karena kehidupan tidak lantas berhenti pasca wisuda. Wisuda bukan akhir perjuangan. Ia hanyalah pintu bagi perjuangan berikutnya. Hidup terus berjalan dengan segala tantangannya. Lika-liku masa depan masih menyimpan banyak misteri dan tanda tanya.

Tidak banyak yang bisa kuliah dan lebih tidak banyak lagi yang bisa menyelesaikan kuliah. Untuk sampai pada titik wisuda, bukanlah sesuatu hal yang semudah membalikkan telapak tangan. Maka, halaman akhir dari perjalanan kuliah tentulah menjadi referensi dan evaluasi untuk melangkah lebih jauh lagi ke masa depan yang lebih cerah.

Baca Juga: Berikut ini contoh surat untuk dapat sponsor

Perjuangan menyelesaikan kuliah tentu bukan hanya perkara bergulat dengan statistik data SKS dan raihan IPK tetapi juga beragam aspek yang menyokongnya seperti sosial dan finansial.

Tidak semua mahasiswa memiliki taraf ekonomi yang baik. Kalau pun ada, belum tentu orang tuanya berasal dari keluarga yang mampu. Bagi yang harus membiayai kuliahnya sendiri, entah lewat kerja serabutan atau mengejar beasiswa ke sana-ke mari tentu itu merupakan perjuangan yang tidak sepele.

Akhir kata, memberi ucapan wisuda menjadi penting bukan karena kemewahan kalimatnya melainkan efek positif kepada sang wisudawan atau wisudawati. Ucapan sederhana tersebut mampu memberi stimulan bagi yang mendengar untuk lebih giat lagi dalam meraih cita-cita dan mimpi yang gemilang.

Posting Komentar untuk "Alasan Kenapa Penting Memberi Ucapan Wisuda"