Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

17 Kata-Kata Motivasi Hidup Yang Membuat Diri Semakin Keren

takaksehat.com_Setiap kata selalu memiliki makna dibaliknya, untuk kehidupan yang lebih baik lagi, tentunya memenuhkan kebutuhan sosial kita, berguna bagi sesama. Maka sangat diperlukan motivasi yang menjadi penggerak kehidupan, setiap langkah untuk diri Anda selalu memiliki setiap kata, kata yang mampu mendorong sehingga diri semakin keren.

Kata motivasi selalu saja memberikan kekuatan dan pengertian, jadi pada kesempatan artikel saya kali ini, saya telah mengumpulkan 5 kata-kata motivasi hidup yang akan saya sendiri maknai berdasarkan pengamatan yang objektif.

Setiap makna yang saya berikan adalah opini pribadi saya yang juga telah saya pelajari dan tentunya logis, akan semakin memberi semangat. Maka inilah setiap makna dari setiap tokoh. Semoga bermanfaat dan memberikan dorongan untuk terus semangat. Selamat menikmati.

Kata-Kata Motivasi Hidup Membuat Diri Semakin Keren 

1 "Kesempatan itu mirip seperti matahari terbit. Kalau kau menunggu terlalu lama, kau bisa melewatkannya." ~ William Arthur Ward

Pemaknaan 1:

William Arthur Ward, merupakan seorang penulis dari Amerika yang hidup pada tahun 1921-1944. Pada kutipan yang pertama ini maka kita mendapatkan dua poin yaitu tentang Kesempatan untuk berkerja dan waktu untuk bekerja.

Memang keduanya tidak dapat dipisahkan, dimana setiap kesempatan selalu berdiam di dalam waktu. Ketika waktu yang kita pakai untuk hal-hal yang bermanfaat bagi diri, maka kita akan disebut berbahagia oleh diri kita sendiri.

Dimana ada waktu maka disanalah masih ada kesempatan untuk berjuang mencapai apa yang diinginkan, maka diperlukan yang namanya kesadaran bahwa waktu akan terus berlalu tanpa menunggu. Jadi jika kesempatan yang saat ini disia-siakan, tidak akan terulang lagi.

Namun waktu ke depan masih akan datang, jangan biarkan ia berlalu kembali tanpa ada hasil dari diri untuk menghasilkan yang diperlukan. 

Mari malatih diri untuk melihat waktu sebagai kesempatan untuk berpikir dan berkarya, hidupi kehidupan sebagaimana kita adalah manusia yang hidup untuk sebuah makna dan tujuan.

Waktu

Ia selalu ada setiap harinya, ia akan muncul ketika kita menyadiri bahwa diri kita masih bernapas, maka bijaklah memakai waktu. Jika memang waktunya istirahat maka beristirahatlah.

Menurut saya waktu merupakan kawan terbaik yang terus menyuarakan, kebajikkan agar kita bangkit dan meraih apa yang menjadi kerinduan hati, selalu yang menjadi penekanan saya adalah kehidupan yang haruslah bermakna bagi sesama.

Kesempatan

Ia ada karena adanya waktu, setiap pemikiran kita terkadang akan sangat kereatif. Itulah kesempatan. Namun akan begitu sulit untuk mengerjakan kereatifitas itu, disinilah letaknya latihan sangat diperlukan.

Karena kesempatan saja tidak cukup saya rasa, jika kita tidak melatih diri untuk mengalahkan diam dalam kepandaian tanpa berbuat apa-apa. Malatih diri untuk memakai setiap kesempatan inilah kita perlu menguras tenaga, jadi hal ini juga mengkonfirmasikan kepada kita bahwa kita jangan manja. Hidup keras, tidak semanis janji palsu dari imajinasi dan sinetron yang ditampilkan di layar kaca Indonesia.


2 "Penghargaan paling tinggi bagi seorang pekerja keras bukanlah apa yang dia peroleh dari pekerjaan itu, tapi seberapa berkembang ia dengan kerja kerasnya itu." ~ John Ruskin

Pemaknaan 2:

Ketika saya mulai menjadi full time blogger, hal utama yang saya mimpikan adalah gajih, tentunya uang dari apa yang saya kerjakan siang dan malam. Namun ketika saya menyadari bahwa setiap kerja keras yang dikerjakan bukan hanya tentang hasil.

Tapi tentang bagaimana sebuah karya dapat dinikmati banyak orang, lalu bonusnya adalah kehidupan yang layak karena dapat gajih dari hasil menulis.

Maka dari pengertian ini, melalui kutipan di atas. Kita dapat menemukan satu poin yang sangat penting tentang pekerjaan dan kerja keras yang kita saat ini sedang dilakukan. Adalah seberapa berapa maju diri kita, seberapa bertambahnya pengetahuan dan keahlian kita. 

sehingga apa yang ada di dalam diri kita, layak untuk menerima upahnya. Maka kerja keras, hal paling bermakna dan berharga ketika, diri kita semakin maju karena kerja keras tersebut.


3 "Sukses adalah menyukai diri sendiri, menyukai apa yang kamu lakukan, dan menyukai caramu melakukannya." ~ Maya Angelou

Pemaknaan 3:

Sebagai seseorang yang terus berjuang mendisiplinkan diri, saya rasa kata-kata di atas sangat berbahaya jika ditelan mentah-mentah oleh orang-orang yang tidak menghargai kehidupan, tidak pernah hidup sebagaimana ia sebagai mahluk sosial, menjadi pemalas, dan hidup seenaknya saja.

Jadi kesuksesan sejati ketika kehidupan kita bisa bermakna bagi sesama, tidak menyusahkan orang lain. Hidup tidak perlu dilayani, hidup tidak bagi diri sendiri.

Berusahalah hidup sukses selayakknya kita, mampu menemukan diri kita, mengenali setiap potensi, dan hidup sebagaimana keahlian yang dilatih dari dalam diri.

Menyukai diri, berarti siap menerima kekuarangan. Menyukai apa yang dikerjakan, dalam konteks ini bukan pemalas, bukan pembenci, bukan orang yang suka dilayani karena malas. 

Tapi bagaimana setiap potensi dalam diri ditemukan dan dengan penuh kesukaan melaksanakan untuk pengembangan potensi yang ada di dalam diri tersebut.

Cara melakukannya, hal ini haruslah berbicara bagaimana diri kita, untuk mengasah diri. Belajar sesuai dengan cara kita, mengerjakan sesuatu sesuai dengan cara kita. tentunya tidak merugikan orang lain, bahkan kita mampu mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Inilah kesuksesan sejati, ketika kita dapat menemukan apa yang kita suka. Tidak diperbudak oleh kemalasan sehingga potensi diri terkubur. Maka mari temukan kesuksesan dengan car akita, kerjakan dengan tekun dan teruslah berdoa.


4 "Percaya dan bertindak seolah-olah tidak mungkin gagal." ~ Charles Kettering

Pemaknaan 4:

Hal yang paling saya takuti dahulu adalah kegagalan, sehingga saya lebih suka menguburkan ide-ide yang ada di kepala saya tanpa eksekusi, tanpa ada hasil dan hidup dalam kenyamanan palsu. Saya rasa kutipan di atas merupakan paradoks yang baik

Melakukan sesuatu yang baik, berkarya dan hidup untuk kerya yang bermakna. Lakukan itu seolah-olah tidak mungkin gagal. Jadi setiap kegagalan bisa dikatakan jadikan hal itu teman. Sebuah titik dimana kita dapat menemukan sesuatu yang bisa kita perbaiki.

Mala mulailah bertindak, mulailah mengerjakan ide-ide jenius yang ada dipikiranmu. Jika gagal tidaklah masalah, karena semua orang keren dengan segala pencapaian mereka adalah orang-orang gagal yang bangkit. 

Mereka orang gagal yang menjadikan kegagalan sebagai teman, sebagai sehabat baik yang mengajari banyak hal untuk terus bertumbuh, mendapatkan potensi yang ada di dalam diri mereka.

Ketika saya mulai menulis, menjadi seorang blogger, kegagalan saya adalah gagal untuk menjadi orang yang mau belajar, saya merasa sudah bisa, namun saya sadar kegagalan terbesar dari dalam diri saya. Adalah ketika saya merasa pandai dan bisa.

Itu mengapa saya terus menjuluki diri saya seorang penulis amatir, untuk mengingatkan saya ada berjuta kekurangan di dalam diri dan berjuta kegagalan yang harus menjadi guru terbaik bagi saya.

Selamat mencoba sahabatku jangan pernah menyerah, temukan kegagalan dan jadikan ia kawan baikmu yang akan mengajadimu banyak hal.


5 "Cara terbaik untuk memprediksi masa depan adalah dengan menciptakannya." ~ Alan Kay

Pemaknaan 5:

Maka dalam kegagalan kita, disanalah awal dari masa depan, karena setiap kegagalan yang hadir dalam kehidupan kita, hal itu memastika Anda dan saya sedang berjuang.

Maka untuk memiliki masa depan yang telah pikiran mimpikan dan perediksikan, tidak ada cara lain selain mengerjakannya dan melaksanakan setiap hal yang mungkin itu menyakitkan tapi dengan harapan dari yang kita kerjakan, maka akan selalu ada kekuatan.


6 "Mengetahui saja tidak cukup; kita harus menerapkan. Keinginan saja tidak cukup; kita harus melakukan." –Johann Wolfgang von Goethe

Pemaknaan 6:

Penerapan dari apa yang telah kita ketahui dan dari setiap ide adalah kunci dari kesuksesan yang akan bermakna bagi sesama kita. 

Setiap kita memiliki keinginan yang pasti itu untuk kepuasan hati yang terus berteriak jika dibawa bemalas-malasan. Jadi kerjarlah dan kerjakan apa yang bisa kita kerjalan. Apa yang harus dilakukan lakukanlah itu, maka pada waktunya kita akan memetik apa yang telah kita tanam.


7 "Sukses adalah kemampuan untuk melangkah dari kegagalan tanpa hilang antusiasme." ~Sir Winston Churchill.

Pemaknaan 7:

Maka bangkit dan menyadari bahwa kegagalan dalah bagian dari kehidupan kita, setiap mimpi yang dikerjakan akan selalu di awali dengan yang namanya gagal. Maka sudah pasti Anda telah  melakukan hal yang benar. Hanya saja Anda butuh sedikit kekuatan untuk bangkit dan melanjutkan apa yang telah dimulai.

Karena tidak akan ada kesuksesan tanpa kegagalan, tidak akan ada rasa nyaman tanpa rasa sakit, dan tidak akan ada kebahagian tanpa keluar dari zona nyaman yang mematikan secara perlahan. Maka teruelah berjuang.


8 "Marah itu gampang. Tapi marah kepada siapa, dengan kadar kemarahan yang pas, pada saat dan tujuan yang tepat, serta dengan cara yang benar itu yang sulit." ~Aristoteles

Pemaknaan 8:

Salah satu filsuf kesukaan saya, maka yang ia maksudkan adalah kemarahan yang dipenuhi kebijaksanaan. Maka hal ini diperlukan latihan. Marah demi kebaikkan, buka marah yang lahir untuk memenuhkan nafsu marah.

Karena kemarahan menurut saya ada dua jenis, ada kemarahan yang karena orang tersebut diperbudak oleh kemarahan. Dan kemarahan yang bijaksana seperti yang kutipan di atas maksudkan yaitu kemarahan yang tepat untuk kehidupan yang lebih baik.

Baca Juga: Tips agar mendapatkan pasangan yang tepat

Kemarahan yang sperti ini merupakan kemarahan yang lahir dari cinta yang peduli pada sesama, bukan menahan ego sehingga seseorang yang melakukan kesalahan terus diperbudak dengan kesalahan dan mati dalam kesalahan yang tidak pernah menerima didikan.

Maka mari kita belajar marah, dengan penuh kebijaksanaan untuk orang yang kita kasihi dan diri kita sendiri yang seringkali bersalah.


9 "Arti penting manusia bukan terletak pada apa yang dia peroleh, melainkan apa yang sangat ia rindukan untuk diraih."~Kahlil Gibran

Pemaknaan 9:

Ketika seseorang tidak memiliki kerinduan, tidak memiliki harapan. Maka disanalah kegelapan akan kehidupan menyelimuti. Baik itu di dalam pikiran dan perasaan, kematian datang sebelum waktunya.

Maka untuk kehidupan yang lebih baik, merupakan kehidupan yang dipenuhi kerinduan dan ambisi yang tentunya bemanfaat bagi sesama kita, bukan hanya sekedar kehidupan yang hidup bagi diri sendiri.

Ketika kita memperoleh sesuatu dengan kecurangan, merugikan sesama kita, bahkan tidak bermakna bagi sesama. Maka kita adalah manusia yang sebenarnya tidak berhati manusia.


10 "Rahasia untuk menjadi terdepan adalah dengan memulainya." ~Mark Twain.

Pemaknaan 10:

Saya percaya Anda memiliki banyak ide, maka segeralah kerjakan ide itu, jangan biarka ia terkubur dalam dan tidak ditemukan lagi.

Seringkali kesalahan terbesar kita, bukan karena tidak memiliki pemikiran yang kereatif tetapi, kita telalu takut untuk melangkah. 

Baca Juga: Kumpulan kata Inspirasi dari para tokoh

Sehingga kita berdiam diri dengan keadaan yang biasa-biasa saja. Tanpa ada keunikan di dalam diri kita yang mampu membuat kita menjadi terdepan menurut versi diri yang sebenarnya unik setiap pribadinya.


11 "Tak seorang pun pernah dihormati karena apa yang ia terima. Kehormatan adalah penghargaan bagi orang yang telah memberikan sesuatu yang berarti." ~Calvin Coolidge

Pemaknaan 11:

Inilah alasan utama setiap inspirasi dan motivasi yang saya tulis, selalu berpusat pada bermakna pada orang lain.

Karena kehidupan kita ada untuk menjadi berarti. Untuk sebuah penghargaan sendiri pada realitanya tidak selalu kita akan mendapatkannya. Tapi kalaupun kita mendapatkannya karena kehidupan yang dapat berkarya bagi sesama, maka itulah yang dinamakan bonus, untuk kerja keras yang diri kita kerjakan.

Teruslah berbagi, jangan pernah berhenti maka pada saatnya buah-buah dari benih yang telah kita tanam akan dipetik pada musimnya. Meskipun tidak tahu kapan pastinya. 


12 "Kebahagiaan hidup yang sebenarnya adalah hidup dengan rendah hati."~W.M. Thancheray

Pemaknaan 12:

Jika kerendahan hati disertai ketulisan hati, setiap kerendahan hati akan memabawa kita pada kehidupan yang tidak perlu menonjolkan diri agar di puji oleh lingkungan. Namun kerendahan hati mengerjakan apa yang baik, apa yang berguna, dan apa yang dapat membuat orang disekitarnya merasa beruntung ketika ia ada bersama mereka.

Maka inilah kebahagiaan dari kehidupan yang rendah hati, ketika hidup Anda dapat menjadi berguna. Tidak hidup bagi diri sendiri yang menyusahkan orang lain, kehidupan yang selalu ingin dilayani, begitu menyedihkannya kehidupan yang seperti ini.

pada akhirnya ia tidak akan menemukan apa makna sebenarnya ketika hidupnya dipenuhi tinggi hati.


13 "Harapan adalah tiang yang menyangga dunia."~Pliny the Elder

Pemaknaan 13: 

Tanpa sebuah harapan dan perjuangan maka dunia kita saat ini tidak akan mengalami kehidupan yang dipenuhi kemajuan. Maka teruslah menjadi pribadi yang bekerja keras dengan penuh harapan.

Menerjang setiap kesusahan, terus hidup bagi mimpi yang menjadi motivasi. Penggerak agar terus berproses dalam ruang dan waktu yang merupakan kesempatan yang tidak akan sia-sia jika tidak ada kata menyerah.

Selamat berpengharapan sahabat, jangan pernah pengharapan itu hilang dari kehidupamu.


14 "Jangan memberi nasihat kalau tidak diminta."~Erasmus

Pemaknaan 14:

Saya rasa kutipan di atas ini, merupaka gambaran diri saya yang dulu, selalu saja berlagak bijaksana. Ada dimana seseorang hanya butuh kita dengarkan, tanpa memerlukan ocehan kita, kecuali ia memintanya.

Maka simpanlah setiap nasehat baik kita, untuk seseorang yang tepat, seseorang yang memang membutuhkan hal itu, untuk mereka yang memintanya kepada kita, maka teruslah bejalar, tingkatkan kebijaksanaan dalam diri, untuk diri sendiri sehingga mampu melawan setiap kehidupan dan realitasnya yang mencengangkan.


15 Tutup mulut atas pelayanan yang telah Anda berikan, tapi bicarakan pertolongan yang telah Anda terima.~Seneca

Pemaknaan 15:

2 poin yang ada di kutipan kali ini, yaitu menyimpan atau lebih kerennya mengubur dalam-dalam setiap perbuatan baik yang kita telah kerjakan. Jangan pernah hal itu menjadikan kita merasa bahwa kita berjasa.

Karena tidak semua jasa dan kebaikkan kita akan dihargai, maka jagalah hati dan iklaskan setiap kebaikan kita, percayalah apa yang telah lama kita tanam pada akhirnya akan membuahkan hasik yang baik.

Baca Juga: Berikut ini kata-kata bijak untuk kamu korban ghosting

Namun teruslah ingat setiap kebaikan orang yang berjasa atas hidup kita, jangan pernah lupakan hal itu, ingatlah jika bukan karena kebaikkan mereka. Maka sulit bagi kita untuk bisa sampai pada titik sekarang ini.

Maka lupakan setiap kebaikan yang pernah kita kerjakan. Dan ingatlah selalu setiap jasa yang pernah orang lain kerjakan dalam kehidupan kita.


16 "Sebelum bisa berteman dengan orang lain, pertama-tama kau harus bisa berteman dengan dirimu sendiri."~Stephen Richards.

Pemaknaan 16:

Menerima diri sendiri, menerima realita, berdamai dengan masa lalu, mengakui kekurangan, dan teruslah belajar. Merupakan langkah untuk dapat berteman dengan diri sendiri. 

Ketika kita dapat menerima diri, dengan penuh percaya diri memiliki kemampuan yang dapat kita tunjukkan. Maka dengan mudah kita dapat berteman dengan orang lain, menerima mereka apa adanya sebagaimana kita menerima diri kita sendiri.


Maka pada akhirnya pada poin 17, merupakan kutipan karangan saya, jangan lewatkan. yaaaaa

17 “Hari yang baik, ketika diawali dengan segelas kopi memulai coretan untuk sebuah makna yang disukai. Terulah menulis walau tidak ada yang membacanya”~Admin Blog

Maknanya: maka sekianlah Kata-Kata Motivasi Hidup Beserta Maknanya pada artikel ini.

Artikel ini merupakan pertama kalinya saya menuliskan  dengan model memaknai setiap kata-kata bijak dari para tokoh. Untuk kedepannya akan terus saya tingkatkan.

Saya akan terus belajar, menulis dan berbagi kepada Anda yang dengan suka rela mau membaca tulisan saya.

Pada akhirnya saya menemukan gaya saya menulis, apa yang akan terus saya tuangkan pada blog pribadi saya ini, yaitu menjadi diri sendiri dan terus belajar dari orang lain.

Saya Agung Raditia seorang blogger  Amatir, terimakasih telah membaca tulisan saya. Selamat menikmati harimu.

Posting Komentar untuk "17 Kata-Kata Motivasi Hidup Yang Membuat Diri Semakin Keren "