Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Psikologi Marketing dan Penerapannya dalam Kehidupan

Setiap pelaku bisnis, pastilah memiliki sebuah strategi yang khusus. Tujuannya adalah demi melakukan pemasaran serta mempromosikan produk. Oleh karena itu, agar usaha berjalan dengan lancar dan ramai pengunjung Anda harus mengetahui pengertian psikologi marketing dan penerapannya.

Apa Itu Psikologi Marketing?

Sebelum melangkah lebih jauh, kenali arti dari Psikologi terlebih dahulu. Psikologi adalah ilmu yang isinya banyak mempelajari terkait kejiwaan dari setiap manusia dan bisa diatasi. Baik secara perlahan maupun langsung. Arti lainnya, psikologi ini dapat membantu mereka untuk menangani emosi. 

Sedangkan marketing seringkali terkenal oleh banyak masyarakat sebagai seseorang yang kerap kali menjelaskan perihal produk yang ditawarkan. Setelah itu, calon pelanggannya akan mencoba secara cuma-cuma dari produk tersebut. Kemudian, hasil akhirnya akan memberikan penawaran harga.

Dari penjelasan tersebut, pengertian dari psikologi marketing adalah, ilmu yang memberikan beberapa pemahaman terkait motif yang seringkali mempengaruhi emosi dari pembelian suatu produk maupun jasa. Tidak hanya emosi, akan tetapi tindakan dari pasar dalam memberi pandangan kepada produk.

Tips Dalam Penerapan Psikologi Marketing

Pernahkah Anda berpikir bahwa perusahaan makanan cepat saji, seperti misalnya McDonald’s memakai warna merah sebagai logo? Kerap kali orang berpendapat bahwa warna tersebut membuat terasa lapar. Apapun alasan tersebut, sebenarnya bisnis itu menggunakan strategi psikologi marketing ini.

Pengertian Psikologi Marketing dan Penerapannya dalam Kehidupan

Pengertian Psikologi Marketing dan Penerapannya dalam Kehidupan

1. Membantu Calon Customer dan Memberikan Hierarki Label

Salah satu tips yang merupakan penerapan psikologi marketing, yaitu dengan membantu calon customer. Tujuannya adalah untuk menghindarkan mereka dari uji coba pada produk yang seringkali penjual lain tawarkan. Anda bisa menggunakan kata-kata yang menarik, agar customer tertarik.

Baca Juga : Hakikat Manusia

Kemudian, dengan memberikan hirerarki label. Maksudnya, para psikolog marketing akan memberikan suatu keistimewaan kepada calon pelanggannya. Dengan tips ini, maka akan memberikan peluang besar supaya customer bisa menjadi pelanggan tetap terhadap suatu produk ataupun jasa yang ada.

2. Memahami Jenis dari Pembeli dan Membangun Sebuah Urgensi

Sebagai psikolog marketing, sudah seharusnya memahami tiga jenis pembeli. Seperti tightwads, average spender serta spendthrifts. Jenis yang paling mudah ialah spendthrifts, Anda hanya perlu meyakinkan pembeli saja. Sedangkan dua jenis lainnya termasuk susah, jadi memerlukan banyak waktu.

Kemudian, dengan membangun urgensi ada baiknya Anda menggunakan kata-kata yang memperlihatkan keunggulan produk. Tujuannya adalah setelah memberikan beberapa informasi terkait produk tersebut, customer tidak akan salah dalam memahami tentang tata cara pemakaian.

3. Menunjukkan Tujuan Perusahaan dan Menggunakan Teknik Devil’s Advocate

Tidak semua pihak perusahaan mempunyai tujuan yang beda, seperti dengan memberikan bantuan kepada korban bencana alam. Dapat dikatakan bahwa, tujuan yang sebenarnya dari suatu perusahaan itu adalah berdiri karena untuk sesuatu. Jadi, gunakan tips ini supaya orang anggap efektif untuk meningkatkan konversi.

Biasanya hampir kebanyakan para pelanggan akan mempunyai anggapan, bahwa penawaran suatu produk itu membosankan. Mengingat mudah untuk mereka tebak dan pastinya akan berakhir dengan proses penjualan. Jadi, Anda perlu memberikan studi kasus yang aktual dan juga relevan.

4. Memberikan Kejutan dan Menggunakan Internet Marketing

Biasanya calon pelanggan lebih menyukai suatu pemasaran dengan kejutan. Pemberian kejutan ini, ada baiknya berupa hal baik dan berkaitan dengan produk yang perusahaan tawarkan. Dalam artian, kejutannya dapat menjadi bahan pertimbangan customer agar mereka bisa membeli produknya.

Kemudian, menggunakan internet marketing dengan tujuan bisnis menjadi lebih baik. Mengingat saat ini internet merupakan teknologi canggih dalam melakukan penjaringan terhadap calon pelanggan tanpa harus bertatap muka. Caranya dengan menampilkan suatu produk.

Baca juga : Pegertian Anak Kuliah Menurut Para Ahli

Demikian penjelasan secara detail dari pengertian psikologi marketing dan penerapannya. Beserta dengan tips dalam penerapan psikologi marketing yang patut untuk Anda lakukan juga. Semoga dapat menjadi bahan inspirasi tambahan dalam mempromosikan produk.