Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Pengertian Psikologi Bisnis dan Penerapannya Sehari-hari

takaksehat.com_Marketing telah menjadi salah satu jembatan yang dapat menghubungkan produk dengan calon customer. Dalam hal ini, sebagai pelaku bisnis Anda harus mampu mengetahui prinsip maupun strategi dalam mempromosikannya. Oleh karena itu, ketahui pengertian psikologi bisnis dan penerapannya.

Apa Itu Psikologi Bisnis?

Sebelum itu, Anda harus mengetahui arti dari psikologi terlebih dahulu. Psikologi merupakan ilmu yang mempelajari berbagai macam tingkah laku yang manusia perbuat. Beserta dengan hal-hal yang seringkali berkaitan secara langsung dengan psikis seseorang. Inilah salah satu faktor dunia bisnis.

Dengan hal tersebut, tidak heran jika dalam dunia bisnis selalu terdapat faktor psikologi. Tujuannya sendiri ialah dapat mempengaruhi kinerja dari sumber daya manusia. Hal ini menuntut leader perusahaan memiliki peran penting untuk mengelola perusahaan serta memahami psikologi karyawan.

Bila menjadi satu artian, psikologi bisnis ini merupakan ilmu yang banyak mempelajari terkait interaksi antara organisasi dengan manusia (customer). Jadi, pelaku usaha akan meneliti perilaku sumber daya manusia dalam dunia bisnis maupun pekerjaan. Supaya menjadi lebih produktif serta efektif.

Penerapan Psikologi Dalam Bisnis

Dalam era digital seperti saat ini, menerapkan strategi psikologi marketing akan memudahkan Anda dalam mengetahui data customer sesuai interest serta perilakunya. Untuk menerapkan strategi tersebut, sebagai pelaku usaha juga bisa menggunakan beberapa terapan sebagai berikut:

 Pengertian Psikologi Bisnis dan Penerapannya Sehari-hari

1. Memberikan Hierarki Label pada Customer

Pertama-tama, buatlah calon pelanggan merasa istimewa. Hal ini merupakan metode akuisisi yang cukup bagus. Itu karena ada banyak customer yang seringkali berdatangan, karena sebuah informasi maupun rekomendasi dari mulut ke mulut. Cara menerapkan hirarki bagi customer, cukup mudah.

Tambahkan label ke dalam produk yang memberikan tingkat status tertinggi daripada lainnya. Kemudian, mengirim customer sesuatu yang nyata atau bisa mereka gunakan seperti merchandise. Memberikan lencana digital juga bisa, agar mereka bisa memarken atau meletakkan di website.

2. Membantu Customer Menghindarkan Diri dari Action Paralysis

Sebagian besar perusahaan akan memilih menyalin sebuah template yang banyak digunakan. Seperti halnya dengan kata “daftarkan diri untuk uji coba gratis selama tiga puluh hari”.Nah, dalam hal ini Anda bisa meniadakan kata tersebut dan berganti menggunakan pendekatan lain.

Misalnya saja dengan menggunakan kata “tidak ada pembayaran selama satu bulan pertama”. Berkebalikan dari pendekatan sebelumnya, hal tersebut tujuannya sama akan tetapi potensi hasilnya saja yang berbeda. Jadi, buatlah kata yang menarik saja agar calon pelanggan menjadi tertarik juga.

3. Priming

Priming merupakan tindakan yang memiliki tujuan, yaitu untuk dapat menyerang ingatan dari seseorang. Penerapannya adalah dengan melakukan suatu hal secara berulang-ulang, dengan tujuan agar orang tersebut dapat dan selalu mengingatnya. Banyak sekali perusahaan menggunakan ini.

Baca Juga : Pengertian Psikologi Marketing

Dengan menggunakan priming, maka bertujuan supaya calon customer selalu mengingat bisnis yang Anda tawarkan kepada mereka melalui produk. Dengan begitu ketika mereka membutuhkannya, maka hal yang teringat di dalam benak mereka pertama kali ialah bisnis yang Anda jalankan.

3. Berkomitmen

Sebagai seorang pelaku usaha, ada baiknya Anda selalu memegang janji di manapun dan kapanpun. Biasanya masih banyak perusahaan maupun bisnis lain yang seringkali mengumbar janji manis kepada para pelanggannya. Padahal hal itu adalah tindakan yang mengakibatkan mereka hilang kepercayaan.

Intinya, sebagai seorang pembisnis Anda harus mampu menerapkan prinsip kejujuran. Bila memang tak bisa memberikan komitmen, jangan pernah sekalipun mengumbar janji kepada para calon customer. Misalnya saja, mengatakan jika produk berkualitas baik padahal kualitasnya standard saja.

Seperti itulah penjelasan secara singkat dari pengertian psikologi bisnis dan penerapannya. Beserta dengan penerapan yang nyata, sehingga dapat Anda ikuti. Sebagai pebisnis, ada baiknya selalu memperhatikan dengan baik apa yang customer inginkan supaya “dicari bukan mencari”.

Posting Komentar untuk " Pengertian Psikologi Bisnis dan Penerapannya Sehari-hari"