Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Cara Mendapatkan IPK yang Tinggi dan Sukses

Indeks prestasi kumulatif memanglah bukan jaminan suksesnya orang tersebut. Namun, pemikiran dengan mendapatkan nilai terbaik selalu muncul dalam benak mahasiswa. Itu karena mereka ingin mendapatkan gelar terbaik saat lulus. Oleh karena itu, ketahui cara mendapatkan IPK yang tinggi.

Cara Mendapatkan IPK yang Tinggi dan Sukses

Beberapa Cara Mendapatkan IPK yang Tinggi

Meskipun nilai IPK tidak menentukan kesuksesan setiap mahasiswa, akan tetapi setiap pelajar pastilah ingin mendapatkan gelar dan nilai yang memuaskan. Hal tersebut biasanya terkenal dengan sebutan cum laude. Namun, untuk mendapatkannya pastilah perlu perjuangan keras juga dan tidak mudah.

  • Mengosongkan pikiran saat pembelajaran berlangsung
  • Tidak pernah malas untuk mencatat
  • Menjadi mahasiswa yang aktif masuk atau hadir di kelas
  • Mengerjakan tugas tepat waktu
  • Mengatur waktu dengan baik
  • Memperbanyak teman dan melakukan diskusi
  • Tidak pernah membolos
  • Rajin bertanya kepada dosen jika ada materi yang susah

Beberapa Langkah Mendapatkan Nilai IPK yang Tinggi

Setiap mahasiswa, pastilah menginginkan nilai IPK yang tinggi. Meskipun bukan menjadi acuan kesuksesan seseorang. Akan tetapi, mendapatkan gelar terbaik sudah menjadi suatu keharusan bagi mereka. Terlebih akan sangat menyenangkan dan lega jika lulus dengan nilai / predikat terbaik.

1. Mengosongkan Pikiran saat Pembelajaran

Salah satu tips yang bisa Anda coba untuk mendapatkan nilai IPK yang tinggi, yaitu dengan mengosongkan pikiran saat menerima materi / pembelajaran berlangsung. Ibaratnya gelas yang kosong dan siap untuk menerima air. Itulah perumpamaan yang cocok dalam hal penting satu ini.

Meskipun ada beberapa materi yang biasanya terulang lagi di bangku kuliah, tentu saja Anda tidak boleh meremehkan hal tersebut. Hal tersebut bisa saja berputar secara terus menerus, mengingat setiap semester akan mengalami peningkatan. Jadi, berawal dari yang umum dulu sampai ke sulit.

2. Tidak Malas untuk Mencatat Materi

Mengingat dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih, membuat mahasiswa jaman sekarang sangat malas untuk mencatat materi. Biasanya mereka akan mengambil foto dari materi dosen, yang katanya akan dipelajari kembali. Namun, nyatanya terlupakan. Jadi, kalau bisa catat saja di note.

Perlu Anda ketahui, bahwa dengan mengandalkan teknologi semacam itu. Seperti halnya dengan mengabdikan materi dengan memfotonya atau bahkan meminta soft file kepada dosen. Hal ini justru akan menurunkan minat baca mahasiswa, jika menulis maka otak dan tangan juga ikut bekerja.

3. Menjadi Mahasiswa yang Aktif Masuk atau Hadir di Kelas

Kemudian, menjadi mahasiswa yang selalu aktif masuk / hadir di dalam kelas. Jadi, selain berfokus kepada penerimaan materi, Anda juga harus rajin untuk memanfaatkan kehadiran tersebut dengan mengadakan diskusi dengan dosen. Akan sangat nyaman bila berdiskusi dengan tenaga pendidik.

Apalagi hal tersebut akan menjadi suatu nilai tambah, seperti dosen yang akan selalu ingat pada nama Anda jika sering bertanya dan berdiskusi bersamanya. Meskipun mungkin saja kesannya terlihat cari muka, akan tetapi cara ini efektif dan memang sangat bermanfaat supaya nilai bisa bagus.

4. Mengerjakan Tugas Tepat Waktu

Pernahkah Anda mendengar istilah SKS atau terkenal dengan sebutan sistem kebut semalam? Ternyata hal ini tidak baik untuk dilakukan, terlebih lagi seringkali mahasiswa tingkat akhir yang melakukannya. Kebiasaan ini merupakan tanda malas dari pelajar yang selalu menunda waktu.

Baca Juga 

Pasalnya, mereka akan selalu mengerjakan tugas di malam hari. Padahal jika memiliki waktu luang di pagi atau siang hari maka pekerjaan akan lebih cepat selesai. Bila Anda mengerjakan tugas dengan sistem kebut semalam ini, maka hasilnya juga tidak akan maksimal terlebih jika tugasnya banyak.

Pernahkah Anda mendengar istilah SKS atau terkenal dengan sebutan sistem kebut semalam? Ternyata hal ini tidak baik untuk dilakukan, terlebih lagi seringkali mahasiswa tingkat akhir yang melakukannya. Kebiasaan ini merupakan tanda malas dari pelajar yang selalu menunda waktu.

Itulah penjelasan secara singkat namun bermanfaat untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mendapatkan IPK yang tinggi. Pembahasan tersebut di atas juga terdapat tips yang bisa dicoba. Semoga artikel ini dapat membantu sepenuhnya.

Posting Komentar untuk " Cara Mendapatkan IPK yang Tinggi dan Sukses"