Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Beasiswa Terbukti Sukses

Cara Mendapatkan Beasiswa Terbukti Sukses

takaksehat.com_Setiap orang pastilah memiliki impian untuk dapat menempuh pendidikan setinggi mungkin. Dalam meraih impian tersebut, tentu saja akan memiliki cara yang berbeda-beda setiap individu. Baik itu melalui tes atau jalur mandiri. Namun, untuk mempertahankan status pelajar ketahui cara mendapatkan beasiswa berikut.

Cara Mendapatkan Beasiswa Terbukti Sukses

Cara Mendapatkan Beasiswa

Setiap mahasiswa pastilah memiliki upayanya masing-masing dalam mempertahankan status sebagai pelajarnya. Mengingat jika nilai menurun, maka mereka harus mengulang kelas tersebut. Hal ini juga dapat memengaruhi beasiswa yang tentu saja sangat penting. Karena mengenai biaya kuliah.

  • Belajar dengan rajin
  • Tak lupa mencoba terus berlatih berkali-kali
  • Meminta doa kepada orang tua
  • Cerdas dalam melihat peluang
  • Mencari informasi beasiswa sebanyak mungkin
  • Meminta rekomendasi dari dosen
  • Mempelajari bahasa asing (jika ingin beasiswa ke luar negeri)

Beberapa Tips Mendapatkan Beasiswa

Biaya kuliah yang semakin tahun, makin tidak murah membuat setiap mahasiswa harus memutar otak untuk tetap bisa kuliah. Apalagi bagi mereka yang tidak bekerja dan mengandalkan uang orang tua, pastilah mereka tak ingin memberikan beban banyak. Oleh karena itu, cobalah dapat beasiswa.

1. Mencari Informasi Beasiswa Sebanyak-banyaknya

Salah satu tips untuk dapat mendapatkan beasiswa, yaitu dengan mencari informasi sebanyak-banyaknya. Perlu Anda ketahui, bahwa beasiswa itu bukan ditunggu melainkan sebagai mahasiswa harus mencarinya sendiri. Apalagi kini semakin banyak jenis beasiswa, bahkan ada dari luar negeri.

Termasuk beasiswa di dalam negeri yang juga tak kalah banyak, sehingga sebagai mahasiswa harus bisa pintar dalam memilahnya. Jangan lupa untuk mempelajari prosedur serta prasyaratnya untuk mendapatkan beasiswa. Baik itu luar atau dalam negeri, semuanya mempunyai ketentuan sendiri.

2. Meminta dan Mendiskusikan Dengan Dosen

Kemudian, Anda juga bisa melakukan diskusi terkait ketentuan dan syarat dalam mendapatkan beasiswa dengan tenaga pendidik / dosen di kampus. Jika perlu, tanyakan juga informasi mengenai cara dapat beasiswanya kepada pihak tata usaha atau TU di perguruan tinggi.

Apalagi informasi beasiswa yang berasal dari sekolah biasanya lebih aman dan terpercaya. Akan tetapi, bukan berarti informasi yang Anda cari secara individu tidak aman. Ada baiknya mendiskusikan dengan pihak kampus saja terlebih dengan dosen, terlebih lagi jika Anda masih pemula mencari beasiswa.

3. Memahami Jenis Beasiswa

Mengingat beasiswa itu terdiri dari banyak jenis, jadi Anda juga harus memahami satu per satu. Ada beasiswa pemerintah seperti halnya pada bidikmisi, ada juga private scholarship misalnya pada beasiswa Sampoerna. Biasanya di perguruan tinggi swasta akan selalu menawarkan beasiswa baru.

Mengapa perlu memahami setiap jenis beasiswa tersebut? Itu karena setiap siswa memiliki cara untuk mendapatkannya yang berbeda-beda. Jadi, saat mengincar suatu beasiswa ada baiknya Anda juga mencari atau menggali informasi terkait hal tersebut sebanyak-banyaknya. Supaya semua jelas.

4. Menghubungi Penyelenggara Beasiswa

Setelah Anda selesai dalam mencari informasi terkait beasiswa serta mendiskusikannya dengan pihak dosen, jangan ragu untuk langsung menghubungi pihak penyelenggara beasiswanya. Selain mendapatkan informasi terpercaya, keuntungan lain bisa didapatkan ketika langsung bercakap langsung dengan penyelenggaranya.

Tunjukkan bahwa Anda berminat dan serius terhadap beasiswa tersebut. Kemudian, dari tindakan tersebut akan menandakan bahwa sebagai mahasiswa memiliki keberanian dan berinisiatif. Jadi, menghubungi penyelenggara beasiswa sangatlah penting, apalagi bisa berdiskusi cara mengikutinya.

5. Mempersiapkan CV dan Portofolio

Kemudian, tak lupa juga mempersiapkan CV maupun portofolio, karena kedua elemen tersebut sangatlah berperan penting. Hal ini akan menunjukkan data-data Anda sebagai seorang mahasiswa dari kampus terkait.

Pihak asesor akan menggunakan CV atau portofolio tersebut untuk dapat menilai serta mengenal mahasiswa yang ingin mendaftar beasiswa. Sedangkan portofolionya sebagai pelengkap data diri, seperti menampilkan apa saja organisasi, perlombaan, seminar yang Anda ikuti.

Baca Juga :

Itulah penjelasan secara singkat namun bermanfaat dari cara mendapatkan beasiswa. Beserta dengan tips untuk dapat mengikuti dan mendapatkan beasiswa, pastikan memilih dengan baik dan benar dan mencari informasi sebanyak-banyaknya.